Pengaruh Pelatihan Ultrasonografi terhadap Tingkat Pengetahuan Residen Obstetri dan Ginekologi mengenai Keamanan Penggunaan Ultrasonografi Obstetri
Suryani Puspa Dewi(1*), Rukmono Siswishanto(2), Djaswadi Dasuki(3)
(1) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(2) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(3) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan: Untuk mengetahui perbandingan tingkat pengetahuan residen Obgin mengenai keamanan penggunaan USG obstetri di RSUP Dr. Sardjito antara yang sudah dan belum mengikuti pelatihan USG.
Metode: Kuasi eksperimen dengan desain Post Test Only. Subyek penelitian adalah seluruh residen Obgin FK-KMK UGM yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data melalui pengisian kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai bioeffects dan safety index pemeriksaan USG obstetri.
Hasil dan Pembahasan: Subyek penelitian terdiri dari 64 subyek yang sudah mengikuti pelatihan USG dan 24 subyek yang belum mengikuti pelatihan USG. Seluruh subyek yang belum mengikuti pelatihan memiliki klasifikasi pengetahuan kurang. Dan dari 64 subyek yang sudah mengikuti pelatihan hanya 1 subyek yang memiliki pengetahuan baik (1,56%), 14 subyek dengan pengetahuan cukup (21,87%), dan sisanya dengan pengetahuan kurang (76,56%). Dari analisis tidak ditemukan perbedaan yang bermakna diantara kedua kelompok tersebut (p=0,29).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan mengenai keamanan penggunaan USG obstetri antara residen Obgin yang sudah dan belum mengikuti pelatihan ultrasonografi.
Kata kunci: Ultrasonografi; bioeffects; safety index; pengetahuan; pelatihan ultrasonografi; residen Obstetri dan Ginekologi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
- Abramowicz JS. Benefits and risks of ultrasound in pregnancy. Semin Perinatol. 2013;37(5):295–300.
- Sheiner E, Vardi IS, Abramowicz JS. What do clinical users know regarding safety of ultrasound during pregnancy? J ultrasound Med. 2007;26(3):319–25; quiz 326–7.
- Abuhamad A, editor. Ultrasound in Obstetrics and Gynecology: A Practical Approach. First Edit. 2014. 24-28 p.
- Maršál K. The output display standard: Has it missed its target? Ultrasound Obstet Gynecol. 2005;25(3):211–4.
- Custers EJFM. Long-term retention of basic science knowledge: a review study. Adv Health Sci Educ Theory Pract. 2010;15:109–28.
- Purnamawati Y. Pengaruh pembelajaran berorientasi retensi terhadap kemampuan koneksi siswa. UIN Syarif Hidayatullah; 2011.
- Wawan A, Dewi M. Teori & Pengukuran Pengetahuan, sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.
- Ebbinghaus H. Memory: A Contribution to Experimental Psychology. Ann Neurosci. 2013;20(4):155–6.
- Lipson MY. Learning new information from text: The role of prior knowledge and reading ability. J Lit Res. 1982;14(3):243–61.
DOI: https://doi.org/10.22146/jkr.41409
Article Metrics
Abstract views : 3045 | views : 24876Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SEKRETARIAT JURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
Departemen Obstetri dan Ginekologi, FK-KMK, UGM/RS Dr. Sardjito
Jl. Kesehatan No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Tlp: (0274) 511329 / Faks: (0274) 544003
Email: jurnal.kesehatanreproduksi@ugm.ac.id
Cp: Dwi Astuti +6281802698043