Literature Review: Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Ditinjau dari Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan
Ida Nurmawati(1*), Bunga Adina Pramesti(2)
(1) Jurusan Kesehatan, Program Studi D–IV Rekam Medis, Politeknik Negeri Jember
(2) Jurusan Kesehatan, Program Studi D–IV Rekam Medis, Politeknik Negeri Jember
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang: Fasilitas pelayanan kesehatan diharuskan memberikan mutu pelayanan yang profesional dan sesuai harapan pasien sehingga pasien puas, tetapi masih banyak keluhan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan sehingga pasien tidak puas. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh dikarenakan pelayanan tidak tepat waktu, petugas yang tidak dapat memberikan penjelasan, kurangnya perhatian petugas, dan lingkungan rawat inap yang penuh.
Tujuan: Menganalisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat inap menggunakan dimensi kepuasan pasien (reliability, responsiveness, tangible, assurance, dan empathy)
Metode: Literature review digunakan dengan mencari artikel menggunakan Publish or Perish dan bagan PRISMA sehingga ditemukan 10 jurnal dan 1 skripsi yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Hasil: Hasil analisis 11 artikel menunjukkan keluhan pasien berupa kurang ramahnya dokter dan perawat, sarana dan prasarana yang tidak lengkap, perawat yang kurang tanggap, keterampilan yang tidak profesional, dan pelayanan yang tidak tepat waktu.
Kesimpulan: Faktor-faktor yang membuat pasien lebih mudah puas adalah pendidikan pasien yang rendah, pasien yang berusia pasien, hubungan yang baik antara pasien dan petugas (empathy), fasilitas dan lingkungan rawat inap bersih (tangible), ketanggapan petugas dalam memberikan informasi (responsiveness), ketelitian dan ketepatan diagnosis (assurance), dan pelayanan berjalan tepat waktu (reliability).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bancin, E. S., Aini, F., & Gunawan, R. (2018). Pengaruh Faktor Waktu Pelayanan Kenyamanan Dan Keistimewaan Dan Hubungan Antar Manuisa Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Aceh Singkil. Jurnal Rekam Medic, 1(1), 41. https://doi.org/10.33085/jrm.v1i1.3983
Basri, A. H., & Leoganda, D. F. (2016). Hubungan Fasilitas Ruang Rawat Inap dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS. Journal of Ners Community, 07(01), 47–54.
Datuan, N., Darmawansyah, D., & Daud, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 1(3). https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i3.8820
Kusniati. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan Pasien di Poli Umum di RSISA Semarang Influence of Service Quality and Customer Value towards Willingness to Revisit through Patient ’ s Satisfaction at General Pol. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 4(02), 91–97.
Manzahri, M. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 4(8). https://doi.org/10.35952/jik.v4i8.13
Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis. , Pub. L. No. No.269/MENKES/III/2008 (2008).
Mutiara, H., Mayasari, D., Fattima, E., & Saputri, C. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Dr. H Abdul Moeloek. Jurnal Kedokteran Unila, 2(1), 31–36.
Natassa, J., & Dwijayanti, S. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Unit Rawat Inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Health Care: Jurnal Kesehatan, 8(2).
Pohan, I. S. (2006a). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar - Dasar Pengertian dan Penerapan (1st ed.). Jakarta: EGC.
Pohan, I. S. (2006b). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Puspa, A. S., & Bangkele, E. Y. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien pada Peserta BPJS Kelas 3 di RSU Anutapura Palu (Studi Kasus Pasien Peserta BPJS) Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 5(2), 40–50.
Sabarguna, B. S. (2008). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit (Revisi). Jakarta: Sagung Seto.
Simalango, A. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Gizi, 2(1), 71–78. https://doi.org/10.35451/jkg.v2i1.227
Siswati, S. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(3), 174–183.
Tonis, M., & Wiranata, R. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2015. Journal of Hospital Administration and Management, 1(1).
Vasilefa, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang Tahun 2014. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Wiguna, A. S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas II di RSU Imelda Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(1), 207–218.DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.72737
Article Metrics
Abstract views : 5934 | views : 6976Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kesehatan Vokasional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Vokasional with registered number ISSN 2541-0644 (print), ISSN 2599-3275 (online) published by the Departement of Health Information Management and Services, Vocational College, Universitas Gadjah Mada