Mengukur Kinerja Pegawai Pemerintahan di Masa Krisis: Konstruksi Instrumen Kinerja Pegawai Dinas Sosial Kota Kupang Saat Masa Pandemi Covid-19

https://doi.org/10.22146/kawistara.73481

Jefirstson Richset Riwukore(1*), Tien Yustini(2), Fellyanus Habaora(3)

(1) Indo Global Mandiri University
(2) Indo Global Mandiri University
(3) Indo Global Mandiri University
(*) Corresponding Author

Abstract


Indikator kinerja biasanya dirancang untuk berlaku dalam satu kondisi. Ketika lembaga menghadapi masa krisis, seperti dalam masa pandemi Covid-19, maka perlu ada perubahan mekanisme pengukuran kinerja pegawai sebagai bentuk adaptasi terhadap situasi yang terjadi. Untuk itu penelitian ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi indikator kinerja pegawai agar sesuai dengan situasi tersebut. Penelitian ini berlangsung di Dinas Sosial Kota Kupang. Pendekatan penelitian secara eksplanatif pada populasi penelitian sebanyak 77 pegawai, dan pendekatan sampel penelitian secara sensus atau seluruh pegawai menjadi subjek penelitian. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data secara exploratory factor analysis (EFA). Hasilnya, diketahui indikator kinerja pegawai yang sesuai dengan kondisi Covid-19 terdiri dari 9 komponen, yaitu: profesional, target, kredibel, tim kerja, fokus, kapabilitas, inovatif, infrastruktur, dan perfeksionis. Kemampuan indikator kinerja tersebut menjelaskan konstruk sebesar 74,04% yang menunjukkan hasil penelitian ini eksisten terhadap situasi tidak normal, seperti di masa pandemi Covid-19.


Keywords


Instrumen Kinerja; Komponen Faktor; Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF


References

Aditama, P. B., & Widowati, N. (2017). Analisis Kinerja Organisasi. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 283–295. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v6i2.15994

Akbar, S. (2018). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi kerja. Jiaganis: Jurnal Ilmu Administrasi Negara Dan Bisnis, 3(2), 1–17. http://jurnal.stiaindragiri.ac.id/site/index.php/jiaganis/article/view/52

Arizona, R. (2018). Peran teamwork dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Malang. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 20(1), 52–60. https://doi.org/10.30649/aamama.v20i1.92

Artaya, I. P. (2012). Analisis Faktor (Factor Analysis). Ekonometrika Terapan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27644.39047

Atmosoeprapto, K. (2000). Menuju SDM berdaya. PT. Elex Media Komputindo Press.

Chuzaimah. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan furniture (Studi pada karyawan perusahaan furniture di Kecamatan Gemolong). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 34–56. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v12i1.1279

Danila, & Riwukore, J. R. (2019). Pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 39–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v4i2.754

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan good geovernance melalui pelayanan publik. UGM Press.

Habaora, F. (2020). Rekam jejak (2017-2019) dua tahun implementasi visi misi FirMan-mu di Kota Kupang “Ayo Berubah” (1st ed.). Phoenix Publisher.

Habaora, F., Riwukore, J. R., & Yustini, T. (2021). Analisis deskriptif tentang tampilan kinerja Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Pemerintah Kota Kupang Nusa Tenggara Timur Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 31–41. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v12i1.1123

Halim, C. N., & Suryani, T. (2013). Pengaruh keramahan, kredibilitas dan citra karyawan terhadap kedekatan karyawan dan kepuasan nasabah produk tabungan bank konvensional di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.14414/jbb.v3i1.256

Harsasto, P. (2013). Manajemen dan pengukuran kinerja pemerintahan. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/politika.2.1.2011.18-31

Indriasari, N., Yulianti, O., & Herawati. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai pada Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 139–147. https://doi.org/10.37676/ekombis.v6i2.607

Khikmah, A. (2014). Pengukuran kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan berdasarkan konsep value for money. Jurnal Akuntansi Akunesa, 3(1), 1–25. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/10496

Kristiyanti, M. (2011). Usaha Mikro dan UKM dalam Perekonomian Indonesia. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 2(3), 46–73. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/79

Kumorotomo, W. (2011). Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dan upaya peningkatan kinerja pegawai: Kasus di Provinsi Gorontalo dan Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 5(1), 22–34. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/download/115/70/

Latief, A., Pribadi, K., & Zati, M. R. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(2), 167–172. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i2.11137

Lenvinne, C. H. (1990). Public administration: Chalenges, choices consequences. Scoot Foreman Press.

