Kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Impuls dan Momentum

https://doi.org/10.22146/jfi.v26i1.75716

Fir Daus(1*)

(1) Universitas PGRI Silampari
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi Powtoon pada materi impuls dan momentum yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji validasi dan subjek penelitian ini adalah 3 orang validator. Penilaian validitas dilakukan oleh ahli media, materi dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 32 pada rentang 30,6 < X < 37,8 dengan katergori baik, ahli materi mendapatkan nilai 48 pada rentang 40,8 < X  ≤ 50,4 dengan katergori baik dan ahli bahasa mendapatkan nilai 24 pada rentang 20,4 < X ≤ 25,2 dengan katergori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas media pembelajaran fisika berbasis Powtoon dengan pendekatan kontesktaul materi impuls dan momentum yang dihasilkan baik dari aspek media, materi maupun bahasa mencapai kriteria valid.

 

Kata kunci: Pengembangan, Powtoon, Impuls dan Momentum, Validasi.


Full Text:

PDF


References

Amanda, Niken, Fine Reffiane, and Prasena Arisyanto. 2019. “Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) Pada Tema Keluargaku.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3(2): 97.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Friantini, Rizki Nurhana, and Rahmat WInata. 2021. “Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 4: 70–75.

Indriani, Ari. 2017. “Desain Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Statistik Matematika.” Aksioma 8(1): 98.

Ngalimun. 2014. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta.

Nor, M, Mitri Irianti, and Suci Dilla Melani. 2021. “Development of Powtoon-Based Physics Learning Media on Atomic Nucleus Materials for Class XII Senior High School.” Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 9(1): 43.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.v26i1.75716

Article Metrics

Abstract views : 2775 | views : 2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fir Daus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JFI Editorial Office

Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada

Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia

Email: jfi.mipa@ugm.ac.id

JFI is indexed by:


Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

web
analytics View My Stats