Desain Pengembangan Potensi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Bahari dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah (Studi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo)

https://doi.org/10.22146/jkn.77943

Idris Yanto Niode(1*), Endi Rahman(2)

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


 

 

               Penelitian ini mempunyai tujuan untuk merumuskan desain pengembangan potensi UMKM berbasis ekonomi kreatif dan pariwisata bahari sebagai sektor unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

               Pendekatan pada kajian ini memakai pendekatan Mix Method Eksploratory dimana untuk penguatan analisis kuantitatif memakai statistik deskriptif. Adapun subjek pada kajian ini ialah Pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango, Dinas Perindag dan UMKM Kabupaten Bone Bolango, Kelembagaan pariwisata, BUMN/BUMS, Universitas, Media, UMKM Kreatif, Wisatawan, Praktisi UMKM dan Perusahaan (Non Perbankan).               Pengumpulan data memakai metode Focus Group Discussion (FGD), penyebaran angket, wawancara terbuka dan terstruktur serta observasi. Analisis data untuk kualitatif memakai pendekatan Miles dan Huberman dan untuk kuantitatif memakai analisis SWOT, Analisis Peran Stakeholder dan analisis Analytical Hierarchy Process (AHP).

              Hasil kajian menunjukkan jika desain pengembangan potensi UMKM berbasis ekonomi kreatif dan pariwisata bahari sebagai sektor unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menghasilkan suatu model intergrasi dan optimalisasi yakni “Pogambango-Hepta Helix Model (PHHM)” yang merupakan model pengembangan dengan langkah konsistensi untuk melakukan integrasi dan optimalisasi produk utama pariwisata dan produk kreatif yang dipadukan dengan kearifan local. Adapun 7 (tujuh) pihak yang berkepentingan dilibatkan dalam “Pogambango Hepta Helix Model (PHHM)” yakni pemerintah yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Dinas Perindag & UMKM (Regulator), komunitas kelembagaan pariwisata (Accelarator), Universitas (Conseptor), BUMN/BUMS (Enabler/Creditur), UMKM Kreatif (Creator/Designer), Media (Catalisator) dan Wisatawan (Afiliator). Desain pengembangan potensi UMKM berbasis ekonomi kreatif dan pariwisata bahari sebagai sektor unggulan daerah di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo bisa dioptimalkan melalui strategi integrasi dan optimalisasi produk utama pariwisata dan produk kreatif yang dipadukan dengan kearifan lokal Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Berbagai upaya tersebut telah  menciptakan ketahanan ekonomi wilayah dalam bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

           


Keywords


UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif, Pariwisata Bahari, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF


References

Abidin, Ali Zaenal dan Moh. Budi Dharma, 2017, Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional, hh. 461-475. <http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/786>

Anomsari, Ariati; Lilis Setyowati, dan Ana Kadarningsih, 2013, Peningkatan Dan Pemberdayaan Strategi Untuk Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Melalui Program Pengembangan Dan Pelatihan Departemen Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Jawa Tengah. J & P Jurnal Sustainable Competitive Advantage (SCA). <http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/248>

Ariani dan Mohamad Nur Utomo, 2017, Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 13, No. 2, September 2017, hh. 99-118. <https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55>

Batilmurik, R. W., dan H.A. Lao, 2016, Pengembangan model ekonomi kreatif bagi masyarakat di daerah objek wisata bahari kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), Vol. 1, No. 1, hh. 1-11.

David, Fred R. dan Forest R. David, 2017, Strategic Management. Ichsan Setiyo Budi (Penterjemah). Manajemen Strategi, Jakarta: Salemba Empat.

Fathurahman, H., dan M. Huseini, 2018, Mapping of regional economic potential based on creative economy to support creation of regional competitiveness. KnE Social Sciences, hh. 310-332.

Florita, Aina; Jumiati, dan Adil Mubarak, 2018, Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah oleh Dinas Koperasi dan Umkm Kota Padang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol.1 No.1, hh.143-153

Friliyantin, T., A.V.S.Hubeis, dan A. Munandar, 2011, Strategi Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil Sektor Wisata Bahari di Pulau Kecil (Studi Kasus Pulau Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, Vol. 6, No. 1, hh. 55-63.

Hanoatubun, Silpa, 2020, Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Phisicologu and Counseling, Vol. 2 No. 1.

Haryadi, 2016, Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah, Yogyakarta: Gajah Mada University Pres.

Indrajaya, T., M.F. Cahyandito, K. Wiweka, P.P. Adnyana, 2019, The development of creative industry strategies as a tourist attraction in Banten Province, Indonesia. Journal of Economics, Management and Trade, Vol. 201922, No. 5, hh. 1-10.

Jumardito, B., 2022, Strategi Pemasaran Objek Wisata Bahari Pantai Tanjung Siambang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjung Pinang. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, Vol. 2, No. 3, hh. 137-141.

Muawanah, U., R. Triyanti, R., P.A. Soejarwo, 2020, Dampak Ekonomi Wisata Bahari Di Kabupaten Alor. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Vol. 15, No. 1, hh. 33-46.

Nababan, B. O. Pi. S., T. Kusumastanto, L. Adrianto, A. Fahrudi, 2020, Analisis ekonomi alat penangkapan ikan arad di Pantai Utara Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Vol. 15, No.1, hh. 1-14.

Niode. I. Y dan H. Raflin, 2020, The Determinant of The Improvement of Sales Volume by Small Medium Enterprises That Sell Processed Food in Gorontalo Regency. Journal of Community Development In Asia JCDA). Vol. 2 No. 2, <http://www.ejournal.aibpm.org/index.php/JCDA/article/view/814>

Nufus, Evita Hayatun, Idah Zuhroh, dan Muhammad Sri Wahyudi, 2021, Analysis of COVID-19 Impact on Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) Credit Distribution in East Java Banks. Journal of Accounting and Investment Vol. 22 No. 2

Nugraha, H. S., R.J. Amaruli, dan Darwanto, 2017, Potensi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Daerah. Jurnal Dialektika Publik, Vol.2, No. 1, hh. 30-43.

Nugraha, Hari Susanta Rabith Jihan Amaruli, dan Darwanto, 2017, Potensi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Dan Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Daerah. Jurnal Dialektika Publik, Vol. 2, No. 1, hh. 30-43. <https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/dialektikapublik/article/view/225>

Ohorella, N. R., dan E. Prihantoro, 2021, Pengembangan Branding Pariwisata Maluku Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Komunikasi, Vol. 16, No. 1, hh. 89-99.

Permatasari, Maurisia Putri dan Annysa Endriastuti, 2020, Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Bagi Umkm Di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), Vol. 4, No. 1 Tahun 2020, hh. 91-99. <https://e-journal.unair.ac.id/jlm/article/view/20348>

Primadini, R., dan M. Arrazy, 2021, Ekonomi Kreatif Sebagai Potensi Ekonomi Kota Padang Panjang Di Masa New Normal. JEpa, Vol. 6, No. 2, hh. 579-585.

Saturwa, Henry Nosih; Suharnob; Abdul Aziz Ahmad, 2021, The impact of Covid-19 pandemic on MSMEs. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 24, No. 1 April 2021, hh. 65 – 82.

Shinozaki, Shigehiro dan N. Rao Lakshman, 2021, Covid-19 Impact On Micro, Small, And Medium-Sized Enterprises Under The Lockdown: Evidence From A Rapid Survey In The Philippines. ADBI Working Paper Series

Sinuraya, J., 2020, Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Pros. Semin. Akad. Tah. Ilmu Ekon. dan Stud. Pembang, 160.

Supriyanto, 2016, Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 3, No,1, hh.1-16. <https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/627>

Sutrisno, E., 2021, Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM Dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI, Vol. 9, No. 1, hh. 641-660.

Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi

Suwena, I Ketut dan I Gusti Ngurah Widyatama, 2017, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Bali: Udayana University Press

Syamsari, S., M.S. Maarif, E. Anggraeni, dan S. Amanah, 2022, Characteristics of Fishery Industry MSMEs in Takalar Regency that are Resistant to Interferences in Uncertainty Era. Journal of Social Science, Vol. 3, No. 4, hh. 851-863.

Tegar, D., dan R.O.S. Gurning, 2018, Development of marine and coastal tourism based on blue economy. International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, Vol. 2, No. 2.

Triyanti, R., U. Muawanah, N. Kurniasari, P.A.Soejarwo, dan T. Febrian, 2020, Potensi pengembangan ekowisata bahari berbasis masyarakat adat sebagai kegiatan ekonomi kreatif di kampung Malaumkarta, Papua Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, Vol. 15, No. 1, hh. 93-105.

Tuloli, Nani, 1993. Cerita Rakyat Kepahlawanan Gorontalo. Gorontalo: STKIP Gorontalo

Wahyuningsih, S., dan D. Satriani, 2019, Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol. 8, No. 2, hh. 195-205.

Yoeti, Oka A., 2013, Tours and Travel Marketing. Jakarta: Penerbit Pradnya Paramita.

Yuniawati, Putri Shinta, dan Wiwin Widiasih, 2019, Usulan Strategi Mitigasi Risiko UMKM Handycraft di Sentra UKM Purabaya. Jurnal Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.77943

Article Metrics

Abstract views : 4461 | views : 4109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats