The Effect of Academic Resilience and Social Support towards Student Involvement in Online Lecture
Abstract
Keywords
DOI: 10.22146/gamajop.68594
References
Ahmed, U., Umrani, W. A., Qureshi, M. A., & Samad, A. (2018). Examining the links between teachers support, academic efficacy, academic resilience, and student engagement in bahrain. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 5(9), 39-46. https://doi.org/10.21833/ ijaas.2018.09.008
Amalia, R., & Hendriani, W. (2017). Pengaruh resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap student engagement pada santri mukim pondok pesantren nurul Islam karangcempaka sumenep. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 1-13. Retrieved from http://url.unair.ac.id/5e974d38
Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa fakultas psikologi undip). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 69-81. https://doi.org/10.14710/jpu. 12.1
Dharmayana, I. W. (2012). Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76-94. https://doi.org/10.22146/jpsi.6968
Fikrie & Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 103-110. Retrieved from http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/13
Firman & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Fredricks, J. A., & McColskey, W. (2012). The measurement of student engagement: a comparative analysis of various methods and student self-report instruments. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie, Handbook of Research on Student Engagement. (pp. 763-782). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2018-7_37
Galugu, N. S., & Baharuddin. (2017). Hubungan antara dukungan sosial, motivasi berprestasi dan keterlibatan siswa di sekolah. Journal of Islamic Education Management, 3(2), 53-64. Retrieved from http://jurnal.radenfatah. ac.id/index.php/El-idare
Gunarta, M. E. (2015). Konsep diri, dukungan sosial dan penyesuaian sosial mahasiswa pendatang di Bali. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 183-194. https://doi.org/ 10.30996/persona.v4i02.560
Halimah. L., Kusdiyati. S., & Susandari. (2017). Pengaruh konteks teman sebaya terhadap keterlibatan belajar dengan mediator self-system proses. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2). 265-274. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1612
Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru. Empathy, 1(2), 79-89. Retrieved from https://media.neliti.com/media/ publications/241983
Hardiansyah., Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana. (2020). Penyusunan alat ukur resiliensi akademik. Psikostudia, 9(3), 185-194. https://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3159
Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What is resilience?. The Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258-265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi covid-19: peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 12-23. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi mahasiswa atas penggunaan aplikasi perkuliahan daring saat wabah covid-19. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 4(1), 47-56. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301
Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 1(2), 244-251. https: //dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1204
Pattynama, P. C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2019). Peran regulasi diri dalam belajar dan keterlibatan akademik terhadap intensi mengundurkan diri dengan resiliensi sebagai mediator. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(2), 307-317. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.5629
Rahman, I., & Rusli, D. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap. Jurnal Riset Psikologi, 1(1), 1-11. https://dx.doi.org/10.24036/ jrp.v2020i1.7967
Rokhmatika, L., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan. Jurnal BK UNESA, 1(1), 149-157. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa
Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Tanjak: Journal of Education and Theaching, 1(2), 147-153. https://doi.org/10.35961/ tanjak. v1i2.146
Rusman, A. A., & Nasution, F. (2020). Deskripsi kebahagiaan belajar mahasiswa BKI pada masa pandemi covid-19. AL-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 1-7. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad
Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Satyaninrum, I. R. (2014). Pengaruh school engagement, locus of control, dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik remaja. Tazkiya Journal of Psychology, 2(1), 1-20. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i1.10749
Sara, E. P., & Idris, S. (2020). Pengaruh dukungan sosial dan karir efikasi diri terhadap pilihan karir dengan eksplorasi karir sebagai pemediasi pada mahasiswa S1 fakultas ekonomi dan bisnis universitas syiah kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 98-113. https://doi.org/10.24815/jimen.v5i1.14176
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Empati, 5(2), 177-182. Retrieved from https: //ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979
Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22. https://doi.org/10.15294/IJGC.V9I1.38674
Sholeh, M. (2019). Korelasi penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran di uin antasari Banjarmasin. Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 3(1), 138-164. https://dx/doi.org/10.33754/ jalie.v3i1.226
Skinner, E. A., & Pitzer, J. R. (2012). Developmental dynamics of student engagement, coping, and everyday resilience. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie, Handbook of Research on Student Engagement (pp. 21-44). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2018-7_2
Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran perkuliahan daring mahasiswa ilmu keolahragaan unesa di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), 147-156. Retrieved from https:// jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/34491
Taufiqurrahman, M. (2020). Perkuliahan daring mata kuliah ilmu pendidikan Islam pada masa darurat covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 213-224. https://dx/doi.org/ 10.32832/tadibuna.v9i2.3151
Qudsyi, H., Sa’diyah, S. K., & Mahara, R. (2016). Student engagement among high-school students in Indonesia: prediction of family functioning and peer support. International Conference on Education, Psychology, and Social Sciences, 1(1), 247-266. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/323357524
Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa PGSD di saat pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177. https://doi.org/10.36232/ pendidikan.v8i2.458
Wisuda, A. K. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan student engagement pada siswa di sekolah inklusi Kota Salatiga. Published manuscript. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Retrieved from: //dspace.uii.ac.id/handle/123456789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.