Experiential Learning dan Daur Belajar sebagai Metode Belajar Berbasis Pengalaman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep metode belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM) yaitu Daur Belajar dan experiential learning oleh David A. Kolb. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur terhadap penelitian yang berkaitan dengan experiential learning dan metode Daur Belajar. Hasil penelitian metode Daur Belajar dan experiential learning saling berkaitan, kedua metode belajar tersebut berpusat pada bagaimana pengalaman peserta didik dapat ditimbulkan sebagai proses dari lahirnya pengetahuan. Siklus belajar dilakukan berulang-ulang secara berurutan dari mulai peserta didik mengalami pengalaman, menungkapkan, menganalisis, menyimpulkan, dan menerapkan hingga peserta didik dapat mencapai pengetahuannya sendiri. Kebebasan yang diberikan oleh SALAM dalam mencapai pengetahuan menjadi sarana peserta didik untuk dapat secara leluasa bereksperimen, eksplorasi, dan ekspresikan.
Copyright (c) 2023 anisa nugrahening pinasti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.