Membangun Karakter Pancasila Dalam Menghadapi Era Society 5.0



Binov Handitya(1*), Binov Handitya(2)

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang nilai-nilainya dapat digunakan sebagai acuan pembangunan karakter bangsa untuk menghadapi perkembangan era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kesiapan generasi muda dalam menyongsong perkembangan teknologi di era revolusi industri 5.0 dan bagaimana pengaruh Pancasila dalam kehidupan berbangsa. Penelitian ini menggunakan metode campuran, selain menggunakan pendekatan konseptual, juga menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner untuk memperoleh data yang kuat. Secara konseptual penelitian ini melihat dan menggali sumber referensi dari buku dan jurnal yang memuat substansi tentang pembangunan karakter berdasarkan Pancasila. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari survei yang dilakukan pada sejumlah responden yang secara keseluruhan adalah mahasiswa yang dianggap memiliki tingkat idealisme tinggi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk membangun karakter masyarakat dalam menghadapi era masyarakat 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Pancasila sangat berperan dalam pembangunan karakter di Negara ini, namun kehidupan politik belum mendukung terciptanya karakter Pancasilais masyarakat.

Full Text:

PDF


References

A.Barlian, A. E., & Herista, A. D. P. (2021). Pembangunan Sistem Hukum Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Politik Bangsa(Development Of Indonesianlegal System Based On Pancasila Values As A Nation Political Ideology). Jurnal Kajian Lemhanas RI, Vol. 9(No. 1), 550–551. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/208

Abidin, N. F. (2020). Pancasila Sebagai The Living Values Dalam Pengalaman Sejarah Kebangsaan Indonesia. Jurnal Candi, Volume 20(No.1), 107. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/41334

Burlian, P. (2020). Pemikiran Soekarno Dalam Perumusan Pancasila. Jurnal Hukum Doctrinal, Vol 5(No 2), 145.

Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Vol. 2(No. 2), 74. doi: https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546

Fatimah, S., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, Vol. 1(No. 5), 6. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/205/139

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, Volume 2(Nomor 1), 18. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AIJ/article/view/370

Handitya, B. (2020). Pendidikan Pancasila. CV. MAHATA.

Ismayawati, A. (2017). Pancasila sebagai Dasar Pembangunan Hukum Di Indonesia. Yudisia : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, Vol. 8(No. 1), 57–59. doi: http://dx.doi.org/10.21043/yudisia.v8i1

Jiwandono, I. S., & Nurbeni, I. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fungsi Pancasila Sebagai Weltanschauung Dalam Upaya Mengatasi Merosotnya Nilai Kebangsaan. ELSE (Elementary School Education Journal), Volume 3(Nomor 2), 36–37. doi: http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.3166

Malik, A. (2020). Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme. Jurnal EduTech, Vol. 6(No. 1), 105–106. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter--748-20200704203236.pdf

Permatasari, L. (2016). Membangun Pendidikan dan Membina Karakter Bangsa Berlandaskan Nilai-nilai kebangsaan. Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar. https://bpkad.banjarkab.go.id/

Pradipto Bhagaskoro, Pasopati, R. U., & Syarifuddin. (2019). Pancasila Dalam Interaksi Kearifan Lokal dan Ideologi Transnasional. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), Vol. 1(No. 2), 128.

Pratiwi, Y. D. (2020). Peran Pancasila Sebagai Filter Ideologi Bangsa (Studi Kasus Konsep Negara Khilafah). Jurnal DEFENDONESIA, Vol. 4(No.r 2), 19–20.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2(No. 1), 95–97. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1395

Safitri, A. O., & Dewi, D. A. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Implementasinya dalam Berbagai Bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 3(No. 1), 88–94.

Samudro, B. R. (2020). Pancasila Sebagai Institusi Penggerak Transformasi Struktur Sosial Bangsa: Sebuah Kajian Ekonomi Politik. Jurnal Pancasila, Vol. 1(No.2), 10. https://jurnal.ugm.ac.id/pancasila/article/view/44824

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 2(No. 2), 88. doi: 10.23887/jfi.v2i2.21286

Suaila, A. (2019). Menggali Kembali Peran Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara dalam Pembangunan Hukum Nasional di Era Global. Jurnal Law and Justice, Vol.4(No.1), 46–47. doi: 10.23917/laj.v4i1.8066

Widiatama, Mahmud, H., & Suparwi. (2020). Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Membangun Negara Hukum Indonesia. Jurnal USM Law Review, Vol. 3(No. 2), 316–319. https://journals.usm.ac.id/index.php/julr/article/view/2774/1816

Yalida, A. (2019). Pendiidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasiladi Kelas IV SDN No.88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Al Ilmi Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2(No 1), 25–27.

Yuwono, M. W. (2020). Pancasila: Cinta Kasih Yang Mempersatukan. Jurnal Fokus, Vol. 1(No. 2), 28–29. doi: https://doi.org/10.26593/focus.v1i2.4530.65-74

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, Vol. 6(No. 1), 18. doi: https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086




Article Metrics

Abstract views : 30282 | views : 26883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.