Client Satisfaction After Family Planning Counseling by Trained Medical Students
Shinta Prawitasari(1*), Diannisa I E Sangun(2), Muhammad Nurhadi Rahman(3), Ova Emilia(4)
(1) Departemen Obstetri Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM
(2) Departemen Obstetri Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM
(3) Departemen Obstetri Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM
(4) Departemen Obstetri Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang: Program keluarga berencana mengalami tren penurunan di Indonesia dikarenakan adanya kendala pengetahuan, hambatan budaya, dan ketidakpuasan klien terhadap efek dari penggunaan alat kontrasepsi. Konseling keluarga berencana oleh penyedia layanan kesehatan memainkan peran yang penting dalam memberikan informasi mengenai metode program keluarga berencana.
Tujuan: Mengetahui kepuasan klien terhadap konseling keluarga berencana yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran yang telah dilatih.
Metode: Penelitian ini merupakan pre-experiment design with posttest only. Dua puluh lima mahasiswa kedokteran yang mengikuti progam ditugaskan untuk memberikan konseling keluarga berencana kepada klien program keluarga berencana di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Modifikasi kuisioner dari William dkk digunakan untuk menilai kepuasan klien. Analisis deskriptif dilakukan dengan program SPSS versi 21.
Hasil dan Pembahasan: Dari 69 klien yang mendapatkan pelayanan,secara umum lebih dari 97% klien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan kecuali pada poin waktu tunggu dimana ketidakpuasan klien 11,8%. Kepuasan pada poin merasa dihormati, durasi konseling, metode pemberian informasi, kesempatan bertanya, dan kesesuaian antara informasi yang dibutuhkan dengan yang diberikan mencapai 98,5-100%.
Kesimpulan: Sebagian besar klien merasa puas dengan konseling yang diberikan oleh mahasiswa kedokteran.
Kata kunci: kepuasan, keluarga berencana, konseling, mahasiswa kedokteran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indonesian Medical Council, Indonesian physician competency standard, 2012. Nasr EH, Hassan HE. 2016. “Association between quality of family planning services and client’s satisfaction level in maternal and child health centers in Port Said city”. Journal of Nursing Education and Practice. 6(1): 85-99. Williams T, Schutt-Ainé J, and Cuca Y. 2000. “Measuring family planning service quality through client satisfaction exit interviews”. International family planning perspectives. 26(2):63–71. Kaoje UA, Sambo MN, Oche MO, Saad A, Raji MO and Isah BA. 2015. “Determinants of client satisfaction with family planning services in government health facilities in Sokoto”. Northern Nigeria Sahel medical Journal. 18(1): 20-26.
DOI: https://doi.org/10.22146/jkr.36199
Article Metrics
Abstract views : 1940 | views : 1697Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Reproduksi
SEKRETARIAT JURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
Departemen Obstetri dan Ginekologi, FK-KMK, UGM/RS Dr. Sardjito
Jl. Kesehatan No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Tlp: (0274) 511329 / Faks: (0274) 544003
Email: jurnal.kesehatanreproduksi@ugm.ac.id
Cp: Dwi Astuti +6281802698043