Akhudiat sebagai Penulis Naskah Drama Indonesia
Iga Ayu Intan Candra(1*)
(1) IAIN Ambon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Akhudiat merupakan tokoh penulis naskah drama Indonesia yang benyak memberikan kotribusi terhadap perkembangan teater. Penelitian ini mengungkapkan latar belakang kreativitas Akhudiat, yang terdiri dari kehidupan masa kanak-kanak, proses pendidikan, berkesenian dan dukungan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Cerita naratif dalam penelitian menuturkan pengalaman individual, dikumpulkan melalui beragam bentuk data, disusun secara kronologis, dianalisis, mengandung titik balik dan berlangsung di tempat dan situasi yang spesifik. Data penelitian berfokus pada tokoh Akhudiat, naskah-naskah yang dihasilkan dan motivasi berkarya yang dilakukan. Pengambilan data dilakukan dengan proses observasi dan wawancara terhadap tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses kesenian Akhudiat yaitu tokoh di Bengkel Muda Surabaya dan keluarganya. Selain itu proses pengumpulan data juga menggunakan kajian literatur berupa buku dan artikel yang berhubungan dengan Akhudiat dan proses berkaryanya.
Kata Kunci : Akhudiat, naskah drama, tokoh, teater
Keywords
Full Text:
Iga Ayu Intan Candra PDF (Bahasa Indonesia)References
Anirun, Suyatna. 1998. Menjadi Aktor. Bandung: PT Rekamedia Multiprakarsa. Akhudiat. 2014. Antologi 5 Lakon Akhudiat. Lamongan : Pagan Press Aliakbari, H & F. Pourgiv .(2006). Harold Pinter: The Absurdist-Existentialist Playwright. Journal of Social Science & Humanities of Shiraz .23(1) Spring (SER. 46) Arisona, Nanang. (2010). Ragam dan Makna Bahasa dalam Lakon Kintir. Jurnal Resital 11(2), 133-140. Arovah tak senang pada pandangan Mono Kultur [Arovah did not like the view of Monoculture].( 1974, 21 Nopember). Harian Merdeka,p.1 Budjono, Bambang. (1980, Maret 29). Brecht Yang Penuh Tawa – Pementasan ”Lingkaran Keadilan” oleh Bengkel Muda Surabaya. Majalah Tempo Creswell, Jhon W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni.Bandung : PT Kiblat Buku Utama Dewojati, Cahyaningrum.2012.Drama (Sejarah, Teori, dan Penerapannya). Yogyakarta : Javakarsa Media. Nas, Peter J. M. 2009. Masa Lalu dalam Masa Kini : Arsitektur di Indonesia. Jakarta : Gramedia Darban, A. Adaby.(2007).Mengungkap Biografi Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Jurnal Humaniora .19(2). Dwi R, Belinda. (2015). Jenny Lee : Keramikus dan Pendidik Seni Keramik di Surabaya(tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya. Dramawan-dramawan Empat Kota Berkumpul di TIM [Four-Town playwrights are gathering at TIM] .(1971, 25 Februari). Harian Kompas, p. 8 Egri, Lajos. 1942. The Art of Dramatic Writing : Its basis in the creative interpretation of human motive. New York : Touchstone Rocafeller Center Fajar, Yusri. (2017). Puitika dan Isu-isu mutakhir dalam Naskah Drama Akhudiat (Handout). Surabaya, DKJT : Membaca Akhudiat. Furchan, Arief, dkk. 2015. Studi Tokoh : Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Ganap,Victor. (2011). Ketulusan Perempuan Sebagai Pendidik Seni . Jurnal Artistika. 1(1). Goble, Frank G. 1987. Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta : Kanisius. Gould, Eric, Robbert Di Yanni, dan William Smith. 1989. The Educated Child. New York : Free Press Grotowski, Jerzy. 1975.Towards a Poor Theatre.London: Eyre Metheun Ltd. Hallam, Elizabeth and Tim Ingold. (2007).Creativity and Cultural Improvisation. Oxford : Berg. Hamalik, Oemar. 2006. Teknologi dalam Pendidikan. Bandung : Yayasan Partisipasi Pembangunan Indonesia. Harahap, Syahrin.2014. Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Studi tokoh Jakarta : Prenadamedia Group. Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung : PT. Rosda Karya Iswantara, Nur. (2015). Proses Kreatif Teater Garasi Yogyakarta dalam Pertunjukan Lakon Waktu Batu (disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. .(2001). Sri Murtono (1916-1986) Seorang seniman teater Indonesia (Sebuah biografi) (tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Jazuli, M. 2000. Mitos dan Posisi Seniman dalam Era Globaliasi. Jurnal Harmonia .1(1) Kaswadi. (2015) .Naskah-Naskah Drama Karya Akhudiat Perspektif Ekologi Budaya (disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya. Kernodle, George dan Portia Kernodle. 