Fungsi Wacana Argumentatif dalam Perdebatan Parfum Unisek

  • Angeline Louisabethania Universitas Gadjah Mada
Keywords: parfum uniseks, forum debat dan diskusi, wacana argumentatif

Abstract

Salah satu produk untuk merawat kecantikan tubuh dan menambah rasa kepercayaan diri adalah parfum. Selama ini masyarakat menganggap bahwa parfum dibedakan untuk kaum perempuan dan laki-laki. Namun, pada kenyataannya parfum uniseks semakin berkembang eksistensinya. Penelitian ini menggunakan data tahun 2008 sampai 2017 berupa argumen-argumen terhadap parfum uniseks yang disebut wacana argumentatif dalam forum debat dan diskusi online Le Sexe des Parfums dalam situs AuParfum Sentez Inspiré. Metode penelitian ini dilakukan melalui berbagai tahap. Pertama, membaca argumen-argumen yang dituturkan penutur. Kedua, mengklasifikasikan data kemudian menganalisisnya menggunakan teori fungsi wacana argumentatif. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mengeksplorasi dan menganalisis fungsi wacana argumentatif dalam perdebatan parfum uniseks yang terdapat pada forum debat dan diskusi Le Sexe des Parfums dalam situs AuParfum Sentez Inspiré. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa lebih banyak penutur yang mendukung keberadaan parfum uniseks yang dibuktikan oleh fungsi dari wacana tersebut ditulis. Fungsi persuasi adalah fungsi wacana argumentatif yang paling banyak ditemukan dalam forum debat dan diskusi Le Sexe des Parfums. Namun, terdapar fungsi lain yaitu fungsi persuasif dan polemik.

References

Astari, N. P. L. W., & Widagda K., I. G. N. J. A. (2014). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin dan Kontrol Diri terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Parfum—Neliti. Diambil 11 Desember 2021, dari https://www.neliti.com/publications/254840/pengaruh-perbedaan-jenis-kelamin-dan-k ontrol-diri-terhadap-keputusan-pembelian-i
Atamna, F. (2014). L’emploi des Connecteurs Logiques dans La Production Ecrite du Texte Argumentatif en FLE. Diambil dari https://core.ac.uk/reader/35402700
Christianto, S. E. (2017). Analisis Implikatur pada Wacana Argumentatif dalam Surat Pembaca Harian Kompas Edisi Februari-Maret 2016 (Skripsi, Sanata Dharma University). Sanata Dharma University. Diambil dari https://repository.usd.ac.id/13084/
Hasnawati, R. D., Funadah, L. A., & Santoso, B. W. J. (2020). Koherensi pada Wacana Argumentasi tentang Pandemi Global Covid-19. 6.
Le sexe des parfums—Auparfum. (t.t.). Diambil 5 Januari 2022, dari https://auparfum.bynez.com/Le-sexe-des-parfums,380
Octavia, R. A. A. (2016). Argumentative text elements on native and non-native writing in the newspapers—CORE. Diambil 28 Februari 2022, dari https://core.ac.uk/display/44743413
Setyaningsih, Y. (2016). POLA ARGUMEN PARAGRAF ARGUMENTATIF PADA ARTIKEL JURNAL TERAKREDITASI BIDANG EKONOMI (PERSPEKTIF STEPHEN TOULMIN). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 136–156. https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15202
Wiharsari, J. C. (2019). Konsep Kecantikan dan Pemanfaatan Produk Kosmetik Wajah pada Mahasiswi Surabaya. Diambil 26 Desember 2021, dari https://core.ac.uk/display/232221375
Published
2022-03-31
How to Cite
Louisabethania, A. (2022). Fungsi Wacana Argumentatif dalam Perdebatan Parfum Unisek. Deskripsi Bahasa, 5(1), 25-32. https://doi.org/10.22146/db.v5i1.5720