APLIKASI RANTAI MARKOV UNTUK PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PENJUALAN
Eduardus Tandelilin(1*)
(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Banyak perhatian telah diberikan pada masalah-masalah perencanaan dan
pengendalian yang berkaitan dengan usaha-usaha penjualan. Biaya penjualan yang
meningkat akhir-akhir ini telah mendorong kita untuk mencari cara-cara
pemecahannya. Salah satu hambatan utama bagi pengembangan prosedur-prosedur
perencanaan dan pengendalian penjualan adalah terbatasnya data yang bermanfaat
yang dapat dipergunakan. Sebagai contoh, usaha-usaha penjualan akan lebih
produktif bila wiraniaga (salesman) mendatangi kemungkinan-kemungkinan yang
paling memberikan harapan, akan tetapi penyediaan informasi yang dapat
mengidentifikasi pembeli-pembeli yang paling memberi harapan selalu sulit bagi
manager penjualan. Tulisan ini mengajukan sebuah model yang akan memberikan data yang perlu bagi usaha-usaha perencanaan dan pengendalian penjualan. Dan akan menunjukkan
bagaimana data yang dihimpun dengan model tersebut dapat digunakan untuk
menghasilkan strategi-strategi penjualan jangka pendek dan prosedur-prosedur yang
dapat menolong mengembangkan efektifitas wiraniaga dalam jangka panjang.
Full Text:
PDFReferences
Alderson, Wroe, and Paul E. Green, Planning and Problem Solving in Marketing, Homewood, 111.: Richard D. Irwin, Inc., 1984, pp. 180-191. Grip, Richard D., Sales Planning and Control, New York: McGraw-Hill Book Co.,1961. Cyert R.M., Estimation of the Allowance for Doubtful Account by Markov Chains, Management Science, 8 (April, 1982), pp. 287-330. Draper, J.E., and L.H. Nollin, A Markov Chain Analysis of Brand Preference, Journal of Advertising Research, 4 (1964). pp. 33-39. Ehrenberg, A.S.C., An Appraisal of Markov Brand-Switching Model, Journal of Marketing Research, 2 (1965), pp. 347-362. Herniter, J.D. and J.F. Magee, Customer Behavior as a Markov Process, Operation Research, 9 (1981), pp. 105-122. Haward, Ronald A., Dynamic Programming and Markov Process, New York: JohnWiley & Sons, Inc., 1983. Kemeny, John G., and J. Laurie Snell, Finite Markov Chains, New York: D. Van Nostrand, Inc., 1960. Maffei, Richard B, Brand Preference and Simple Markov Process, Operation Research, 8 (1980). Shuchman, Abraham, The Planning and Control of Personal Selling Effort Directed at New Account Acquisition: A Markovian Analysis, New Research in Marketing, Berkeley, Calif.: The Institute of Business and Economic Research, 1966, pp. 45-56. Styan, George P.H., and Harry Smith, Jr., Markov Chains Applied to Marketing, Journal of Marketing Research, 1 (1964). Thomson, Joseph W., Selling: A Behavior Science Approach, New York: McGraw- Hill Book Co., 1966.
Article Metrics
Abstract views : 2398 | views : 2018Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1989 Journal of Indonesian Economy and Business
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |