Demokrasi Sebagai Sarana Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

https://doi.org/10.22146/jkn.22972

Koento Wibisono Siswomiharjo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Membahas tema tentang demokrasi menghadapkan kita pada suatu kompleksitas permasalahan yang klasilk, funda­mental, namun tetap aktual. Betapa tidak. Dikatakan klasik karena masalah demokrasi sudah menjadi fokus perhatian dalam wacana flsafati semenjak zaman Yunani Kuno, dan telah diterapkan di polish Athena. Fundamental karena hakikat demokrasi menyentuh nilai-nilai dasar kehidupan tentang apa dan bagaimana sistem kehidupan itu akan dipergunakan di mana manusia sendiri yang menjadi subjek dan sekaligus dijadikan objeknya. Aktual karena dewasa ini demokrasi menjadi dambaan setiap bangsa dan negara untuk menerapkannya; tidak ketinggalan kita bangsa Indonesia dalam era reformasi ini, melalui berbagai tuntutan dan gerakan berupaya untuk "meluruskannya" yang selama Orde Baru demokrasi telah terdistorsi karena dimanipula­sikan oleh pemerintahan yang otoriter

Full Text:

PDF


References

Baechler, Jean, 1995, Democracy an Analytical Survey, di

terjemahkan oleh Bern. Hidayat, menjadi Demo¬krasi Sebuah Tinjauan Analitis, Kanisius, Yogya¬karta.

Burr, John, R., et al. (eds), 1976. "Democracy and Society" dalam Philosophy and Con¬temporary Issues, Second Edition, Collier Macmillan Publisher, London.

Sastrapratedja, M.S.J., 2001, Pan¬casila sebagai Visi dan Re¬ferensi Kritik Sosial, Pener¬bitan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

, 2001, Pendidikan se

bagai Humanisasi, Pener¬bitan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Siswomihardjo, Koento Wi¬bisono, 2000, "Supremasi Hukum dalam Negara Demokrasi Menuju Indo¬nesia Baru (Kajian Filosofis)" dalam Wajah Hukum di Era Reformasi, Citra Aditya Bakti, Band¬ung.

UNESCO, 1998, World Declara¬tion on Higher Education for the Twenty First Centu¬ry, Vision and Action The¬matic Debate: Autonomy and Academic Freedom, Paris.

Bulletin, 1991, Apakah Demokra¬si Itu? Diterjemahkan oleh Budi Prayitno, United Sta¬tes Information Agency.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22972

Article Metrics

Abstract views : 17358 | views : 7068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Koento Wibisono Siswomiharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats