METODOLOGI KEILMUAN PANCASILA: OPERASIONALISASI DAN INTEGRASI KEILMUAN PANCASILA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA

https://doi.org/10.22146/jf.79656

Arqom Kuswanjono(1*)

(1) Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pancasila seharusnya diperkenalkan sebagai sebuah produk budaya dengan pendekatan filosofis, bukan sebagai produk politik. Bagaimana hal tersebut dilakukan? Untuk menjawabnya, perlu bagi kita untuk memperhatikan secara serius metodologi apa yang dihadirkan. Metodologi adalah sebuah upaya seseorang (saintis, calon saintis/mahasiswa) untuk mencari “jalan” atau cara yang tepat melalui aktivitas-aktivitas ilmiah dan riset. Analoginya adalah kita bisa memiliki sebuah cara atau pendekatan, yaitu ketika memiliki pertimbangan tepat dan benar dalam memahami Pancasila, khususnya yang berkaitan dengan nilai yang bersumber dari Pancasila (baik nilai dasar dan nilai praktis). Operasionalisasi dan integrasi ilmu pengetahuan memerlukan upaya pengamatan yang luas terhadap gejala-gejala pengalaman manusia, khususnya dalam performa aksi-aksi yang beragam baik dalam kapasitas sebagai individu maupun warga bangsa. Melalui penciptaan integrasi ilmu pengetahuan dengan nilai Pancasila, upaya-upaya pembangunan karakter bangsa dengan sendirinya akan terealisasi.

Keywords


Pancasila, keilmuan, pembangunan karakter.

Full Text:

PDF


References

Hardiman, 2003, Melampaui Positivisme dan Modernitas, Kanisius, Yogyakarta. Parsons, Talcott, 1970, Social Structure and Personality, AFree Press, London. Jacob, T., 1987, Manusia, Ilmu dan Teknologi: Pergumulan Abadi dalam Perang dan Damai, Tiara Wacana, Yogyakarta. Parsons, Talcott, 1971, The System of Modern Societies, Englewood Cliffs, Prentice- Hall, N. J. Pranarka, A. M. W., 1983, Sejarah Perkembangan Pemikiran tentang Pancasila sebagai Ideologi, Dasar Negara dan Sumber Hukum: (Suatu Studi Eksplorasi), Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Rif'an, Ali, 2012, "Korupsi dan Pendidikan Integritas", Artikel pada harian Republika yang dimuat pada 8 Februari 2012. Sutaryo, 2007, Sistem Pendidikan Nasional untuk Membangun Peradaban Indonesia yang Dijiwai Nilai-Nilai Pancasil, Penerbit Aditya Media, Yogyakarta. Suwarno, 1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta



DOI: https://doi.org/10.22146/jf.79656

Article Metrics

Abstract views : 1881 | views : 1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Filsafat

Jurnal Filsafat Indexed by:

Google ScholarSinta (Science and Technology Index)


Jurnal Filsafat ISSN 0853-1870 (print), ISSN 2528-6811 (online)