Meningkatkan Pola Berpikir Anak di Perpustakaan Menggunakan Storytelling Games
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan terhadap perkembangan pola berpikir anak dengan menggunakan storytelling games untuk mengeksplorasi penggunaan pembelajaran yang didesain game yang mudah dan simple sehingga benda-benda disekitar yang efektif dalam mengembangkan pemikiran kritis di kelompok anak-anak. Peran perpustakaan sangat dibutuhkan karena perpustakaan merupakan lembaga yang dekat dengan masyarakat, sehingga mampu membantu guru dan orang tua dalam melatih pola berpikir anak menjadi pola berpikir yang kritis menggunakan storytelling games. Penelitian ini berfokus pada peran perpustakan terhadap pola berpikir anak dengan menggunakan storytelling games. Storytelling games dapat menjadi salah satu alat untuk meningkatkan pola berpikir anak yang bisa digunakan oleh perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode studi literatur. Sumber dan proses pengumpulan data dalam metode studi literatur dilakukan dengan mengakses informasi dari perpustakaan, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Analisis data dilakukan melalui rangkuman dari sumber-sumber yang telah ditemukan. Proses analisis melibatkan reduksi data, penyajian data, reduksi data kembali, dan penarikan kesimpulan dari informasi yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan memiliki peran meningkatkan pola berpikir anak melalui storytelling game, seperti menambah keceriaan, meningkatkan imajinasi dan semangat. Metode yang digunakan dalam story telling beruba metode narrating dimana hal ini membutuhkan peran perpustakaan untuk meningkatkan semangat anak dan mengatur emosi anak.
Copyright (c) 2023 Angelia Selma Ananda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.