Sinergitas Pemenuhan Kebutuhan Informasi Melalui Program Paperbuk di Perpustakaan Unisa Yogyakarta
Abstrak
Perpustakaan dan pemustaka saling bersinergi untuk dapat menjalankan fungsi dan perannya masing-masing. Perpustakaan sebagai garda terdepan dalam penyediaan informasi memiliki tugas untuk menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustakanya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisi sinergitas yang dilakukan Perpustakaan Unisa Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan informasi melalui program “Paperbuk”. Metode penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber, yaitu pengecekan kembali informasi dari berbagai sumber dari teknik yang digunakan. Analisa data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gabungan kegiatan pameran perpustakaan dan buku (Paperbuk) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Unisa Yogyakarta memiliki dampak positif bagi perpustakaan maupun pemustaka. Bentuk sinergitas pemustaka yaitu: pemustaka dapat memilih buku sesuai minat dan kebutuhannya, Pemustaka memiliki hak pinjam istimewa, serta pameran perpustakaan (poster) menjadi kebanggaan bagi pemustaka. Dari sisi perpustakaan kegiatan ini sebagai ajang promosi, membantu seleksi dan pengadaan buku, meningkatkan kunjungan serta meningkatkan minat baca pemustaka.
Copyright (c) 2024 Zeni Istiqomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.