STRATEGI MEMBACA PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS SMA

https://doi.org/10.22146/jgs.55574

Masrojatud Diniya(1*), Ika Puspitasari(2)

(1) Universitas Brawijaya
(2) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca merupakan salah satu keterampilan penting dalam Bahasa Inggris. Dalam membaca, siswa harus memiliki strategi membaca untuk membantu pemahaman teks yang mereka baca. Strategi membaca memiliki dampak baik karena membantu siswa mengatasi permasalahan membaca dan menjadikan pembelajaran lebih mudah, lebih cepat, dan lebih dapat ditransfer. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan strategi membaca yang digunakan oleh peserta didik pada Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di SMA Negeri 1 Gending. Penelitian ini merupakan survei dengan mengadaptasi kuesioner dari Shoerey dan Mokhtary (2002). Kuesioner diberikan kepada 115 siswa kelas 1 program Sains SMA Negeri 1 Gending. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa para siswa adalah pengguna tinggi dari tiga strategi membaca, yaitu strategi membaca global (GLOB), strategi pemecahan masalah (PROB), dan strategi dukungan (SUPP). Dari tiga strategi membaca, strategi pemecahan masalah (PROB) mendapatkan rerata tertinggi di antara strategi lainnya. Peneliti juga menemukan bahwa strategi membaca yang paling sering digunakan oleh siswa adalah membaca ulang strategi untuk meningkatkan pemahaman (M = 4,21). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru bahasa Inggris untuk melakukan kegiatan membaca bahasa Inggris untuk meningkatkan prestasi pendidikan siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris.


Keywords


English for Foreign Language; membaca; membaca kembali; Pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing; strategi membaca

Full Text:

PDF


References

-.(2016, August 29). Indonesia Ranks Secondlast in Reading Interest: Study. The Jakarta Post. Retrieved fromhttps://www.thejakartapost.com/life/2016/08/29/indonesi-ranks-second-last-inreading-interest-study.html Alsheikh, N. O & Mokhtary, K. (2011).An Examination of the Metacognitive Reading Strategies Used by Native Speaker of Arabic When Reading in English and Arabic.English Language Teaching, 4(2), 151-160. Anastasiou, D., & Griva, E. (2009).Awareness of Reading Strategy Use and Reading Comprehension among Poor and Good Readers.Elementary Education Online, 8(2), 283-297. Retrieved from http://dergipark.gov.tr/download/articlefile/ 90854 Ary, D., Jacobs, C. L., & Sorensen, K. C. (2010).Introduction to Research in Education(8th Ed).United State of America: Wadsworth-Cengange. Brown, H.D. (2001). Teaching by Principles: an interactive approach to language pedagogy. San Fransisco State University: A Pearson Education Company. Chen, K. T & Chen, C. L (2015).The Use of EFL Reading Strategies among High School Students in Taiwan.The Reading Matrix: An International Online Journal, 15(2), 156-166. Retrieved from http://www.readingmatrix.com/files/13- m0137054.pdf Creswel, W. J. (2011). Educational research: planning, conducting, evaluating quantitative and qualitative research (4th Ed). Boston: Pearson Education. Dawaideh & Al-Saadi (2013). Assessing Metacognitive Awareness of Reading Strategy Use for Students from the Faculty of Education at the University of King Abdulaziz. Mevlana International Journal of Education, 3(4), 223-235. Delfi, S., & Yamat, H. (2017).An Analysis of Studies on Teaching and Learning Reading in Indonesia.Journal of English for Academic, 4(2), 101-115. Retrieved from https://doi.org/10.25299/jshmic.2017.vol4(2).703 Hatami, M., & Asl, H. D. (2017). The Reading Strategies Used by EFL Students: A Case of Iranian Advanced English Language Learners. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 1223- 1228.http://dx.doi.org/10.17507/jltr.0806.26 Iftanti, E. (2012). A Survey of English Reading Habits of EFL Students in Indonesia.TEFLIN Journal, 23 (2), 149-165. Karbalaei, A. (2010). A Comparison of the Metacognitive Reading Strategies Used by EFL and ESL readers.The Reading Matrix. 10(2), 165-180. Li, F. (2010). A Study of English Reading Strategies Used by Senior High Middle School Students.Canadian Center of Science and Education, 6 (10). Mokhtari, K., & Sheorey, R. (2002).Measuring ESL Students’ Awareness of Reading Strategies.Journal of Developmental Education, 25 (3), 2-10. Pinninti, L.R. (2016). Metacognitive Awareness of Reading Strategies: An Indian Context. The Reading matrix: An International Online Journal, 16(1), 179-192. Retrieved from http://www.readingmatrix.com/files/14-n73uw53w.pdf Wangid, M. N (2014). Students-Centered Learning: Self-Regulated Learning. Educational Psychology and Guidance, 161-165. Retrieved fromhttp://eprints.uny.ac.id/25014/1/D-22.pdf Wilujeng, R. (2016). EFL Students’ Reading Strategies Across Different Level ast SMPN 21 Malang. (Unpublished undergraduate thesis).Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia. Zare, M., & Mobarakeh, S. D., (2011). The Relationship between Self-efficacy and Use of Reading Strategies: The Case of Iranian Senior High School Students. Studies in Literature and Language, 3(3), 98-105. Retrieved from http://www.cscanada.net/index.php/sll/article/viewFile/j.sll.1923156320110303.148/2173



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.55574

Article Metrics

Abstract views : 4399 | views : 20964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88

toto macau 4d

slot