Media Baru sebagai Sarana Promosi Taman Lazuardi dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Ekonomi Masyarakat Desa Susukan

https://doi.org/10.22146/jkn.69138

nuryanti nuryanti(1*), S. Bekti istiyanto(2), Agoeng Noegroho(3), Shinta Prastyanti(4), Agus Ganjar Runtiko(5), adinna Islah Perwita(6)

(1) "Universitas Jenderal Soedirman"
(2) "Universitas Jenderal Soedirman"
(3) "Universitas Jenderal Soedirman"
(4) "Universitas Jenderal Soedirman"
(5) "Universitas Jenderal Soedirman"
(6) "Universitas Jenderal Soedirman"
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

 

 

In the era of the second new media, where technology is very fast and reaches a wider audience, new media has become a mandatory choice as a means of promotion for the world of business, industry, and even education. One of the BUMDES efforts to increase village income is to build village parks. The emergence of village parks simultaneously makes the competition more intense, therefore a strategy is needed on how to utilize new media so that the results are maximized. One of the village parks that is currently being promoted to attract more residents is the Lazuardi Park located in Susukan Village, Sumbang, Banyumas. This study will look at how the strategy of using new media is carried out by the Susukan BUMDES for community empowerment and increasing the number of visitors to Lazuardi Park, so that it can strengthen the economic resilience of rural communities.

This research was conducted in Susukan Village Park, Sumbang, Banyumas using descriptive qualitative research methods, using data collection techniques in the form of FGDs, in-depth interviews, and literature studies.

The results showed that the promotion carried out by the manager of Lazuardi Village park was by utilizing social media, namely fb, instagram, and websites. The efforts made by the manager of Lazuardi Park are one of the efforts to increase the economic resilience of Susukan Village, including by diversifying promotions, improving infrastructure, managing human resources and funding.

    Keywords: New Media, Promotion, BUMDes, Village Park, Economic resilience

 

ABSTRAK

 

Pada masa era media baru kedua, dimana teknologi bersifat sangat cepat dan menjangkau khalayak lebih luas, media baru menjadi pilihan wajib sebagai sarana promosi bagi dunia bisnis, industri, bahkan pendidikan. Salah satu usaha BUMDES untuk menambah pendapatan desa adalah dengan membangun taman desa. Kemunculan taman desa yang secara serentak membuat persaingan semakin ketat, oleh karena itu diperlukan sebuah strategi bagaimana memanfaatkan media baru sehingga hasilnya maksimal. Salah satu taman desa yang saat ini sedang melakukan promosi agar dikunjungi banyak warga adalah taman Lazuardi yang berada di Desa Susukan, Sumbang, Banyumas. Penelitian ini akan melihat bagaimana strategi pemanfaatan media baru yang dilakukan oleh BUMDES Susukan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan jumlah pengunjung taman Lazuardi, sehingga bisa menguatkan ketahanan ekonomi masyarakat desa.

Penelitian ini dilakukan di Taman Desa Susukan, Sumbang, Banyumas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa FGD, wawancara mendalam, dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh pengelola taman Desa Lazuardi adalah dengan memanfaatkan media sosial, yaitu fb, instagram, dan website. Upaya yang dilakukan oleh pengelola taman Lazuardi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi Desa Susukan, diantaranya adalah dengan diversifikasi promosi, perbaikan infrastruktur, pengelolaan SDM dan pendanaan.

 Kata Kunci: Media Baru, Promosi, BUMDes, Taman Desa, Ketahanan ekonomi

 


Keywords


media baru, promosi, BUMDes, Taman Desa, Ketahanan ekonomi

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA

Fuad, M., 2006, Pengantar Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Holmes, D., 2005, Communication Theory: Media, Technology and Society, California: Sage Publications.

Marlinah, L., 2017, "Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi kreatif", dalam Jurnal Cakrawala - Jurnal Humaniora, Vol. 17 No. 2, hh. 258–265. Diakses di .

Miles, M. B. dan Huberman, A. M., 1994, Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UI Press.

Moleong, J. L., 2000, Metode Penelitian Kualitatif Cetakan ke-12, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, B., 2016, "Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi pada Gerakan Desa Membangun)", dalam Jurnal Risalah, Vol 27 No 2, hh. 62–67.

Mulyana, D., 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuryanti, Subejo, Witjaksono, R., dan Fathoni, M., 2019, "Village Official Website and Inclusive Communication Approach in Empowerment of Villagers in Susukan Banyumas Central Java, Indonesia", dalam Jurnal IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Vol. 255 No 1. Diakses di .

Nuryanti, Subejo,dan Guntoro, Budi., 2018, Bentuk Dan Mekanisme Pemberdayaan Oleh Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Guna Mendukung Ketahanan Ekonomi Petani Tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 24, No. 3, Desember 2018, Hal 374-388 dapat di akses di

Rangkuti, F., 2009, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, Amelia S. K., 2014, "Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa", dalam Jurnal Rural and Development, Vol. V No. 1, hh. 1–14.

Sukoco, A., 2017, "Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Kebuh Buah Mangunan", Skripsi, Yogyakarta, UN Yogyakarta, 549, hh. 40–42.

Wahid, U., 2016, Komunikasi Politik Teori Konsep dan Aplikasi pada Era Media Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wibowo, T..E., 2020, Pembangunan Ekonomi Pertanian Digital Dalam Mendukung Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Sleman: Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta) Ekonomi, JURNAL KETAHANAN NASIONAL Vol. 26, No. 2, Agustus 2020, Hal 204-228, dapat diakses di

Wulandari, P. K., 2017, "Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)", dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 23 No. 3. Diakses di .



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.69138

Article Metrics

Abstract views : 1765 | views : 1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 nuryanti nuryanti, S. Bekti istiyanto, Agoeng Noegroho, Shinta Prastyanti, Agus Ganjar Runtiko, adinna Islah Perwita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats