ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FARMASI DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA
Novi Hastuti(1*), Akhmad Kharis Nugroho(2), Lutfan Lazuardi(3)
(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Kepuasan pengguna sistem informasi dapat diukur menggunakan beberapa prediktor diantaranya kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan. Kepuasan pengguna yang tinggi nantinya akan memberikan manfaat yang besar bagi mereka. Kuesioner diisi oleh subyek penelitian sebanyak 34 responden kemudian dianalisis deskriptif, korelasi rank kendall, dan analisis jalur. Untuk memperkuat analisis, dilakukan juga wawancara mendalam terhadap beberapa informan. Korelasi terkuat antara variabel kepuasan pengguna dengan variabel manfaat yaitu 63,2% (p < 0,05). Sedangkan Korelasi antara variabel kualitas informasi dengan kepuasan pengguna yaitu 44,9% (p < 0,05). Variabel kepuasan pengguna paling berpengaruh yakni 68,8% (p < 0,05) secara signifikan terhadap manfaat yang diperoleh pengguna. Sementara itu, variabel kepuasan pengguna dipengaruhi secara kuat dan signifikan sebesar 40,2% (p < 0,05%) oleh kualitas informasi. Dengan demikian, kualitas informasi perlu mendapatkan perhatian lebih besar dalam hal perbaikan sistem informasi selanjutnya yang nantinya diharapkan berujung pada kepuasan pengguna hingga memberikan manfaat besar bagi penggunanya.
Keywords
Kepuasan; Pelayanan Farmasi; Rawat Jalan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v7i2.24052
Article Metrics
Abstract views : 5281 | views : 2707Refbacks
- There are currently no refbacks.