1978. Invitation to the Theatre, second edition, New York: Harcourt, Brace & World, Inc. Laksono, Tri Joko.(2008). Menelusuri Karya dan Karsa Manthous Sebaga Seniman dan Pencipta Campursari. Jurnal Resital 9 (2). Mawardi, Amang. (2017). “Feminisme” Nawang Wulan, Kritik Sosial, dan Jejak Sejarah (Handout). Surabaya, DKJT : Membaca Akhudiat. Mitter, Shomit. 2002.Stanislavski, Brecht, Grotowski, Brook: sistem pelatiha aktor. Yogyakarta: MSPI dan arti. Moeljadi, Pranata. 2011. Spektrum Kreativitas. Malang : Universitas Negeri Malang Munandar, Utami. 1978. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia. Ngasiran, Riadi. (2017, July 16). Konflik Panggung Akhudiat. Jawa Pos, p.4. Rahayuningtiar, Titis. (2012). Penciptaan Naskah Drama Narcissus Berdasarkan Mitologi Yunani. Jurnal Resital .13(2) ,127-138 Ratna, Nyoman Kutha.2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Imu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Raho, Bernard. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta ; Pestasi Pustaka. Riantiarno, Nano. 2011. Kitab Teater. Jakarta : Grasindo. Sternberg, Robert J. dan Todd I. Lubart. 1999. “The Concept of Creativity: Pros- pects and Paradigsm,” dalam Robert J. Sternberg, ed. Handbook of Creativity. New York: Cam- bridge University Press. Sahid, Nur. 2004. Semiotika Teater. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia . 2008. Sosiologi Teater. Yogyakarta : Pratista . (2010). Theatre Performance Communication from The perspective of Theatre Semiotics. Jurnal Humaniora. 25 (1),50-57. Sari, Mey Kartika. (2015). Biografi Tri Broto Wibisono, Konsep dan Pandangan Terhadap Seni Tari .APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan 1(7) Sasongko, Setiawan G.2012. Menyelamatkan Sejarah Hidup. Klaten : Pustaka Wasilah Sitorus, Eka D. 2002.The Art of Acting: Seni Peran Untuk Teater, Film & TV, Jakarta: Gramedia. Soedarso.2006. Trilogi Seni ; Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. BP ISI :Yogyakarta Somanto, C. Soebakdi.(2001). Makna Kehadiran Lakon Waiting for Godot Karya Samuel Beckett di Amerika dan di Indonesia : Suatu Studi Banding (disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Sugihastuti. (2006). Pahlawan nasional Tjilik Riwut : Sebuah Biografi. Jurnal Humaniora 18(3). Sumardjo, Jacob. 2000. Filsafat Seni. Bandung : ITB Sumardjo, Jacob. 1992.Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung : PT Citra Aditya Bakti. Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Perkasa Rajawali. Usman, Sunyoto. 2012. Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Winkel W.S & Sri Hastuti.2005. Bimbingan dan Konseling di Insttusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo. Winner, Ellen.1982. Invented Worlds: The Psychology of the Arts. London : Harvard University Press Yudiaryani. 2002. Panggung Teater Dunia: Perkembangan dan Perubahan Konvensi,Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli. . 2015. WS Rendra da Teater Mini Kata. Yogyakarta : Galang Press. Yusril.(2012). Kreativitas dan Imajinsi Sutradara Membangun Peristiwa Teater Menunju Ruang Publik. Jurnal Ekspresi Seni 14 (1). Yusuf Lubis, Achyar. 2014. Filsafat Ilmu : Klasik Hingga Kontemporer. PT Raja Grafindo Persada Jakarta Yusuf Lubis, Achyar. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer. PT Raja Grafindo Persada Jakarta Yoesoef, Mohamad. (2013). Struktur tekstur dan intertekstualitas dalam sastra drama karya Akhudiat (disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Indonesia, Depok. Yohanes, Benny. (2012). Transformasi Tradisi dalam Teater Piktografik Putu Wijaya. Jurnal Panggung 22 (4). Zaki, Rusdi. (20170. Absurdiat(Handout). Surabaya, DKJT : Membaca Akhudiat.
DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.53727
Article Metrics
Abstract views : 3484 | views : 5793Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kajian Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.