Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Resitasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Ujian Nasional di SMA
Salsabila Indana Zulfa(1*), Gitik Safitri F(2), Desy Aditya Lutfa Isnaini(3), Vani Rahmasari(4)
(1) State University of Malang
(2) state university of malang
(3) state univesity of malang
(4) State University of Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami soal-soal pada Ujian Nasional (UN) materi fisika SMA melalui program yang telah dirancang yaitu Simak UN Fisika SMA. Program yang telah dikembangkan ini merupakan program yang layak digunakan dalam membantu peserta didik untuk mengerjakan soal-soal UN. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan yang dilewati dalam penelitian ini, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan. Dalam penelitian tidak melewati tahapa terakhir yaitu Disseminate (penyebarluasan) dikarenakan keterbatasan waktu dalam penelitian. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli yakni: ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program resitasi ini mendapat persentase penilaian dari segi media dengan kategori aspek tampilan sebesar 86%, aspek tulisan 84%, dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 80% dengan kesimpulan bahwa program resitasi ini layak untuk diaplikasikan oleh peserta didik dengan pesentase 83, 33%. Sedangkan pada persentase penilaian materi total keseluruhan sebesar 84, 33% dengan rincian sebagai berikut 88% untuk aspek materi, 89% aspek pembelajaran, dan 76% aspek evaluasi. Berdasarkan hal tersebut program resitasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mempersiapkan UN.
Full Text:
PDFReferences
- Laporan Hasil Ujian Nasional; 2019. Available from: https://hasilun. puspendik.kemdikbud.go.id/{#}2019!smp!capaian{_}nasional! 99{&}99{&}999!T{&}T{&}T{&}T{&}1{&}T!1!{&}.
- Sari D, Sudarti S, Bektiarso S. Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal UN Materi Rangkaian Arus Listrik Searah Menggunakan Metode Polya. FKIP e-PROCEEDING. 2019;3(2):235–240.
- Yuniati L, Syukur A, Wahono RS. Game Puzzle Berbasis Fuzzy C-Mean untuk Memetakan Soal Ujian Nasional Fisika SMA. Jurnal Teknodik. 2018;14(1):44–54.
- Sutopo S, Jayanti IBR, Wartono W. Efektivitas Program Resitasi Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa tentang Gaya dan Gerak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2017;4(1):27–35.
- Susrama IBK, Marhaeni A. Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mendoyo. Ganesha University of Education; 2013.
- Jayanti IBR, Wartono W, Sutopo S. Dampak Program Resitasi Terhadap Perubahan Konseptual Mahasiswa Pada Topik Hukum III Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2016;1(2):256–264.
- Ghozali YAF, Sutopo S, Hidayat A. Peningkatan Hasil Belajar dengan Program Resitasi pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Research Report. 2017;.
- Agustina L, Rusmana IM. Pemanfaatan Ms. Power Point sebagai Alternatif Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In: PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR; 2018. .
- Riduwan MBA. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alf Bandung. 2007;.
DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.v24i1.52405
Article Metrics
Abstract views : 1425 | views : 1583Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Salsabila Indana Zulfa, Gitik Safitri F, Desy Aditya Lutfa Isnaini, Vani Rahmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.