Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Event Berbasis Mobile Push Notification
Ardiansyah Ardiansyah(1*)
(1) Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan Yogyakarta 55164 Telp. 0274-563515 Fax. 0274-564604
(*) Corresponding Author
Abstract
Konvergensi teknologi Internet dan piranti mobile/smartphone saat ini bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai salah satu media promosi dan pengelolaan sebuah acara. Dengan keberadaan teknologi push service akan memungkinkan setiap informasi acara baru dapat diterima oleh calon peserta yang prospektif. Selain itu pula dengan mengusung teknologi cloud computing, setiap penyelenggara acara cukup menggunakan service yang disediakan khusus di server Internet untuk mengelola acara yang akan diselenggarakan tanpa harus menyediakan infrastruktur sendiri. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat rancangan sistem manajemen acara (event) yang diselenggarakan oleh event organizer atau sering disebut EO. Rancangan yang dibuat meliputi struktur tabel, menu hingga antarmuka aplikasi meliputi antarmuka berbasis web untuk administrator EO dan antarmuka berbasis mobile iPhone untuk user.
Keywords: event, push notification, mobile, antarmuka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Apple, 2010, Apple Push Notification Service, http://developer.apple.com/library/ios/#documentation/NetworkingInternet/Conceptual/RemoteNotificationsPG/ApplePushService/ApplePushService.html, diakses 12 Januari 2011.
[2] Google, 2011, Android Cloud to Device Messaging Framework, http://code.google.com/intl/id/android/c2dm/, diakses 12 Januari 2011.
[3] Grey, A.M. dan Reid, K.S., 2006, Event Sponshorship, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit PPM, Jakarta.
[4] Michelle, 2010, Android Cloud to Device Messaging to Mobile Phones, http://mobile.downloadatoz.com/tutorial/440,android-cloud-to-device-messaging-to-mobile-phones-how-to.html, diakses 13 Januari 2011.
[5] Putra, S.M., Deliana, H., Rosmiyani, dan Halim, F., 2010, E-Statement Pada Smartphone BlackBerry, Prosiding SNATI UII 2010, 19 Juni 2010, halaman B-78-B-83, Yogyakarta.
[6] Sanjaya, I., 2008, Kompetisi Layanan Push Mail di Kalangan Operator Seluler, http://balitbang.depkominfo.go.id/addfile/jurnal/buletin%20postel/buletin%20vol.6%20no.2%20juni%202008/iman.doc, diakses 30 Oktober 2010.
[7] Shneiderman, B. 1998. Designing The User Interface: Strategies for Effective Human Computer Interaction. Massachusetts: Addison Wesley Longman.
[8] Suseno, I, 2005, Cara Pinter Jadi Event Organizer, CV. Galang Press, Yogyakarta.
[9] Wikipedia, 2010, Push Technology, http://en.wikipedia.org/wiki/Push_technology, diakses 30 Oktober 2010.
[10] Wikipedia, 2010, Komputasi Awan, http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan, diakses 30 Oktober 2010.
DOI: https://doi.org/10.22146/ijccs.5214
Article Metrics
Abstract views : 6853 | views : 5942Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2011 IJCCS - Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats1