AN EMPIRICAL STUDY OF THE RELATIONSHIPS BETWEEN STRATEGIC MANUFACTURING CAPABILITIES
Nofie Iman(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam kacamata manajemen operasi, kapabilitas strategik mendukung dan
membentuk strategi korporat, dan, pada gilirannya, akan membantu kesuksesan
perusahaan dalam persaingan. Tujuan dari artikel berikut adalah untuk menguji
hubungan antara kapabilitas pemanufakturan strategik pada perusahaan-perusahaan
manufaktur di Indonesia. Survei dilakukan menggunakan kuesioner berbasis internet dan
uji statistik, dalam hal ini Structural Equation Modeling (SEM), digunakan untuk
memahami konsep ini.
Analisis terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa kapabilitas quality
menjadi basis bagi kapabilitas delivery, yang juga menjadi basis bagi kapabilitas
flexibility dan cost. Apakah kapabilitas tersebut dicapai secara eksklusif ataupun secara
simultan, terlihat adanya keterkaitan dengan implementasi sejumlah program peningkatan
tertentu. Pola umum dari akumulasi kapabilitas tersebut dapat digunakan untuk
mengestimasi perilaku potensial maupun cara kerja yang lebih inovatif.
Keywords: manufacturing capabilities, strategic manufacturing, resource-based view
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jieb.6488
Article Metrics
Abstract views : 1932 | views : 1658Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |