Program Donasi Buku sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan program donasi buku Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (Perpustakaan UGM) sebagai upaya untuk mendukung peningkatan minat baca masyarakat. Kebiasaan membaca di kalangan masyarakat Indonesia dinilai masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca masyarakat Indonesia adalah kurangnya ketersediaan buku bacaan dan distribusinya yang kurang merata. Salah satu solusi permasalahan tersebut adalah melalui donasi buku. Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, Perpustakaan UGM melaksanakan program donasi buku untuk memfasilitasi perpustakaan atau instansi lain yang memerlukan bahan bacaan. Donasi buku Perpustakaan UGM diwujudkan melalui Program Book Donation @UGMLibrary. Program tersebut bertujuan untuk menghubungkan para donatur yang akan menyumbangkan buku-bukunya dengan penerima donasi yang mengajukan proposal kepada Perpustakaan UGM. Masyarakat dan organisasi yang telah menerima manfaat Program Book Donation @UGMLibrary, meliputi: 1) kelompok/tim KKN-PPM UGM; 2) sekolah; 3) Taman Bacaan Masyarakat (TBM); dan 4) organisasi non pemerintah atau non govermental organization (NGO). Program Book Donation @UGMLibrary dapat menjadi sarana untuk mendukung upaya peningkatan minat baca masyarakat melalui pendistribusian buku hasil donasi tersebut untuk dimanfaatkan sebagai bahan bacaan.
Copyright (c) 2022 Martina Uki Emilyasanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.