Hardiness, Dukungan Sosial, dan Penyesuaian Diri Guru Tingkat Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

Immatulfathina Purifiedriyaningrum, Edilburga Wulan Saptandari
(Submitted 11 June 2021)
(Published 23 May 2022)

Abstract


Guru sebagai salah satu aktor utama dalam pendidikan perlu memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik agar mampu merespon ketidakpastian, perubahan, dan kebaruan secara efektif. Riset ini bertujuan untuk mengetahui peran hardiness dan dukungan sosial pada penyesuaian diri guru dalam konteks pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di tingkat sekolah dasar. Sebanyak 198 guru di tingkat sekolah dasar terlibat dalam studi survei kuantitatif ini.  Penelitian ini menggunakan convenience sampling sebagai teknik sampling dan menggunakan analisis regresi berganda untuk menganalisis data yang diperoleh. Tiga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala hardiness, skala penyesuaian diri, dan skala dukungan sosial. Hasil analisis membuktikan bahwa secara simultan hardiness dan dukungan sosial berperan pada penyesuaian diri guru dengan sumbangan efektif sebesar 47,8% (F = 89,21; p < 0,01). Hasil tersebut dapat menjadi salah satu dasar bagi pengambil kebijakan di dunia pendidikan guna meningkatkan kemampuan guru dalam menyesuaikan diri menghadapi perubahan yang terus terjadi.


Keywords


dukungan sosial; guru; hardiness; pembelajaran daring; penyesuaian diri

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajop.66553

References


Adamczyk, K. (2016). An investigation of loneliness and perceived social support among single and partnered young adults. Current Psychology: A Journal for Diverse Perspectives on Diverse Psychological Issues, 35(4), 674–689. https://doi.org/10.1007/s12144-015-9337-7

Afiatin, T., Adiyanti, M. G., Himam, F., & Handayani, A. (2015). Factors impacting work family balance of working mothers. Indonesian Psychological Journal, 30(4), 178-190. https://doi.org/10.24123/aipj.v30i4.550

Anbazhagan, A., & Gurumoorthy, S. (2015). Social support and role conflict-What is the link. Journal of Management, 7(1), 193-198.

Bartone, P., Kelly, D., & Matthews, M. D. (2013). Psychological hardiness predicts adaptability in military leaders: A prospective study. International Journal of Selection and Assesment, 21(2), 200-210. https://doi.org/10.1111/ijsa.12029

Biya, C. I. M. J., & Suarya, L. M. K. S. (2016). Hubungan dukungan sosial dan penyesuaian diri pada masa pensiun pejabat struktural di pemerintahan Provinsi Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 354-362. https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i02.p17

Burner, T. (2018). Why is educational change so difficult and how can we make it more effective?. Forskning & Forandring, 1(1), 122-134. https://doi.org/10.23865/fof.v1.1081

Cahyani, R. A. (2019). Peran hardiness dan keparahan autisme terhadap stres pengasuhan ibu dengan moderator dukungan sosial (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada.

Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310-57. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310

Ekanita, A., & Putri, D. R. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada santriwati kelas VII MTs Pondok Pesantren Modern Islam Sukoharjo. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 24(2), 149-154. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art5

Ermawati, A. Y. (2017). Pengaruh religiusitas, dukungan sosial, dan penyesuaian diri terhadap kesejahteraan subjektif lansia yang tinggal di panti wreda (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada.

Fitri, I., Syofyan, E., & Aimon, H. (2016). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi produktivitas tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat. Jurnal Kajian Ekonomi, 4(7), 1-14.

Fitroh, S. F. (2011). Hubungan antara kematangan emosi dan hardiness dengan penyesuaian diri menantu perempuan yang tinggal di rumah ibu mertua (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada.

French, K. A., Dumani, S., Allen, T. D., & Shockley, K. M. (2018). A meta-analysis of work family conflict and social support. Psychological Bulletin, 144(3), 284-314. https://doi.org/10.1037/bul0000120

Hedayati, M., & Khaeez, P. (2015). The relationship between psychological hardiness and achievement motivation. International Journal of Research in Social Sciences, 5(3), 1-9.

