Upaya guru memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo

  • Riyanto Riyanto Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Muh. Tajab Program Studi Psikologi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Moh. Rifan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wuryono Wuryono Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo
  • Nursiah Nursiah Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo
  • Krista Alifa Setyaningrum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • M. Habib Izazur Ridhwan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: teacher's efforts, school library, learning resources, teacher quality, teaching reference

Abstract

Introduction. The aim of the paper is to understand the efforts of  Islamic education teachers in utilizing the library as one of the school's facilities and infrastructure, at State Elementary School of Tosanan Ponorogo by using the approach of the Association for Education Communication Technology (AECT).

Data Collection Methods. This was a qualitative descriptive with by observations and, structured interviews.

Data Analysis. The interview data was transcribed for analysis.

Results and Discussion. The efforts showing by teacher’s to utilize the school library as a learning resource are shown by improving their quality. These Include how to  absorb  information from the library as teaching, to increase the intensity of visits to the library, to increase the collection/number of books and to make the best use of the existing library facilities.

Conclusions and Recommendations. The library at State Elementary School of Tosanan Ponorogo has not been maximally utilized as a learning resource in every lesson. This library should increase the number of books, support facilities for users and manage library base on standards. For further research it is hoped that it can be expanded, so that it is not limited to Islamic religious education teachers but to teachers of other subjects.

References

Afrizal. (2019). Mengenal koleksi perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 3(2), 111-116.

Alfansur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasiteknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Histori: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.

Anwar, S. (2016). Peran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter bangsa. Al-Tadzkiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157-170.

Audah, Z. (2020). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhan, 10(2), 159-174.

Bagyoastuti, W. S., & Wijayanti, W. (2016). Peran kepala sekolah dan pustakawan dalam pemberdayaan Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan SD Negeri Giwangan. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 131-145.

Bakti, M. N., Susanto, S., & Supriyanto, D. H. (2022). Analisis pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana menumbuhkan minat baca siswa di SDN Gemarang 7. Jurnal Riset Pendidikan Dasar , 64-73.

Bergmark, U., Lundstrom, S., Manderstedt, L., & Palo, A. (2018). Why become a teacher? Student teachers’ perceptions of the teaching profession and motives for career choice. European Journal of Teacher Education, 41(3), 266-281.

Dennis, M. (2016). Teori komunikasi masa suatu pengantar. Erlangga.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center.

Egok, S. A. (2019). Profesi kependidikan. Semarang: Pilar Nusantara.

Elihami, & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 2(1), 12-18.

Eskha, A. (2018). Peran perpustakaan sebagai sumber belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12-18.

Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus, F. M. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah: Teori dan praktik. CV. Pena Persada.

Fauzi, A., Zohriah, A., & Lughowi, A. R. (2022). Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar melalui pemberdayaan guru bidang studi. J-Abdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12) , 3999-4006.

Febriani, R. (2014). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1-10.

Handayani, T. (2022). Peran nomor inventaris sebagai sumber informasi jumlah koleksi pustaka: Studi kasus pada perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semarang. Anuva, 6(2), 231-244.

Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Iyok, M. (2021). Optimalisasi perpustakaan sebagai sumber belajar di SD Negeri 08 Marong. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 253-260.

Jafri. (2021). Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Al-Liqo, 6(1), 10-33.

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19-36.

Jasuri. (2015). Pembelajaran pendidikan agama Islam anak usia dini. Jurnal Madaniyah, 8(1), 16-31.

Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai layanan, referensi sebagai tempat: sebuah tinjauan terhadap layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Iqra', 10(1), 132-146.

Majid, A. (2020). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Remaja Rosdakarya.

Mangnga, A. (2015). Peran perpustakaan sekolah terhadap proses belajar mengajar di sekolah. Jupiter, 14(1), 38-42.

Mukmin, T. (2018). Pendekatan dalam mengajar perspektif Syaiful Bahri Djamarah dan Abuddin Nata. el-Ghiroh, 14(1), 25-54.

Mulyati, S., Sari, Y. P., Asriyani, W., Ridlo, M. R., & Saputri, Y. (2020). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri Krandon 1 Tegal. Almaktabah, 5(1), 74-84.

Musbahaeri. (2019). Peran pengawas dalam meningkatkan efektivitas penggunaan dan pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 770-778.

Nabawi, I. H., Febrina, Y., Purnomo, H. E., & Sutiarsih. (2022). Petunjuk teknis layanan ISBN perpustakaan nasional RI. Perpustakaan Nasional RI.

Nasriani. (2022). Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi COVID 19 di MTs Negeri 2 Tolitoli. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501-2510.

Nurhidah, & Musa, M. (2016). Pengembangan kompetensi guru terhadap pelaksanaan tugas dalam mewujudkan tenaga guru yang profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(1), 8-27.

Nurlidiawati. (2014). Sejarah perkembangan perpustakaan di Indonesia. Khazanah Al-Hikmah, 2(1), 18-27.

Nursahputri, M. A. (2015). Motivasi siswa memanfaatkan perpustakaan di Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya.

Pemerintah Indonesia. Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Kementerian Agama RI.

Pemerintah Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama. LL Sekretariat Negara Nomor 4769. Kementerian Agama RI.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. LL Sekretariat Negara Nomor 4774. Perpustakaan Nasional RI .

Pemerintah Indonesia. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. LL Sekretariat Negara Nomor 4301. Sinar Grafika.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 15-32.

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Al-Ta'dib, 8(1), 101-116.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Setiawan, A. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan perpustakaan politeknik LP3I dalam tridharma peruruan tinggi. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 19-29.

Sugiarti, T. (2018). Konsep guru dalam perpektif Munif Chatib. El-Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan), 3(2), 19-29.

Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 9-19.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1), 220-234.

Syam, R. Z., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169.

Umari, N. I. (2021). Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SD Negeri Kedungrejo Kulonprogo Yogyakarta pada masa pandemi COVID-19. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(5), 477-494.

Warif, M. (2019). Strategi guru kelas dalam menghadapi peserta didik yang malas belajar. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 38-55.

Yuliana, L., & Nurhasanah, S. I. (2021). Pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru pada masa pembelajaran daring. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 131-143.

Published
2024-06-04
How to Cite
Riyanto, R., Tajab, M., Rifan, M., Wuryono, W., Nursiah, N., Setyaningrum, K. A., & Ridhwan, M. H. I. (2024). Upaya guru memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 20(1), 75-89. https://doi.org/10.22146/bip.v20i1.5551
Section
Articles