Self-esteem dan Prestasi Akademik sebagai Prediktor Subjective Well-being Remaja Awal
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran self-esteem dan prestasiakademik terhadap subjective well-being remaja awal. Subjek penelitian adalah remaja awalyaitu berusia 12 hingga 15 tahun berjumlah 326 orang dan berada di tingkat SekolahMenengah Pertama (SMP). Penelitian ini dilakukan di kota Padang, Sumatera Barat.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala subjective well-being remaja awal,skala self-esteem, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresiberganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-esteem dan prestasi akademiksecara bersama tidak dapat memprediksi subjective well-being remaja awal. Akan tetapi,hanya self-esteem yang dapat memprediksi subjective well-being remaja awal. Self-esteemmemiliki sumbangan efektif sebesar 53,4% terhadap subjective well-being remaja awal.
DOI: 10.22146/gamajop.8815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Gadjah Mada Journal of Psychology