Students' integrated fieldwork learning activities based on "interprofessional education and collaboration" working with health professionals during the COVID-19 pandemic: Lessons learned Poltekkes Medan
Abstract
The current problem-based learning design will have a better impact if students work with various health professionals in a team to promote better KBK and PBL performance. IPE will provide benefits for students as well as other parties with support from the curriculum system, facilities, and field partners. During the pandemic, the college administration took part in sending students asssisting the lacking health workers dealing with COVID. By having this activites, students train their ability to work together and learn as health workers in real-world practices.
Pembelajaran kerja lapangan terpadu mahasiswa berbasis “interprofessional education and collaboration” bekerjasama dengan tenaga kesehatan di masa pandemi COVID-19: pelajari dari Poltekes Kemenkes Medan
Pendidikan para calon tenaga kesehatan saat ini tidak hanya dikembangkan dengan desain problem based learning tetapi dibutuhkan kolaborasi yang tercipta dengan baik antar tenaga kesehatan kesehatan dengan disiplin ilmu berbeda sehingga dapat bekerja sama secara kolaboratif dalam sebuah tim. Tentu saja kerjasama ini nantinya akan memberikan efek yang baik dari kinerja KBK dan PBL dalam dunia pendidikan kesehatan. IPE akan memberikan manfaat bagi para mahasiswa juga pihak lain yang terlibat di dalamnya, jika didukung oleh suatu sistem kurikulum, fasilitas dan SDM pendidik. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan berkolaborasi, meningkatkan praktik pada masing-masing tenaga kesehatan dengan cara mengaktifkan peningkatan praktik kerja, membentuk suatu aksi secara bersama tim kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan menghasilkan perubahan.