ANALISIS PENGARUH ATRIBUT YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRODUK DAN PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS: STUDI PADA KONSUMEN PRODUK MARTHA TILAAR DI KABUPATEN BLORA
Rizellia Rizellia(1*), Sampurno Sampurno(2), Achmad Fudholi(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perusahaan harus dapat mengelola loyalitas konsumen karena menarik konsumen baru membutuhkan lebih banyak biaya dibandingkan mempertahankan konsumen lama. Atribut yang berhubungan dengan produk dan pembelian merupakan faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut yang berhubungan dengan produk dan pembelian terhadap loyalitas produk Martha Tilaar.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain survei. Data diperoleh menggunakan alat ukur kuesioner dan variabel dinilai menggunakan skala Likert. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Data dianalisis dengan regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa atribut yang berhubungan dengan produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas (koefisien beta=0,174; thitung=2,705 > ttabel = 1,980; probabilitas 0,008<0,05). Atribut yang berhubungan dengan pembelian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas (koefisien beta=0,313; thitung=4,128 > ttabel =1,980; probabilitas 0,000<0,05). Atribut yang berhubungan dengan produk dan pembelian memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap loyalitas (probabilitas 0,000<0,05). Pengaruh atribut yang berhubungan dengan produk dan pembelian terhadap loyalitas sebesar 42,3% (nilai R2=0,423).
Kata kunci: loyalitas, atribut, produk, pembelian
Full Text:
PDFReferences
Akpoyomare, O.B, Adeosun L.P.K dan Ganiyu, R.A, 2012, The Influence of Product AttributeS on Consumer Purchase Desicionin The Nigerian Food and Beverage Industry: A Study of Lagos Metropolis, American Journal of Business and Management Vol.1 No.4, 196-201.
Anonim, 2011, Laporan Tahunan 2011 (Annual Report) PT. Martina Bertho Tbk.
Bagram, M. dan Khan, S., 2012, Attaining Customer Loyalty! The Role of Consumer Attitude and Customer Behavior, International Review of Management and Bussiness Research Vol.1 Issue 1, 1-8.
Bennet, R. dan Bove, L., 2002, Identifying the Key Issues for Measuring Loyalty, Australasian Journal of Market Research, 9(2), 27-44.
Cadogan, J. W. dan Foster, B. D., 2000. Relationship Selling and Customer Loyalty: An Empirical Investigation, Marketing Intelligence and Planning, 18(4), 185-199 dalam The Influence of Brand Loyalty on Cosmetics Buying Behavior of UAE Female Consumers, International Journal of Marketing Studies Vol. 3, No. 2, 123-133.
Chiou, J. dan Droge, C., 2006, Service Quality, Trust, Specific Asset Investment and Expertise: Direct and Indirect Effects in a Satisfaction-Loyalty Framework, Journal of the Academy of Marketing Science, 34 (4), 613-62.
Dutka, A., 1994, Handbook of Customer Satisfaction, NTC Bussiness Book, Lincolnwood, Illionis
Garg, A. dan Chowhan, S.S., 2013, Customer Relationship Management in Organise Retail Sector, Global Research Analysis Volume 2 Issue 10, 67-70.
Hanif, M., Hafeez, S., dan Riaz, A, 2010, Factors Affecting Customer Satisfaction, International Research Journal of Finance and Economics, Issue 60, 44-52.
Ishak, A., 2005, Pentingnya Kepuasan Konsumen dan Implementasi Strategi Pemasarannya, Jurnal Siasat Bisnis On Marketing, 1-11.
Khan, P.I dan Tabassum, A., 2011, Service Quality and Customer Satisfaction of The Beauty-Care Service Industry in Dhaka, The Journal of Bussiness in Developing Nations Volume 12, 32-58.
Khraim, H.S, 2011, The Influence of Brand Loyalty on Cosmetics Buying Behavior of UAE Female Consumers, International Journal of Marketing Studies Vol. 3, No. 2, 123-133.
Kocoglu, D. dan Kirmaci, S., 2012, Customer Relationship Management and Customer Loyalty: A Survey in The Sector of Banking, International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 3.
Kotler, P. dan Amstrong, G., 2004, Principles of Marketing 10th Edition, Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, P. dan Keller, K.L., 2009, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Media Indonesia, 2012 “Pembukaan Pameran Obat Tradisional & Kosmetika Nasional”, Jakarta.
Nawangsari, S. dan Budiman, 2008, Kepuasan Konsumen dan Kepuasan terhadap Merk, Jurnal Psikologi Vol.1 No.2, 97-103.
Nili, M., Navabakhsh, M. dan Khosropour, A., 2013, Influence of Corporate Reputation and Brand Personality on Customer Satisfaction and Loyalty in Communication Services, Technical Journal of Engineering and Applied Sciences Vol.3(16), 1800-1808.
Sampurno, 2009, Manajemen Pemasaran Farmasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Siddiqi, K.O, 2011, Interrelations between Service Quality Attributes, Customer Satisfaction and Customer Loyalty in the Retail Banking Sector in Bangladesh, International Journal of Business and Management Vol. 6, No. 3, 12-36.
Sondoh, S.L, Omar, M.R., Wahid, N.A, Ismail, I. dan Harun, A., 2007, The Effect of Brand Image on Overall Satisfaction and Loyalty Intention in The Context of Color Cosmetic, Asian Academic of Management Journal Vol.12, No.1, 83-107
Widiarini, I., 2011, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap, Tesis, Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Zhang, Y., 2009, A Study of Corporate Reputation’s Influence on Customer Loyalty Based on PLS-SEM Model, International Business Research Vol.2 No.3, 28-35.
DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.250
Article Metrics
Abstract views : 2139 | views : 2894Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.