Dampak Efikasi Diri terhadap Beban Kognitif dalam Pembelajaran Matematika dengan Emosi Akademik sebagai Mediator

Sunawan Sunawan, Sugesti Yoan Ahmad Yani, Catharina Tri Anna, Trubus Inggariani Kencana, - Mulawarman, Afriyadi Sofyan
(Submitted 3 March 2017)
(Published 9 August 2017)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran emosi akademik dalam memediasi hubungan antara efikasi diri dan beban kognitif dalam pembelajaran matematik. Sebanyak 487 siswa (191 laki-laki dan 296 perempuan) terlibat dalam studi korelasional ini. Teknik analisis mediasi dalam structural equation modelling digunakan untuk mengidentifikasi peran emosi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri memprediksi emosi akademik (yakni kesenangan, kemarahan, dan kebosanan secara langsung, serta kecemasan secara tidak langsung). Selanjutnya emosi akademik memprediksi beban kognitif: di mana extraneous load diprediksi oleh kesenangan, kemarahan, dan kebosanan; intrinsic load diprediksi oleh kesenangan dan kecemasan, sedangan germane load hanya diprediksi kesenangan saja. Kesenangan memediasi efikasi diri dengan extraneous load secara negatif, tetapi memediasi efikasi diri dengan intrinsic dan germane load secara positif. Kemarahan memediasi efikasi diri dengan extraneous load secara negatif. Kebosanan memediasi efikasi diri dengan extraneous dan intrinsic load secara negatif. Temuan penelitian ini mempertegas peran emosi akademik terhadap kinerja kognitif, khususnya beban kognitif.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran emosi akademik dalam memediasi hubungan antara efikasi diri dan beban kognitif dalam pembelajaran matematika. Sebanyak 487 siswa (191 laki-laki dan 296 perempuan) terlibat dalam studi korelasional ini. Teknik analisis mediasi dalam structural equation modelling digunakan untuk mengidentifikasi peran emosi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri memprediksi emosi akademik (yakni kesenangan, kemarahan, dan kebosanan secara langsung, serta kecemasan secara tidak langsung). Selanjutnya emosi akademik memprediksi beban kognitif: di mana extraneous load diprediksi oleh kesenangan, kemarahan, dan kebosanan; intrinsic load diprediksi oleh kesenangan dan kecemasan, sedangan germane load hanya diprediksi kesenangan saja. Kesenangan memediasi efikasi diri dengan extraneous load secara negatif, tetapi memediasi efikasi diri dengan intrinsic dan germane load secara positif. Kemarahan memediasi efikasi diri dengan extraneous load secara negatif. Kebosanan memediasi efikasi diri dengan extraneous dan intrinsic load secara negatif. Temuan penelitian ini mempertegas peran emosi akademik terhadap kinerja kognitif, khususnya beban kognitif.


Keywords


beban kognitif; emosi akademik; efikasi diri

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/jpsi.22742

References


Alsa, A., Haq, A.H.B., Siregar, A.J., Kusumaningrum, F.A., Utami, D., & Bachria, R.D. (2015). Menyusun model yang efisien dan efektif dari dimensi-dimensi school well-being untuk memprediksi prestasi belajar matematik. Jurnal Psikologi. 42(1). 15-33.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York, NY: W.H. Freeman and Company. Byrne, B.M. (2010). Structural equation modelling with AMOS: Basic concepts, applications and programming. New York, NY: Routledge.

Chen, I., & Chang, C. (2009). Cognitive load theory: An empirical study of anxiety and task performance in language learning. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. 7(2). 729-746.

Cheung, G.W., & Resvold, R.B. (2002). Evaluating goodness-of-fit indexes for testing measurement invariance. Structural Equation Modelling. 9(2), 233-255.

Clark, R.C., Nguyen, F., and Sweller, J. (2006). Efficiency in learning: Evidence-based guidelines to manage cognitive load. San Francisco:

Pfeiffer. Cresswell. J. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative. Diterjemahkan H.P. Soetjipto, & S.M. Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. London: SAGE Publications Ltd.

Fraser, K., Ma, I., Teteris, E., Baxter, H., Wright, B, & McLoughlin, K. (2012). Emotions, cognitive load, and learning outcomes during simulation training. Medical Education. 46. 1055-1062.

Frenzel, AC, Pekrun, R, Goetz, T. (2007). Girls and mathematics—A “hopeless” issue? A control-value approach to gender differences in emotions towards mathematics. European Journal of Psychology of Education. 22, 497–514.

Hu, L., & Bentler, P.M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: Conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modelling. 6(1), 1-55.

Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. Hershey: Information Science Reference.

Leppink, J., Paas, F., Gog, T., Vleuten, C.P.M., & Merrienboer, J.J.G. (2014). Effects of pairs of problems and examples on task performance and different types of cognitive load. Learning and Instruction. 30, 32-42.

Luo, W., Ng, P.T., Lee, K., & Aye, K.M. (2016). Self-efficacy, value, and achievement emotions as mediators between parenting practice and homework behavior: A control-value theory perspective. Learning and Individual Differences. http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2016.07.017.

MacKinnon, D. (2008). Introduction to Statistical Mediation Analysis. New York, NY: Lawrence Erlbaum Associates.

Marchand, G.C., & Gutierrez, A.P. (2012). The role of emotion in the online learning: Comparisons between online and face-to-face learning settings. Internet and Higher Education. 15, 150-160.

Pekrun, R. (2006). The control-value theory of achievement emotions: Assumptions, corollaries, and implications for educational research and practice. Educational Psychology Reviews. 18 (3). 315-341.

Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A.C., Barchfeld, P., & Perry, R.P. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance: The achievement emotions questionnaire (AEQ). Contemporary Educational Psychology. 36. 36-48.

Pekrun, R., Goetz, T., Titz, W., & Perry, R. P. (2002). Academic emotions in students’ self-regulated learning and achievement: A program of quantitative and qualitative research. Educational Psychologist, 37, 91-106.

Pintrich, P. R., Smith, D.A., Garcia, T.,& McKeachie, W.J. (1991). A manual for the use of the motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ). Ann Arbor, MI: University of Michigan.

Plass, J.L., Moreno, R., & Brunken, R., (eds.). (2010). Cognitive Load Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Preacher, K.J., & Hayes, A.F. (2008). Asymptotic and resampling strategies for assessing and comparing indirect effects in multiple mediator models. Behavior Research Methods. 40 (3), 879-891. DOI: 10.3758/BRM.40.3.879

Putwain, D., Sander, P., & Larkin, D. (2013). Academic self-efficacy in study-related skills and behaviours: Relations with learning-related emotions and academic success. British Journal of Educational Psychology. 83, 633-650. DOI:10.1111/j.2044-8279.2012.02084.x

Sweller, J. (2010a). Element interactivity and intrinsic, extraneous and germane cognitive load. Educational Psychology Review. 22, 123-138.

Sweller, J. (2010b). Cognitive load theory: Recent theoretical advances. In J.L. Plass, R. Moreno, & R. Brunken (eds.), Cognitive Load Theory (p. 29-47). Cambridge: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.