Implementasi Model Pembelajaran Pilot Project Citizen Berbasis Nasionalisme Pada Pendidikan Kevvarganegaraan Demi Mewujudkan Karakter Peserta Didik

https://doi.org/10.22146/jkn.22697

Rima Vien Permata Anita Trisiana2(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peru bahan masyarakat berjalan begitu cepat, dan sistem sosialpun mengalami perubahan yang cukup sign ifikan. Dilematika perubahan sosial tersebut mempengaruhi perubahan individu, dan berdampak pula terhadap bidang kehidu pan yang lainnya. Salah satunya bidang pendidikanpun tidak bisa terlepas dari dampak perubahan sosial tersebut. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata ajar yang berbasis nilai akan menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Perubahan sosial dalam masyarakat dapat juga berdampak terhadap pergeseran nilai - nilai nasionalisme yang dapat menganggu internalisasi nilai sebagaimana yang diusung dalam mata ajar pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis nasionalisme di sekolah demi mezvujudkan karakter peserta didik, dalam hal ini model pembelajaran yang akan dikembangkan adalah pilot project citizen

Full Text:

PDF


References

Amin Ibrahim, 2004. Pokok -pokok Analisis Kebijakan Publik (AKP ), Mandar Maju, Bandung.

Budimansyah, D. 2010.Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Memban gun Karakter Bangsa, Widya Aksara Press, Bandung.

Center for Indonesian Civic Education. 1999. Democratic Citizen in a Civil Society: Report of the Conference on Civic Education for Civil Society,CICED, Bandung.

Hasanah, Aan. 2009. Pendidikan Berbasis Karakter. httpl / www.mediaindonesia. corn /ak/2009/12/14/111318 / 68/11/ Pendidikan-Berbasis- Karakter.html. Diakses pada 10 Juni 2010.

Hesel, Nogi S Tangkilan, 2003. Kebijakan Publik Yang

Membumi ( Konsep, Strategi dan Kasus ), Lukman Offset, Yogyakarta.

Jamal Ma' mur. 2011. BukuPanduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekola, Diva Press, Yogyakarta.

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan pendidikan

Rime- Vien Permata H dan Anita Trisiana, Implementasi Model Pembelajaran 21

Karakter, Balitbang

Puskurbuk, Jakarta.

Kesuma, Dharma. Triatna, Chepi & Permana,Johar. 2011. Pendidikan Karakter: kajian teori dan Praktik Di Sekolah, PT remaja Rosdakarya, Bandung.

Kusuma, Dony. 2004. Pendidikan

Karakter, Grasindo, Jakarta.

Lickona, T. 1992.Educating for Character: How Our School Can TeachRespectandResponsibility, Simon & Schuster, Inc, New York.

T. 2004. Character

Matters: How to Help Our Children Develop, Simon & *Schuster,Inc, New York.

Mochammad Sohib, 2008. Nasionalisme dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia. Dispenad, Jakarta.

M. Irfan Islami, 2000. Prinsip

Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Muchlas Samani & Hariyanto, 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Tafsir, Ahmad. 2011. Pendidikan

Karakter Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan

Aplikasinya dalam lembaga Pendidikan, Kencana,

Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22697

Article Metrics

Abstract views : 2141 | views : 1901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Rima Vien Permata Anita Trisiana2

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats