Stimulasi Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia Di Indonesia: Tinjauan Literatur

Made Selphia Prahasasgita, Made Diah Lestari
(Submitted 19 December 2022)
(Published 18 December 2023)

Abstract


Stimulasi fungsi kognitif merupakan kegiatan yang berupa pemberian rangsangan atau stimulus kepada lanjut usia (lansia) untuk meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi kognitifnya. Banyak masyarakat yang menganggap penurunan fungsi kognitif pada lansia merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Anggapan tersebut timbul akibat kurangnya pengetahuan dan perhatian dari pendamping dan orang di sekitar lansia. Stimulasi kognitif kepada lansia dapat dilakukan melalui aktivitas fisik dan non-fisik. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan kader di Posyandu Lansia mengenai ragam stimulus kognitif yang dapat diberikan kepada lansia untuk meningkatkan fungsi kognitifnya. Kajian literatur ini membahas empat stimulus yang dapat diberikan kepada lansia, yaitu Aktivitas fisik, Reminiscence Therapy, Memory Training, dan Puzzle Therapy, termasuk kelebihan serta kelemahan dalam segi durasi pelaksanaan, properti, teknis pelaksanaan, maupun faktor lainnya. Kajian literatur ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi penelitian selanjutnya yang ingin melakukan penelitian terkait efektivitas stimulus untuk meningkatkan fungsi kognitif lansia.

Keywords


cognitive function; older people; stimulation

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/buletinpsikologi.80371

References


Agus, A. D. & Andromeda. (2014). PERBEDAAN SUCCESSFUL AGING PADA LANSIA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 85–91. https://doi.org/10.15294/intuisi.v6i2.13317

Ainiah, S. N., Afifuddin, & Hayat. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM POSYANDU LANJUT USIA (LANSIA) DI RW I KELURAHAN POLOWIJEN (Studi Kasus Pada Pos Pelayanan Terpadu Lansia Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2861–2868. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.565

*Akhoondzadeh, G., Jalalmanesh, S., & Hojjati, H. (2014). Effect of Reminiscence on Cognitive Status and Memory of the Elderly People. Iran J Psychiatry Behav Sci, 8(3), 75–80.

Alzi. (2019, April). Statistik tentang Demensia. Alzeimer’s Indonesia. Statistik tentang Demensia. Alzeimer’s Indonesia. https://alzi.or.id/statistik-tentang-demensia/

*Astuti, D. A. P., Ivana, T., & Jamini, J. (2018). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP FUNGSI KOGNTIF PADA LANSIA. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 3(2), 1–9. https://doi.org/10.51143/jksi.v3i2.118

BPS. (2021). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021. Badan Pusat Statistik.

*Desiningrum, D. R., & Indriana, Y. (2018). Modul Pelatihan Senam Otak Untuk Adiyuswa. Fastindo. http://eprints.undip.ac.id/62338/1/MODUL_PELATIHAN_SENAM_OTAK_UNTUK_ADIYUSWA.pdf

*Dewi, S. R. (2018). PENGARUH TERAPI REMINISCENCE TERHADAP FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI UPT PSTW BONDOWOSO. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 174–178. https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1544

*Erismanto, E., & Susilo, R. (2022). The Effect of Reminiscence Therapy Using Video on the Cognitive Function of the Elderly at Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Sudagaran. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 2, 154–161. https://doi.org/10.30595/pshms.v2i.239

*Erwanto, R., & Kurniasih, D. E. (2020). The effectiveness of puzzle therapy on cognitive functions among elderly with dementia at Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Yogyakarta, Indonesia. Bali Medical Journal, 9(1), 86. https://doi.org/10.15562/bmj.v9i1.1628

*Harini, I. G. A., Setianingsih, P., & Widjanegara, I. G. (2018). PENGARUH REMINISCENCE THERAPY TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA LANJUT USIA. Jurnal Gema Keperawatan, 11(1), 1–10.

*Hatmanti, N. M., Septianingrum, Y., Bistara, D. N., Laili, U., & Andini, A. (2022). Peningkatan Kesehatan dengan Senam Lansia di Posyandu Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 123–128. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01022022-5

Heryanah, H. (2015). AGEING POPULATION DAN BONUS DEMOGRAFI KEDUA DI INDONESIA. Populasi, 23(2), 1–16. https://doi.org/10.22146/jp.15692

*Hidayati, N., Haryanto, J., & Makhfudli. (2014). MEMORY TRAINING MENINGKATKAN MEMORI JANGKA PENDEK LANSIA. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.20473/ijchn.v3i1.12214

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. INTELEKTUALITA, 3(1).

Ingold, M., Tulliani, N., Chan, C. C. H., & Liu, K. P. Y. (2020). Cognitive function of older adults engaging in physical activity. 20(299). https://doi.org/10.1186/s12877-020-01620-w

*Isnaini, N., & Komsin, N. K. (2020). GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DENGAN PEMBERIAN TERAPI PUZZLE. Human Care Journal, 5(4), 1060–1066.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019, Juli). Indonesia Masuki Periode Aging Population. KEMENKES RI. https://www.kemkes.go.id/article/view/19070500004/indonesia-masuki-periode-aging-population.html#:~:text=Berdasarkan%20data%20Direktorat%20Kesehatan%20Keluarga,sudah%20mempunyai%20100.470%20Posyandu%20Lansia.

Khairat, M. (2017). ANAK YANG BERHASIL DAN BERBAKTI. Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb, 8(1). https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i1.867

*Komsin, N. K., & Isnaini, N. (2020). PENGARUH CROSSWORD PUZZLE THERAPY (CPT) TERHADAP FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA (PPSLU) SUDAGARAN BANYUMAS. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2), 6–15. https://doi.org/10.32539/JKS.v7i2.15239

*Kurniajati, S., Triyoga, A., & Kristini, R. E. (2017). APLIKASI SENAM OTAK (BRAIN GYM) DI POSYANDU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF LANSIA. Jurnal Penelitian Keperawatan, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.32660/jurnal.v3i1.286

*Kuswati, Sumedi, T., & Hartati. (2020). Pengaruh Reminiscence Therapy Terhadap Fungsi Kognitif Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Mersi, 9(1), 23–30.

*Lestari, F. M., & Sumintardja, E. N. (2016). KAJIAN REMINISCENCE GROUP THERAPHY PADA DEPRESI LANSIA WANITA YANG TINGGAL DI PANTI WERDHA. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa, 5(1), 42–56.

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Murman, D. L. (2015). The Impact of Age on Cognition. Seminars in Hearing, 36(3), 111–121. https://doi.org/10.1055/s-0035-1555115

*Muzamil, M. S., Afriwardi, A., & Martini, R. D. (2014). Hubungan Antara Tingkat Aktivitas Fisik dengan Fungsi Kognitif pada Usila di Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2). https://doi.org/10.25077/jka.v3i2.87

Neisser, U. (2014). Cognitive Psychology. Dalam Cognitive Psychology (Classic Edition, hlm. 327). Psychology Press.

Nie, Y., Richards, M., Kubinova, R., Titarenko, A., Malyutina, S., Kozela, M., Pajak, A., Bobak, M., & Ruiz, M. (2021). Social networks and cognitive function in older adults: Findings from the HAPIEE study. BMC Geriatrics, 21(1), 570. https://doi.org/10.1186/s12877-021-02531-0

*Nurleny, Suryani, U., Yolanda, Y., Yazia, V., Kontesa, M., & Hasni, H. (2021). MELATIH KOGNITIF MELALUI TERAPI PUZZLE TERHADAP TINGKAT DEMENSIALANSIA DIPANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) SABAI NAN ALUIH SICINCIN PADANG PARIAMANTAHUN 2021. Jurnal Abdimas Saintika, 3(2), 109–118.

*Polan, T. V. S., Asrifuddin, A., & Kalesaran, A. F. C. (2018). HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI PUSKESMAS WORI KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTARA. Jurnal KESMAS, 7(4).

*Pramudaningsih, I. N., & Ambarwati, A. (2020). IMPLEMENTASI PENINGKATAN KOGNITIF LANSIA MELALUI MEMORY TRAINING. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(3), 233. https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.626

*Prasetyo, H., Nugroho, P. D. S., & Sukrillah, U. A. (2015). Memory Training Anagram for Improving Kognitif Function of Eldery. 4(3), 798–806. https://doi.org/10.31983/jrk.v4i3.363

*Rahayuni, N. P. N., Utami, P. A. S., & Swedarma, K. E. (2015). PENGARUH TERAPI REMINISCENCE TERHADAP STRES LANSIA DI BANJAR LUWUS BATURITI TABANAN BALI. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 2(2), 130–138.

Rowe, J. W., & Kahn, R. L. (1997). Successful Aging. Gerontologist, 37(4), 433–440. https://doi.org/doi: 10.1093/geront/37.4.433.

*Rusyani, Y. (2021). Pengaruh Senam Otak Terhadap Perubahan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Posyandu Lansia Desa Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(1). https://dx.doi.org/10.5737/e-journal.v13i1.502

*Sanchia, N., & Halim, M. S. (2020). TERAPI STIMULASI KOGNITIF UNTUK LANSIA DENGAN MILD COGNITIVE IMPAIRMENT: STUDI EKSPERIMENTAL DI PANTI WREDA. Majalah Kedokteran Neurosains Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia, 36(4), 258–264. https://doi.org/10.52386/neurona.v36i4.83

Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed). McGraw-Hill Higher Education.

*Sumartono, G. M. P. R. A., Indrawati, R., & Has, E. M. M. (2014). REMINISCENCE THERAPY DENGAN METODE TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK MENINGKATKAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA. Jurnal Keperawatan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(1), 125–133. https://doi.org/10.20473/ijchn.v3i1.12218

*Susanto, T. I., Soetjiningsih, C. H., & Samiyono, D. (2020). Terapi Reminiscence: Memberdayakan Lansia untuk Mencapai Successful Aging. Buletin Psikologi, 28(1), 72–84. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.49339

Taplo, Y. M., Madianung, A., & Kanine, E. (2019). AKTIVITAS BERMAIN DOMINO SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FUNGSI KOGNITIF BERHITUNG PADA LANSIA. JURNAL KEPERAWATAN, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.22884

*Wahyuni, A., & Nisa, K. (2016). Pengaruh Aktivitas dan Latihan Fisik terhadap Fungsi Kognitif pada Penderita Demensia. Majoriti, 5(4), 12–16.

*Wibowo, F. I. P. S. (2017). PENGARUH KEGIATAN STIMULASI OTAK TERHADAP UPAYA MEMINIMALISIR DEMENSIA PADA LANSIA. Jurnal Keperawatan Malang, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.36916/jkm.v2i1.22

Zaninotto, P., Batty, G. D., Allerhand, M., & Deary, I. J. (2018). Cognitive function trajectories and their determinants in older people: 8 years of follow-up in the English Longitudinal Study of Ageing. Journal of Epidemiology and Community Health, 72(8), 685–694. http://dx.doi.org/10.1136/ jech-2017-210116)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Buletin Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.