McDonald, V. N., & Lawton, P. J. (1977). Improving management performance: The contributions of productivity and performance measurement. https://doi.org/Local Government management Project, Publication Technical Papers

Muday, F., Marnisah, L., Yustini, T., & Riwukore, J. R. (2022). Predictors of employee performance based on discipline, competence, and organizational culture (Case study of sub-village and village employees in Kota Raja Village, Kupang City Government). Enrichment : Journal of Management, 12(4), 2974–2986. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i4.702

Oktavia, E., & Amar, S. (2014). Komitmen kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kopperindag dan UMKM Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 2(1), 1–11. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jrmbp/article/view/4197

Riwu Kore, J. R. (2010). Pengaruh kepemimpinan transformasional, kompetensi dan motivasi kerja terhadap komitmen organisasi dan kinerja pegawai di Sekretariat Pemerintah Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Riwu Kore, J. R. (2020). Kepemimpinan transformasional peningkatan sumber daya manusia (F. Haba Ora (ed.); 1st ed). PT. Insan Cendekia Mandiri Group.

Riwu Kore, J. R., & Habaora, F. (2021). The Influence of Competence and Work Motivation to Teacher Performance in Smp Negeri At Kota Kupang. İlköğretim Online, 20(1), 1010–1017. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.73

Riwu Kore, J. R., Susanto, Y., Pilkandis, J., & Habaora, F. (2021). Analysis of employee performance in the Department of Education and Culture, Lubuklinggau City. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.32535/apjme.v4i2.1149

Riwu Kore, J. R., Susanto, Y., Walyusman, Riance, A., Zubaidah, R. A., & Habaora, F. (2021). Analysis of Employee Performance Based on Competence and Work Climate in Lubuklinggau Barat I District at Indonesia. The Journal of Social Sciences Research, 7(71), 7–14. https://doi.org/10.32861/jssr.71.7.14

Rizki, M. S. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan Kaltim Prima Coal (KPC) Sangatta-Kabupaten Kutai Timur. Socioscientia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 23–32. https://lldikti11.ristekdikti.go.id/jurnal/pdf/d3246f11-3092-11e8-9030-54271eb90d3b/

Ruky, S. A. (2001). Sistem manajemen kinerja. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sadjiarto, A. (2000). Akuntabilitas dan Pengukuran Kinerja Pemerintahan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 138–150. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.%20138-150

Sahaka, A. (2019). Profesi, profesional dan pekerjaan. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.5281/zenodo.2575110

Salim, G. M., & Woodward, S. A. (1992). The manager monitor. In L. Willcock & J. Harrow (Eds.), Rediscovering Public Service Management. McGraw - Hill Press.

Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 167–181. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741

Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan disiplin kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204–214. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3389

Setyawan, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan (Studi kasus pada Tiga Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai di Batam dan Karimun). Journal of Accounting & Management Innovation, 2(1), 67–89. https://ejournal.medan.uph.edu/index.php/jam/article/view/175

Sugiyono. (2017). Methods of quantitative, qualitative and combination writing (mixed methods). Alfa Beta Press.

Supriyadi, N. Y., & Sarino, A. (2019). Kunci untuk meningkatkan kinerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14955

Susanto, Y., & Riwukore, J. R. (2020). Perencanaan dan strategi pengembangan sumber daya manusia untuk organisasi profit dan kompetitif (1st ed.). Alfabeta Press.

Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143–152. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1578

Wanasaputra, S., & Dewi, L. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Anggota Yayampek. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(4), 494–503. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/582

Yuwono, I., Suhariadi, F., Handoyo, S., Fajrianthi, Muhamad, B. S., & Septarini, B. G. (2005). Psikologi industri dan organisasi. Universitas Airlangga Press.

Zeithaml, V. A., Pasuraman, & Berry, L. L. (1990). Deliverig quality service: Balancing custumer perceptions and expetation. The Free Press.



DOI: https://doi.org/10.22146/kawistara.73481

Article Metrics

Abstract views : 1022 | views : 881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jefirstson Richset Riwukore; Tien Yustini; Fellyanus Habaora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kawistara is published by the Graduate School, Universitas Gadjah Mada.