Stres Akademik dan Perceived Social Support sebagai Prediktor Kesehatan Mental Remaja Akhir

Diana Fitria Salsabila, Ila Nurlaila Hidayat, Zulmi Ramdani
(Submitted 30 July 2022)
(Published 31 October 2022)

Abstract


Remaja merupakan kelompok usia yang banyak dibebankan tanggung jawab dan tuntutan baru sehingga banyak ahli mengatakan bahwa remaja sangat rentan mengalami permasalahan psikologis. Remaja yang juga berperan sebagai mahasiswa tak jarang merasakan stres akademik akibat tuntutan dan tekanan dalam perkuliahan. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi peran stres akademik dan perceived social support dalam memprediksi kesehatan mental remaja akhir. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif yang melibatkan 255 subjek dengan teknik accidental sampling. Hasil uji T, uji F dan analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh dari stres akademik dan perceived social support terhadap kesehatan mental. Hasil penelitian menyimpulkan stres akademik dan perceived social support menjadi prediktor bagi tinggi rendahnya kesehatan mental remaja akhir.

Keywords


stres akademik; perceived social support; kesehatan mental; remaja akhir; mahasiswa; academic stress; college student; late adolescent; mental health; perceived social support

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.76711

References


Akila. (2017). Pengaruh insentif dan pengawasan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV Vasel Palembang. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 35–48. http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v2i2.250

Aliyah, P. N., & Kusdiyati, S. (2021). Pengaruh perceived social support terhadap psychological distress pada remaja x di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i1.226

Amalina, R. N., & Khasanah, I. (2015). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13168

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p

As’ari, R. (2018). Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam melestarikan lingkungan hubungannya dengan perilaku menjaga kelestarian kawasan bukit sepuluh ribu di kota Tasikmalaya. Jurnal GeoEco, 4(1), 9–18.

Aziz, R., & Zamroni, Z. (2019). Analisis faktor konfirmatori terhadap alat ukur kesehatan mental berdasarkan teori dual model. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 16(2), 1. https://doi.org/10.18860/psi.v16i2.8199

Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2), 205510291559671. https://doi.org/10.1177/2055102915596714

Chiang, J. J., Cole, S. W., Bower, J. E., Irwin, M. R., Taylor, S. E., Arevalo, J., & Fuligni, A. J. (2019). Daily interpersonal stress, sleep duration, and gene regulation during late adolescence. Psychoneuroendocrinology, 103, 147–155. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2018.11.026

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th Edition). Sage Publications.

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Sikap menghindari resiko sharing dan knowledge self-efficacy terhadap informal knowledge sharing pada mahasiswa FISE UNY. NominalBarometerRisetAkuntansi dan Manajemen, 2(2), 181–209. http://dx.doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1671

Nur, E. (2013). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif belajar biologi siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2), 85-109. https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.486

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Fitria, Y., & Maulidia, R. (2018). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesehatan jiwa remaja di smpn kota Malang. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 2(6).

Hanifah, N. (2014). Perbandingan tingkat kesukaran, daya pembeda butir soal pilihan ganda asosiasi mata pelajaran ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55.

Ibrahim, A. K., Kelly, S. J., Adams, C. E., & Glazebrook, C. (2013). A systematic review of studies of depression prevalence in university students. Journal of Psychiatric Research, 47(3), 391–400. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2012.11.015

Indrayani, Y. A., & Wahyudi, T. (2018). Situasi kesehatan jiwa di Indonesia. INFODATIN (Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia).

Iskandar, A., & Rizal, M. (2017). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014, November, 155–160.

Jayanthi, P., Thirunavukarasu, M., & Rajkumar, R. (2015). Academic stress and depression among adolescents: a cross-sectional study. Indian Pediatrics, 52(15), 7–9.

Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25–30.

Kiani, Z. S., Latif, R., Bibi, A., Rashid, S., & Tariq, A. (2017). Effect of academic stress on the mental health among college and university student. Multi-Disciplinary Student Research Conference, 27–28.

Laksmita, O. D., Chung, M.-H., Liao, Y.-M., & Chang, P.-C. (2020). Multidimensional Scale of perceived social support in Indonesian adolescent disaster survivors: A psychometric evaluation. PLOS ONE, 15(3), e0229958. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0229958

Majrika, R. Y. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Remaja SMA di SMA Yogyakarta.

Menon, A. (2013). Early adolescents' perception of personal, parents related, school related and teacher related stress. International Journal of Scientific and Research Publication, 3(8), 1–6.

Nasution, F. Z. (2018). Gambaran konflik emosi remaja dengan orang tua menggunakan metode sack’s sentence completion test. Kognisi Jurnal, 2(2), 122–135.

Oktaviani, Z. A., & Suprapti, V. (2021). Pengaruh psychological well-being terhadap stres akademik siswa sma di masa Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 965. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.27667

Oswalt, S. B., Lederer, A. M., Chestnut-Steich, K., Day, C., Halbritter, A., & Ortiz, D. (2020). Trends in college students’ mental health diagnoses and utilization of services, 2009–2015. Journal of American College Health, 68(1), 41–51. https://doi.org/10.1080/07448481.2018.1515748

Pedrelli, P., Nyer, M., Yeung, A., Zulauf, C., & Wilens, T. (2015). College students: Mental health problems and treatment considerations. Academic Psychiatry, 39(5), 503–511. https://doi.org/10.1007/s40596-014-0205-9

Perkasa, G. (2020). Tak hanya orang dewasa, anak remaja pun bisa mengalami gangguan mental. Kompas.Com.

Poudel, A., Gurung, B., & Khanal, G. P. (2020). Perceived Social support and psychological wellbeing among Nepalese adolescents: The mediating role of self-esteem. BMC Psychology, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s40359-020-00409-1

Putri, W. D. A. W. (2014). The prevalence of psychosocial stress and affecting factors among the students XII grade science and social education at SMAN 6 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 3(11).

Rachmawati, A. A. (2020). Darurat kesehatan mental bagi remaja. Egsa.Geo.Ugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/

Santrock, J. W. (2010). Life-span development (13th Ed.). McGraw-Hill.

Sawyer, S. M., Azzopardi, P. S., Wickremarathne, D., & Patton, G. C. (2018). The age of adolescence. The Lancet Child & Adolescent Health, 2(3), 223–228. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(18)30022-1

Susanti, R. (2019). 20 Persen mahasiswa di bandung berpikir serius untuk bunuh diri.

Tyler, C. P., Olsen, S. G., Geldhof, G. J., & Bowers, E. P. (2020). Critical consciousness in late adolescence: Understanding if, how, and why youth act. Journal of Applied Developmental Psychology, 70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.