Analisis Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan Praktikum pada Laboratorium Prodi Farmasi
Ivonne Yosima Laning(1), Faizal Riza Soeharto(2), Falentinus Sulaiman Duly(3), Emanuel Gerald Alan Rahmat(4*)
(1) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Adi Sucipto, Penfui, Kupang
(2) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Adi Sucipto, Penfui, Kupang
(3) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Adi Sucipto, Penfui, Kupang
(4) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, Adi Sucipto, Penfui, Kupang
(*) Corresponding Author
Abstract
Laboratorium merupakan sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian pada perguruan tinggi. Pengelolaan alat dan bahan praktikum merupakan salah satu aspek vital, yang perlu didukung oleh manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengelolaan alat dan bahan praktikum pada laboratorium, yang diukur berdasarkan 6 (enam) aspek manajemen. Metode penelitian ini adalah observasi secara cross-sectional. Populasi penelitian adalah dosen dan mahasiswa di Prodi Farmasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang, menggunakan metode purposive sampling, responden yang terlibat dalam penelitian adalah sejumlah 21 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner terdiri atas empat puluh tujuh (47) pertanyaan, dan wawancara terdiri atas empat puluh (40). Data disajikan secara deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 5 (lima) aspek manajemen pengelolaan meliputi perencanaan,pemeliharaan,administrasi, organisasi, dan sistem evaluasi memiliki penilaian yang baik, namun aspek manajemen pemusnahan alat dan bahan belum diterapkan dengan baik. Manajemen pengelolaan alat dan bahan praktikum telah dilakukan dengan baik, namun masih perlu dilakukan inovasi dan perbaikan pada masa yang akan datang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
mso-field-lock:yes'>ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY
style='mso-element:field-separator'>Adriani, N. (2016). Analisis Manajemen Laboratorium Kimia SMA Negeri di Kota Tanjungpinang Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dan Peserta Didik. Jurnal Zarah, 4(1), 1–8. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/135/138
Bela Purnama, Veradiila, I. (2022). Pedoman Monitoring dan Evaluasi Laboratorium. STIKES Mitra Adiguna. https://www.lpm.stikesmitraadiguna.ac.id/document/20-pedoman-monev-laboratorium/
Bestari, P. (2022). 125969069. 636(Acec 2021), 308–313.
Fägerlind, I., & Sjöstedt, B. (1991). Educational planning and management in Europe. Prospects, 21(1), 83–96. https://doi.org/10.1007/bf02333642
Fathur Sani. (2018). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental (Edisi 1). DeePublish.
Gustini, N., & Wulandari. (2020). Manajemen Laboratorium Sains Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Isema (Islamic Educational Management), 5(2), 231–244. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/9308/5121
Hamidah, A., Sari, N., & Budianingsih, R. (2013). Manajemen laboratorium biologi beberapa SMA swasta di kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 7(1), 221192.
Indrawan, I. (2022). Manajemen Laboratorium Pendidikan. CV. Penerbit Qiara Media.
Jiaqi, S. (2022). Analysis of the Construction of Intelligent Laboratory Management System. 2022 6th Annual International Conference on Data Science and Business Analytics (ICDSBA), 550–554. https://doi.org/10.1109/ICDSBA57203.2022.00068
Kementerian Kesehatan.Standar Laboratorium Diploma III Farmasi Pendidikan Tenaga Kesehatan / Kementerian Kesehatan RI .2015
Ma, Y., Wang, F., & Wang, Z. (2018). Intelligent laboratory management system based on Internet of Things. 2017 12th International Conference for Internet Technology and Secured Transactions, ICITST 2017, 464–467. https://doi.org/10.23919/ICITST.2017.8356449
Meri, Q., Kimia Wati, I., Fitria, H., & Putra, A. Y. (2024). Science Laboratory Management in Learning. Journal of Social Work and Science Education, 5(2), 404–416. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jswse.v5i2.761
Mesfin, E. A., Taye, B., Belay, G., Ashenafi, A., & Girma, V. (2017). Factors Affecting Quality of Laboratory Services in Public and Private Health Facilities in Addis Ababa, Ethiopia. EJIFCC, 28(3), 205–223.
Pareek, R. B. (2019). An Assessment of Availability and Utilization of Laboratory Facilities for Teaching Science at Secondary Level. Science Education International, 30(1), 75–81. https://doi.org/10.33828/sei.v30.i1.9
Research on university laboratory management and maintenance framework based on computer aided technology - ScienceDirect. (n.d.). Retrieved 8 September 2023, from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S014193312030764X
Sugiyono. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.
Wei, C. (2020). Research on university laboratory management and maintenance framework based on computer aided technology. Microprocessors and Microsystems, 103617. https://doi.org/10.1016/J.MICPRO.2020.103617
Zainudin, M. (2014). Metode Penelitian Kefarmasiaan dan Kesehatan (Edisi 2). Airlangga University Press.
Zhuang, C., Liu, J., & Xiong, H. (2018). Digital twin-based smart production management and control framework for the complex product assembly shop-floor. International Journal of Advanced Manufacturing Technology, 96(1–4), 1149–1163. https://doi.org/10.1007/S00170-018-1617-6
%;font-family:"Arial",sans-serif;mso-fareast-font-family:Calibri;mso-fareast-theme-font:
minor-latin;mso-ansi-language:IN;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:
AR-SA'>
DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.92312
Article Metrics
Abstract views : 4898 | views : 3994Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Laboratory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.