APLIKASI RANTAI MARKOV UNTUK PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PENJUALAN



Eduardus Tandelilin(1*)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak perhatian telah diberikan pada masalah-masalah perencanaan dan
pengendalian yang berkaitan dengan usaha-usaha penjualan. Biaya penjualan yang
meningkat akhir-akhir ini telah mendorong kita untuk mencari cara-cara
pemecahannya. Salah satu hambatan utama bagi pengembangan prosedur-prosedur
perencanaan dan pengendalian penjualan adalah terbatasnya data yang bermanfaat
yang dapat dipergunakan. Sebagai contoh, usaha-usaha penjualan akan lebih
produktif bila wiraniaga (salesman) mendatangi kemungkinan-kemungkinan yang
paling memberikan harapan, akan tetapi penyediaan informasi yang dapat
mengidentifikasi pembeli-pembeli yang paling memberi harapan selalu sulit bagi
manager penjualan. Tulisan ini mengajukan sebuah model yang akan memberikan data yang perlu bagi usaha-usaha perencanaan dan pengendalian penjualan. Dan akan menunjukkan
bagaimana data yang dihimpun dengan model tersebut dapat digunakan untuk
menghasilkan strategi-strategi penjualan jangka pendek dan prosedur-prosedur yang
dapat menolong mengembangkan efektifitas wiraniaga dalam jangka panjang.


Full Text:

PDF


References

Alderson, Wroe, and Paul E. Green, Planning and Problem Solving in Marketing, Homewood, 111.: Richard D. Irwin, Inc., 1984, pp. 180-191. Grip, Richard D., Sales Planning and Control, New York: McGraw-Hill Book Co.,1961. Cyert R.M., Estimation of the Allowance for Doubtful Account by Markov Chains, Management Science, 8 (April, 1982), pp. 287-330. Draper, J.E., and L.H. Nollin, A Markov Chain Analysis of Brand Preference, Journal of Advertising Research, 4 (1964). pp. 33-39. Ehrenberg, A.S.C., An Appraisal of Markov Brand-Switching Model, Journal of Marketing Research, 2 (1965), pp. 347-362. Herniter, J.D. and J.F. Magee, Customer Behavior as a Markov Process, Operation Research, 9 (1981), pp. 105-122. Haward, Ronald A., Dynamic Programming and Markov Process, New York: JohnWiley & Sons, Inc., 1983. Kemeny, John G., and J. Laurie Snell, Finite Markov Chains, New York: D. Van Nostrand, Inc., 1960. Maffei, Richard B, Brand Preference and Simple Markov Process, Operation Research, 8 (1980). Shuchman, Abraham, The Planning and Control of Personal Selling Effort Directed at New Account Acquisition: A Markovian Analysis, New Research in Marketing, Berkeley, Calif.: The Institute of Business and Economic Research, 1966, pp. 45-56. Styan, George P.H., and Harry Smith, Jr., Markov Chains Applied to Marketing, Journal of Marketing Research, 1 (1964). Thomson, Joseph W., Selling: A Behavior Science Approach, New York: McGraw- Hill Book Co., 1966.




Article Metrics

Abstract views : 2398 | views : 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1989 Journal of Indonesian Economy and Business

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics