Pengembangan Karakter Generasi Alpha melalui Pendampingan Kreativitas Seni Rupa bagi Anak-Anak Sekolah Minggu Gereja Pandu Bandung
Abstract
With a tridharma vision and mission founded on ICE values, namely Integrity, Care, and Excellence, Universitas Kristen Maranatha is one of the top ten best private university in Indonesia according to THE Impact Rankings 2022. The Pandu Church Sunday School students that attend the Bina Iman Lanjutan (BIL) are the target audience for community service projects. Using decorative buttons, flannel in various colors, and textile coloring markers on a drawstring fabric bag, the implementation approach is carried out through mentoring and creative experimental activities. This program is intended to foster the Alpha Generation's character among the Sunday School students of the Pandu Church. 26 FSRD students, 9 teaching staff from several faculties at Universitas Kristen Maranatha, 27 Sunday School participants, and 6 BIL’s Pandu Church supervisors helped with the offline activities. Participants are able to create crafts out of drawstring fabric bags as a result of this activity.
References
Adi Sancaya, S., & Arofah, L. (2022). Penguatan Karakter Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Integratif Dalam Pembelajaran. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 762–772. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/20146.
Antarsih, N.R., Yantina, D., & Aticeh, A. (2021). Empowering Health Cadres as a Toddler Posyandu Team to Improve The Knowledge and Skill of Cardres Through Counseling and Training. Engangement: Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 5(2), 283-296. https://doi.org/10.52166/engagement.v5).
Aryani, D.I., Nurviana, N., Heryadi, H. (2020). Pelatihan Pembuatan Kemasan sabun Bunga Matahari di Desa Bojonghaleuang sebagai Program Community Empowerment. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 25(2), 76-85. DOI: 10.20961/jkb.v25i2.44776.
Aryani, D. I., Pandanwangi, A., Ida, Manurung, R. T., & Pattipawaej, O. C. (2021). Pelatihan pembuatan materi pembelajaran digital adaptif guna meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi. Community Empowerment, 6(9), 1600–1608.
Aryani, D. I., Tan, T., & Janty, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Tas Kain bagi Kelompok Usaha Bersama Maju Bersama Sejahtera sebagai Program Community Empowerment. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.22146/bakti.3609.
Astuti, Astuti. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pola Pada Anak Kelompok B di PAUD Nurul Fallah Dusun Penegak Desa Simpang Yul. Bernas Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27-31.
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., Raharjo, S.T. (2019). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2(2), 178-186. DOI: 10.24198/focus.v2i2.26235.
Gereja Katolik Pandu Paroki Bunda Tujuh Kedukaan. (2021, 22). Paroki Pandu dalam Lintasan Sejarah, diakses dari https://pandu.katolik.or.id/sejarah-anno-1935/, pada 19 April 2023.
Ginting, S. (2021). Character Building Membangun Karakter Tangguh. Gorontalo: Ideas Publishing.
Kambau, R. A., Kadir, N. A., Mutmainnah, Jamilah, & Rahman, A. (2016). Panduan Implementasi Service Learning di UIN Alauddin Makassar (S. Saleha (ed.); I, Issue 35). Nur Khainnurisa Press. http://litapdimas.kemenag.go.id/publication.
Langi, K. C., Aryani, D. I. (2022). Membangkitkan Kreativitas Siswa Melalui Pelatihan Menggambar Figur Fashion di SMA Citra Cemara Bandung. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat VII (SENDIMAS 2022) "Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Kemajuan Pascapandemi" Vol.7 No.1.
Mahmudah, N., & Supiah, S. (2018). Pemberdayaan Pada Anak-anak Gang Dolly Di SMA Artantika Surabaya Dengan Metode Asset Based Community Development. Madani, 1(1), 17–29.
McCrindle, M., & Wolfinger, E. (2010). Generations defined. Ethos, 18(1), 8-13.
Mustika, I., & Wikanengsih, W. (2021). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Daring Berbasis Metakognitif Melalui Service Learning Approach. Abdimas Siliwangi, 4(2), 256–266. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7007
Novianti, R., Hukmi, Hukmi, Maria, I. (2019). Generasi Alpha – Tumbuh Dengan Gadget Dalam Genggaman. Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial), 8(2), 65-70.
Nurlaini, Nurlaini. (2018). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menjahit dari Kertas di Taman Kanak-Kanak Nurul Amal Sungai Jaring Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 5(2), 120-133. DOI : https://doi.org/10.24036/103747.
Pattipawaej, O. C., Setiawan, D., Desiani, A., Pandanwangi, A., Manurung, R. T., Meythi, M., ... & Fishella, M. (2023). Optimalisasi Desain Grafis Sebagai Media Informasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Panti Arrahman Yogyakarta. Dalam Abdimas Seri 1 KESEJAHTERAAN YANG BAIK. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Copyright (c) 2024 Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.