Gambaran Pelaporan Inspeksi Berkala Setelah Diberlakukan Sistem Pelaporan Online

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.71909

Vika Marlyn Yunita Wijayanti(1*)

(1) RSUP Dr. Sardjito
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan: Pelaporan inspeksi berkala sebelumnya dilakukan dengan menggunakan form checklist kemudian data inspeksi dimasukkan ke dalam tabel Excel secara manual. Hal tersebut dinilai tidak efektif karena banyak menggunakan kertas, lembar inspeksi kurang komunikatif, waktu pelaksanaan inspeksi tidak terpantau dan pengelolaan data pelaporan membutuhkan waktu relatif lama. Instalasi Farmasi RSUP Dr Sardjito berinovasi dengan menerapkan inspeksi berkala berbasis online. Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan jumlah pelaksanaan inspeksi, ketepatan waktu pelaporan inspeksi, dan kesesuaian pengisian inspeksi berkala setelah pelaksanaan pelaporan inspeksi online. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional. Sampel yang digunakan adalah 109 ruang yang digunakan sebagai lokasi penyimpanan obat di RSUP Dr Sardjito. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase pelaksanaan inspeksi, ketepatan waktu inspeksi, dan kesesuaian pengisian inspeksi dari google form dan aplikasi. Hasil. Jumlah pelaksanaan inspeksi naik sebesar 5,51% saat menggunakan aplikasi dibandingkan dengan manual. Terjadi peningkatan ketepatan waktu pelaporan inspeksi sebesar 7,7% setelah menggunakan aplikasi online dibandingkan saat menggunakan google form. Terjadi peningkatan kesesuaian pengisian data inspeksi setelah menggunakan google form sebesar 15% sedangkan dengan menggunakan aplikasi meningkat sebesar 34,38%. Kesimpulan. Terjadi peningkatan jumlah dalam pelaksanaan inspeksi, ketepatan waktu pelaporan inspeksi dan kesesuaian pengisian inspeksi berkala setelah pelaksanaan inspeksi berkala online.


Keywords


aplikasi; inspeksi; rumah sakit; apoteker

Full Text:

PDF


References

Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Hariawan, O. A., Ferdiansyah, A., & Londah, R. P. (2017). Aplikasi Sistem Pencatatan Hasil Evaluasi Performa Kualitas Vendor Pada PT Roda Prima Lancar. 49-54.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (2019). Standar Nasional Akreditasi Rumah edisi 1.1 (SNARS ed. 1.1). Jakarta: Kerjasama Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dengan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

MenKes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta.

Pertiwi, Y., & Latifani, Z. (2019). Gambaran Penyimpanan obat di Instalasi Farmasi Klinik Pratama rawat inp . jurnal Ilmiah Kefarmasian, 24-24.

Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ECommerse Lazada. AGORA Vol. 7, No. 1.

Zamroni, F., & Muhammad, S. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Inspeksi dan Produk di QA Motorcycle Berbasis Web. Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Informatika (JITI) vol. 2 No. 2.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.71909

Article Metrics

Abstract views : 1266 | views : 2001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.