Hubungan Stres Akademik dengan Kecenderungan Depresi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada Masa Transisi Pandemi COVID-19

https://doi.org/10.22146/jkkk.84827

Afna Hanung Azizah(1*), Sri Warsini(2), Kurnia Putri Yuliandari(3)

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Background: College students as a group who are experiencing the transition from adolescence to early adulthood, are at risk of experiencing stress problems, especially academic-related stress. This condition has been exacerbated by the COVID-19 pandemic which has changed the education system in Indonesia. Experiencing high academic stress without any effort to overcome it, can potentially lead to depressive disorders. Research on the correlation between academic stress and depression tendencies among nursing students during the transition of COVID-19 pandemic has never been conducted.
Objective: To determines the correlation between academic stress and depression on nursing students in School of Nursing, Faculty of Medicine, Public Health, and Nursing Universitas Gadjah Mada in post pandemic COVID-19.
Method: This study was an analytic observational study with a cross-sectional design. The research population was nursing students in School of Nursing, FK-KMK UGM. Data was collected in December 2022. The samples were 185 respondents obtained through stratified random sampling. This study used Academic Stress Scale questionnaire and The Patient Health Questionnaire 9 (PHQ-9) questionnaire. Data were analyzed using Spearman’s correlative test.
Results: All nursing students in UGM experienced moderate academic stress in post pandemic COVID-19 and the majority of respondents (43,8%) showed a mild tendency to depression. The correlation test between academic stress and depression analysis showed a correlation coefficient (r) of 0,597 with a significant value of 0,000.
Conclusion: There is strong significant correlation with a positive direction between academic stress and depression in nursing students during post pandemic COVID-19.

ABSTRAK

Latar belakang: Mahasiswa sebagai kelompok usia yang mengalami transisi dari masa remaja ke dewasa awal, berisiko mengalami masalah stres, terutama yang bersumber dari proses akademik. Kondisi ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Tingginya kondisi stres akademik yang dialami dan tanpa upaya untuk mengatasinya, akan berpotensi menimbulkan gangguan depresi. Penelitian mengenai hubungan stres akademik dengan kecenderungan depresi pada mahasiswa ilmu keperawatan pada masa transisi pandemi COVID-19 belum pernah dilakukan sebelumnya.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara stres akademik dengan kecenderungan depresi pada mahasiswa ilmu keperawatan UGM pada masa transisi pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Ilmu Keperawatan UGM angkatan 2019, 2020, dan 2021. Jumlah sampel sebanyak 185 mahasiswa yang didapatkan melalui stratified random sampling. Kuesioner yang digunakan adalah Skala Stres Akademik dan The Patient Health Questionnaire 9 (PHQ-9). Analisis data menggunakan uji korelatif Spearman.
Hasil: Pada masa transisi pandemi COVID-19, semua responden mengalami stres akademik pada tingkat sedang dan mayoritas responden (43,8%) menunjukkan kecenderungan depresi pada tingkat ringan. Hasil analisis uji korelasi antara stres akademik dengan kecenderungan depresi menunjukkan koefisien korelasi (r) 0,597 dengan nilai signifikansi 0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan kuat dengan arah positif antara stres akademik dan kecenderungan depresi pada mahasiswa ilmu keperawatan transisi pandemi COVID-19.


Keywords


COVID-19; kecenderungan depresi; mahasiswa ilmu keperawatan; stres akademik

Full Text:

