Strategi Pembentukan Ketahanan Pribadi Siswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Kesadaran Bernegara (Studi Di SMA Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah)
Diyah Kartika Dewi(1*), Sunarso Sunarso(2)
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the strategy of forming student’s personal resilience based on Pancasila values to build state awareness in Taruna Nusantara High School. This research uses a qualitative approach to the type of case study. Determination of the subject using a purposive technique. Data collection using observation and interview. The data analysis component uses interactive models while the validity of the data uses member check. The results showed that there were several strategies in the formation of personal endurance based on Pancasila values to build state awareness in Taruna Nusantara High School, namely (1) acculturation of Pancasila values through school culture using the exemplary and participatory approach of all school members, (2) carrying out project activities and, (3) the teacher carries out innovative learning. The formation of self-defense based on Pancasila values is important because it can produce a strong personality, nationalistic spirit, and be able to restore national identity.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembentukan ketahanan pribadi berbasis nilai-nilai Pancasila untuk membangun kesadaran bernegara di SMA Taruna Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Komponen analisis data menggunakan interactive models sedangkan keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi dalam pembentukan ketahanan pribadi berbasis nilai-nilai Pancasila untuk membangun kesadaran bernegara di SMA Taruna Nusantara, yaitu (1) pembudayaan nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah dengan menggunakan pendekatan keteladanan dan partisipastif dari semua warga sekolah, (2) melaksanakan kegiatan terproyek dan, (3) guru melaksanakan pembelajaran yang inovatif. Pembentukan ketahanan diri siswa berbasis nilai-nilai Pancasila penting untuk dilakukan karena dapat menghasilkan pribadi yang tangguh, berjiwa nasionalis, dan mampu mengembalikan jati diri bangsa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, P 2016, ‘Pembudayaan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat sebagai modal dasar pertahanan nasional NKRI’. Unikama:.Jurnal moral kemasyarakatan.. vol 1, no. 1. Hh. 37-50.
Amir, S 2013, ‘Pancasila as integration philosophy of education and national character’. International journal of scientific & technology research, vol 2, no. 1, hh. 54-57.
Arif, S 2019, ‘Pancasila, Soekarno dan krisis sintesa bangsa’. Kompas.com, 31/5. https://nasional.kompas.com
Asmaroini, A,P 2017, ‘Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapanya bagi masyarakat di era globalisasi’. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, vol 1, no. 2, hh 50-64.
Asshiddiqie 2011, ‘Membudayakan nilai-nilai Pancasila dan kaedah-kaedah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945’. Jimly.com: Kongres Pancasila III, hh 33-47.
Aushop, A, Z 2014, ‘Islamic character building: membangun insan kamil, cendekia berakhlak qurani’. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Budiwibowo, S 2016, ‘Revitalisasi Pancasila dan bela negara dalam menghadapi tantangan global melalui pembelajaran berbasis Multikultural’. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, vol 4, no. 2, hh 565-585.
Creswell, J, W 2013, ‘Research design – qualitative, quantitative, and mixed methods approaches’. 4 ed. SAGE Publications, Inc.
Edwards, S 2018, ‘Youth movements, citizenship and the English countryside: creating good citizens’. Palgrave Macmillan. ISBN: 978-3-319-65156-9,978-3-319-65157-6
Elsam 2014, ‘Referensi HAM’. https://referensi.elsam.or.id
Hafsah 2013, ‘Strategi pembudayaan nilai-nilai Pancasila di bidang pendidikan dan budaya dalam perspektif ke-indonesia-an’. Prosiding Kongres Pancasila V 2013, hh. 2.
Haryati, S 2018, ‘Konstruksi isu aktual bidang ketahanan nasional untuk pengembangan isi pendidikan kewarganegaraan persekolahan’. Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 24, no. 3, hh.342-353.
Hidayat, F 2017, ‘Pancasila: perspektif pendiri RI dan problematikanya’. Bekasi: STBA Pertiwi (Personal archive).
Julkifli, J, Masrukhi, M, and Susilaningsih, E 2020, ‘Learning strategy of Pancasila and citizenship education on students’ character development’. Journal of Primary Education, vol. 9, no. 1. hh. 14-21.
Koesoema, D 2010, ‘Pendidikan karakter integral’. Kompas.com, 11/2.
Latif, Y 2018, ‘Wawasan Pancasila: bintang panuntun untuk pembudayaan’. Yogyakarta: Penerbit Mizan.
Mahfud 2013, ‘Pancasila bawa Indonesia selamat dari krisis global’. Kompas.com, 27/2. https://nasional.kompas.com.
Martoredjo, N,T 2016, ‘Building character through Pancasila values to sovereign nation’. Jurnal humaniora 7. vol. 7, no. 1, hh 116-121.
Milles, MB., Huberman, AM. And Saldaña, J 2014, ‘Qualitative data analysis: A methods sourcebook’. Thirds editions. SAGE publications.
Normansyah, A,D 2018 ‘Educational management of children nations of culture Pancasila basic primary school in high class’. International conference: character building through pricesly international education. FKIP Unpas vol. 1, no. 1. hh.72-75.
Nugrahani, F 2014, ‘Metode penelitian kualitatif dalam penelitian bahasa’. Surakarta: Cakra.
Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas 2010, ‘Panduan pendidikan karakter’. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Pusat Kurikulum 2019, ‘Penguatan pembelajaran nilai dan moral Pancasila’, Jakarta: Balitbang.
Pratomo, Y 2013, ‘Presiden SBY sedih masih banyak terjadi konflik horizontal’. Kompas.com, 11/12
Radarsemarang.id. 2019, ‘Siswa non muslim ikut menyumbang hewan qurban’. 11/8.
Ryacudu, R 2019, ‘Tidak ada kamusnya Pancasila diganti ideologi lain’. Kompas.com, 12/8. https://nasional.kompas.com.
Sani, R,A 2016, ‘Penilaian autentik’. Jakarta: Bumi aksara. ISBN 978-602-217-577-3.
Siswoyo, D 2013, ‘Philosophy of education in Indonesia: Theory and thoughts of institutionalized state (PANCASILA)’. Asian Social Science, vol. 9, no. 12, hh 136.
Stenius, Kerstin., Mäkelä, Klaus., Miovský, Michal., & Gabrhelík, Roman 2017, ‘How to write publishable qualitative research’. Ubiquity press. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/j.ctv3t5qxw.14
Subianto, J 2013, “Peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas’, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2.
Susatyo, B 2019, ‘Pentingnya penanaman ideologi Pancasila bagi generasi muda’. Kompas.com, 13/9. https://nasional.kompas.com .
Tjiptabudy, J 2010, ‘Kebijakan pemerintah dalam upaya melestarikan nilai-nilai Pancasila di era reformasi’. Jurnal Sasi, vol. 16, no. 3.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Veugelers, W 2018, ‘Moral and citizenship education in 21st century: The role of parents and the community’. In character education for 21st century global citizens: proceedings of the 2nd international conference on teacher education and professional development (INCOTEPD 2017), October 21-22, 2017, Yogyakarta, Indonesia, hh. 3.
Wahana, H, D 2015, ‘Pengaruh nilai-nilai budaya generasi millennial dan budaya sekolah terhadap ketahanan individu (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta)’. Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 21, no. 1, hh. 14-22. https://doi.org/10.22146/jkn.6890
Wibowo, Y 2010, ‘Bentuk-bentuk pembelajaran outdoor’. Yogyakarta: FPMIPA UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132302517/pengabdian/Bentuk-bentuk+pembelajaran+outdoor.pdf
Widayanti, W.P., Armawi, A. and Andayani, B 2018, ‘Wawasan kebangsaan siswa sekolah menengah atas dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa (Studi pada siswa sekolah menengah atas (SMA) umum berasrama berwawasan nusantara, SMA umum di lingkungan militer dan SMA umum di luar lingkungan militer di kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah)’. Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 24, no. 1, hh.1-26.
Wisudo, B, Subkhan, E, Paat, L, F, Paat, J, P, Haryanto, Y, dan Jiwa, V, D 2012, ‘Pancasila yang mencerdaskan. Sekolah tanpa batas’. Jakarta: Yayasan Tifa. www.sekolahtanpabatas.or.id.
DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.53132
Article Metrics
Abstract views : 4277 | views : 7700Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Diyah Kartika Dewi, Sunarso Sunarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats