Peran Pemuda Dalam Pendampingan Mahasiswa Difabel Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

https://doi.org/10.22146/jkn.12012

Abd Mu'id Aris Shofa(1*), Bagus Riyono(2), Sri Rum Giyarsih(3)

(1) Center for Culture and Frontier Studies (CCFS) Universitas Brawijaya
(2) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

The researched aims to determined how the role of youth, and the implications for personal resilience in assisting students with disabilities at the Center For Disability Service (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.The method that was used by the researcher in this study was descriptive qualitative method. Data collection techniques used three techniques, namely in-depth interviews, observation and documentation. The sampling technique used purposive sampling, so that researcher got the data from key informants. The procedure of data analysis techniques in this research, namely 1) the reduction of data, 2) data display, 3)conclusions. The object of this research was the youth who becomes a companion for students with disabilities at the Center For Disability Service (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.From this research it can be noted, the role of youth in mentoring students with disabilities in the PLD UIN Sunan Kalijaga had a positive impact on the personal resilience of youth. This was shown by the increasing of self-confidence attitude , adhering to the principle, had a sense of responsibility, crave togetherness, and a creative spirit.

ABSTRAK            

Pemuda menjadi aset bangsa yang sangat penting bagi kelanjutan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari kualitas pemudanya baik secara intelektualitasnya ataupun karakter pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemuda dan implikasi terhadap ketahanan pribadi pemuda dalam pendampingan mahasiswa difabel di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur teknik analisis data dalam  penelitian ini,  yaitu 1) reduksi data, 2) display data, 3) mengambil kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalah para pemuda yang menjadi pendamping bagi mahasiswa difabel di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Dari penelitian ini diketahui, peran pemuda dalam pendampingan mahasiswa difabel di PLD UIN Sunan Kalijaga mempunyai dampak positif terhadap ketahanan pribadi pemuda. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sikap rasa percaya diri yang bertambah, berpegang pada prinsip, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki jiwa kreatif dan mendambakan kebersamaan. Dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pribadi pemuda yang tangguh dan baik maka program pendampingan terhadap mahasiswa difabel bisa digunakan sebagai salah satu metode atau cara untuk meningkatkan ketahanan pribadi 


Keywords


Role of Youth; Mentoring Students with Disabilities; Personal Resilience of Youth.

Full Text:

PDF


References

Anton, Adiwiyoto.,2001, Melatih Anak Bertanggung Jawab, Jakarta: Mitra Utama. Dault, Adhyaksa., 2008, Spirit Pemuda: Upaya Memperkuat Negara, dalam Rekonstruksi Pemuda, Diedit oleh Karsono, Jakarta: Kemenpora RI. Evans, James R., 1994, Berpikir Kreatif, Jakarta: Bumi Aksara. Irawanto, Dwi., 2006, Catatan Emas, Jakarta: Kemenpora dan PT Excelcomindo. Jamila,M., 2005, Special Education For Special Children, Jakarta: Hikmah. Jannah, Amirratul., 2009. Membangun kreatifitas, (internet), (Sumber: http://ameeratuljannah.wordpress.com, diakses 15 Februari2016). Lauster, Peter., 2002, Tes Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara. Munandar, S., 2002, Kreativitas dan keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rahmat, Jalaludin., 2000, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remaja Rosda Karya. Samani, Muchlas dan Haryanto., 2011, Pendidikan Karakter: Konsep dan Model, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Soekanto, Soerjono., 2009, Sosiologi, Jakarta: CV. Rajawali. Suharnan. T., 2005, Psikologi Kognitif, Surabaya: Srikandi. Thursan, Hakim ., 2002, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Yogyakarta: Torren Book. Widarso, Wishnubroto., 2005, Sukses Membangun Rasa Percaya Diri “Self- Confidence”. Jakarta: Gramedia. Winardi., 1991, Kreativitas Dan Teknik-Teknik Pemikiran Kreatif Dalam Bidang Manajemen. Bandung:Citra Aditya Bakti. Yayasan Mahasiswa Indonesia., 1997, Mahasiswa Dengan Pembangunan Mental dan Spiritual Dalam Repelita, Jakarta: Yasmindo. SUMBER UNDANG-UNDANG UU RI Nomor 39 tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia. UU RI Nomor 4 tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat. UU RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional UU RI Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.12012

Article Metrics

Abstract views : 12166 | views : 6450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Abd Mu'id Aris Shofa, Bagus Riyono, Sri Rum Giyarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats