Kesesuaian Kompetensi Mata Kuliah Pendukung TAP ASIP4500 Dengan Kompetensi Lulusan Program D-IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi Universitas Terbuka

https://doi.org/10.22146/diplomatika.61839

Dewi Maharani Rachmaningsihh(1*)

(1) Universitas Terbuka, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


TAP (Tugas Akhir Program) merupakan evaluasi akhir yang berisi sejumlah soal ujian dalam bentuk studi kasus berdasarkan fenomena yang terjadi. Ujian ini harus ditempuh mahasiswa sebagai bagian dari tahap akhir kelulusan. Hal ini menjadi menarik karena Program Diploma IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi Universitas Terbuka merupakan satu – satunya program kearsipan yang menyelenggarakan tugas akhir berupa ujian tertulis (TAP ASIP 4500). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana capaian pembelajaran matakuliah pendukung TAP ASIP4500 dan bagaimana kesesuaian kompetensi matakuliah pendukung TAP ASIP4500 dalam mencapai tuntutan kompetensi lulusan Program Studi D-IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian pembelajaran matakuliah pendukung TAP ASIP4500 serta menganalisis kesesuaian kompetensi matakuliah pendukung TAP ASIP4500 dalam mencapai tuntutan kompetensi lulusan prodi. Metode yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah tersebut adalah kualitatif, khususnya komparatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Studi dokumen digunakan terhadap data – data yang berhubungan dengan kebijakan pelaksaan TAP ASIP4500. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian pembelajaran matakuliah pendukung TAP ASIP memiliki karakteristik kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi matakuliah pendukung TAP ASIP4500 belum sepenuhnya merepresentasikan kompetensi lulusan dan terdapat ketidaksesuaian antara kompetensi matakuliah pendukung TAP ASIP4500 profil kompetensi lulusan.

Keywords


kompetensi; TAP ASIP4500; lulusan; Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

Full Text:

PDF


References

AAI. (2009). Keputusan Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia Nomor 06/AAI/2009 tentang kode etik profesi.

ANRI. (2017). Peraturan Kepala ANRI No 23 Tahun 2017 tentang Perubahan Perka ANRI No 5 Tahun 2016 Standar Kualitas Hasil Kerja Pejabat Fungsional Arsiparis. , Pub. L. No. Nomor 23 Tahun 2017.

Bukhori, F. (2019). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Arsiparis di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Jurnal Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 2019 Vol 12(1).

Faqih, A. (2014). Revitalisasi Mata Kuliah TAP Program S1 PGSD Untuk Mendukung Penyiapan Kompetensi Profesional Calon Lulusan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Diunduh melalui http://repository.ut.ac.id/5908/

Hutapea, P. (2008). Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus Dan Penerapan Untuk HR Serta Organisasi Yang Dinamis. Diunduh melalui https://books.google.co.id/books?id=BahfG7VnoiYC&pg=PA5&dq=kompetensi+adalah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi8hcvYqfjmAhXSR30KHa5nBzMQ6AEIKTAA#v=onepage&q=kompetensi adalah&f=false

Indrawati, E. (2007). Penjaminan Kualitas Lulusan Melalui Penyelenggaraan Tugas Akhir Program. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, Vol. 8 No., 1–14.

Kemendikbud. (1994). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 056/U/1994. , Pub. L. No. 056/V/1994, 225 (1994).

Mantra I. (2008). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menteri Pendidikan Nasional. 2000. Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Pub. L. No. NOMOR 232/U/2000.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Pub. L. No. Nomor 8 Tahun 2012.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Permenristekdikti. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pub. L. No. Nomor 44 Tahun 2015.

Sudiyanto. (2013). Beberapa Regulasi yang Menguatkan Eksistensi Arsiparis. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 12. Diunduh melalui http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/5.

Sudiyanto. (2014). Refleksi SDM Arsiparis Dalam Menyongsong 43 Tahun Kearsipan Indonesia. Media Dirgantara Volume 9 No 1 Maret 2014.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Universitas Terbuka. (2005). Panduan belajar TAP Program Studi S1-Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Jakarta: Universitas Terbuka



DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.61839

Article Metrics

Abstract views : 7679 | views : 3891




Copyright (c) 2020 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

....................................................................................................................................................................................................................................................

The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.

View My Stats

  

                                                                      The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan has been indexed on:

gs