PDF


References

  1. Diananda A. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. 2019; 1(1): 116-133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.
  2. Salsabhilla A, Panjaitan RU. Dukungan Sosial dan Hubungannya dengan Ide Bunuh Diri pada Mahasiswa Rantau. Jurnal keperawatan Jiwa. 2019; 7(1): 107. https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.107-114.
  3. Andiarna F, Kusumawati E. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi. 2020; 16(2): 139-149. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395.
  4. Reddy KJ, Menon KR, Thattil A. Academic Stress and Its Sources among University Students. Biomedical and Pharmacology Journal. 2018; 11(1): 531-537. https://dx.doi.org/10.13005/bpj/1404.
  5. Lubis H, Ramadhani A, Rasyid M. Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi. 2021; 10(1): 31-39. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454.
  6. Hastini LY, Fahmi R, Lukito H. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 2020; 10(1): 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.
  7. Budiastuti A. Pembelajaran Daring: Depresi dan Kecemasan Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021; 3(1): 1-5. https://doi.org/10.55340/kjkm.v3i1.356.
  8. Grubic N, Badovinac S, Johri AM. Student Mental Health in The Midst of The Covid-19 Pandemic: A Call for Further Research and Immediate Solutions. International Journal of Social Psychiatry. 2020; 66(5): 517-518. https://doi.org/10.1177/0020764020925108.
  9. Thomas E. Coronavirus: Impact on Young People with Mental Health Needs. YoungMinds. 2020. Available from: https://healtheducationresources.unesco.org/library/documents/coronavirus-impact-young-people-mental-health-needs.
  10. Dianovinina K. Depresi pada Remaja: Gejala dan Permasalahannya. Jurnal Psikogenesis. 2018; 6(1): 69-78. https://doi.org/10.24854/jps.v6i1.634.
  11. Kusuma MDS, Nuryanto IK, Sutrisna IPG. Tingkat Gejala Depresi pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan di Institut Teknologi dan Kesehatan (Itekes) Bali. Jurnal Riset Kesehatan Nasional. 2021; 5(1): 29-34. https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.310.
  12. Nugraheni A. Stres Akademik dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa Tingkat Pertama dan Tingkat Akhir [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM; 2012.
  13. Dian CN. Validitas Dan Reliabilitas The Patient Health Questionnaire (PHQ-9) Versi Bahasa Indonesia [Tesis]. Medan: Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara; 2020.
  14. Agustiningsih N. Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping pada MahasiswaKeperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery). 2019; 6(2): 241-250. http://jnk.phb.ac.id/index.php/jnk/article/view/466.
  15. Hamzah B, Hamzah R. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa STIKES Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences. 2020; 4(2): 59-67. http://dx.doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641.
  16. Suganda KD. Tingkat Stres pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2013 [Skripsi]. Medan: Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara; 2014.
  17. Goff AM. Stressors, Academic Performance, and Learned Resourcefulness In Baccalaureate Nursing Students. International Journal of Nursing Education Scholarship. 2011; 8(1). http://dx.doi.org/10.2202/1548-923X.2114.
  18. Lameky VY, Pugesehan DJ. Gambaran Tingkat Depresi, Kecemasan dan Stres pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Kristen Indonesia Maluku di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"). 2021; 12: 76-80. http://dx.doi.org/10.33846/sf12nk316.
  19. Rahmayani RD, Liza RG, Syah NA. Gambaran Tingkat Stres berdasarkan Stresor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019; 8(1): 103-111. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977.
  20. Wea LD, Eka AR, Danal PH. Hubungan antara Mekanisme Koping dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan STIKES Santu Paulus Ruteng Tahun 2017. Wawasan Kesehatan. 2018; 3(1): 18-23. Available from: https://stikessantupaulus.e-journal.id/JWK/article/view/81.
  21. Maia BR, Dias PC. Anxiety, Depression and Stress in University Students: The Impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 2020; 37. https://doi.org/10.1590/1982-0275202037e200067.
  22. Zhang C, Shi L, Tian T, Zhou Z, Peng X, Shen Y, Ou J. Associations between Academic Stress and Depressive Symptoms Mediated by Anxiety Symptoms and Hopelessness among Chinese College Students. Psychology Research an Behavior Management. 2022; 15, 547. https://doi.org/10.2147/prbm.s353778.
  23. Jamil J. Sebab dan Akibat Stres, Depresi, dan Kecemasan, serta Penanggulangannya. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 2018; 1(1): 123-138. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i1.6.
  24. Febyan F, Wijaya SH, Tannika A, Hudyono J. Role of Cytokines in Stressful Condition as A Trigger for A Depression. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 2019; 6(4): 8. https://doi.org/10.7454/jpdi.v6i4.285.
  25. Ribeiro JD, Huang X, Fox KR, Franklin JC. Depression and Hopelessness as Risk Factors for Suicide Ideation, Attempts and Death: Meta-Analysis of Longitudinal Studies. The British Journal of Psychiatry, 2018; 212(5): 279-286. https://doi.org/10.1192/bjp.2018.27.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.84827

Article Metrics

Abstract views : 8085 | views : 9547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afna Hanung Azizah, Sri Warsini, Kurnia Putri Yuliandari



Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) 
collaborates with DPW PPNI DIY

Lisensi Creative Commons  

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.