Hurlock, E. B. (2008). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.

Isnawati, D., & Suhariadi, F. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri masa persiapan pensiun pada karyawan PT Pupuk Kaltim. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2(1), 1-6.

Liu, Y., Wang, Z., Zhou, C., & Li, T. (2014). Affect and self-esteem as mediators between trait resilience and psychological adjustment. Personality and Individual Differences, 66, 92-97. https://doi.org/10.1016/j.paid.2014.03.023

Maddi, S. R., & Kobasa, S. C. (1984). The hardy executive: Health under stress. Dow Jones-Irwin.

Maddi, S. R. (2006). Hardiness: The courage to grow from stresses. The Journal of Positive Psychology, 1(3), 160–168. https://doi.org/10.1080/17439760600619609

Muarifah, A., & Barida, M. (2018). Correlational model of coping strategy, social interaction, and self-adjustment. Psikopedagogia, 7(2), 58-66.

Muna, A. N., Rauf, D. T. B., & Krismantari, I. (2020, Agustus 6). Angka KDRT di Indonesia meningkat sejak pandemi COVID-19: penyebab dan cara mengatasinya. The Conversation. https://theconversation.com/angka-kdrt-di-indonesia-meningkat-sejak-pandemi-covid-19-penyebab-dan-cara-mengatasinya-144001

Murray, C., Lombardi, A., Bender, F., & Gerdes, H. (2012). Social support: Main and moderating effects on the relation between financial stress and adjustment among college students with disabilities. Social Psychology of Education, 16, 277-295. https://doi.org/10.1007/s11218-012-9204-4

Nurani, D. (2021). Menyiapkan pendidik profesional di era society 5.0. Direktorat Pendidikan Sekolah Dasar Kemdikbud. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50#

Passer, M. W., & Smith, R. E. (2008). Psychology the science of mind and behavior. McGraw-Hill.

Payandeh, F., Etemadi, A., & Karami, A. (2013). The impact of hardiness training on adjustment of adolesents. Journal Counseling Research and Development, 12(45), 115-130.

Purba, J., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Jurnal Psikologi, 5(1), 77-87.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388

Salsman, J. M., Brown, T. L., Brechting, E. H., & Carlson, C. R. (2005). The link between religion and spiritualityand psychological adjustment: The mediating role of optimism and social support. Personality and Social Psychology Bulletin. 31(4), 522-535. https://doi.org/10.1177/0146167204271563

Santoso, M. D. Y. (2020). Dukungan sosial dalam situasi pandemi COVID-19. Press Jurnal Litbang Sukowati, 5(1), 11-26.

Santrock, J. W. (2006). Human adjustment. McGraw-Hill.

Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Edisi kedua). John Wiley.

Schneiders, A. (1964). Personal adjustment and mental health. Holt, Rinehart and Winston.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (Edisi keenam). Pustaka Pelajar.

Sheridan, C. L., & Radmacher, S. A. (1992). Health psychology: Challenging the biomedical model. John Wiley and Sons Inc.

Siregar, S. (2017). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Bumi Aksara.

Soeparwoto, S., Hariyadi, S., Hendriyani, R., & Litfiah, L. (2004) Psikologi perkembangan. Unnes Press.

Soulsby, L. K., & Bennet, K. M. (2015). Marriage and psychological wellbeing: The role of social support. Psychology, 6(11), 1349-1359. https://doi.org/10.4236/psych.2015.611132

Tanner, S. (2018). The relationship between attachment, self-regulation, and resilience in undergraduate students’ college adjustment (Disertasi tidak dipublikasikan). Walden University. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations/4947

Tokarskaya, L. (2018). Comparative study of hardiness referring to adolescents with musculoskeletal disorders and adolescents with normal development. KnE Life Sciences, 4(8), 856-867. https://doi.org/10.18502/kls.v4i8.3343

Uchino, B. N. (2004). Social support and physical health: understanding the health consequences of relationships. Yale University Press.

Vito, B., Krisnani, H., & Resnawaty, R. (2016). Kesenjangan pendidikan desa dan kota. Prosiding KS: Riset & PKM, 2(2), 147-300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263-278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.