EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kudus)

https://doi.org/10.22146/abis.v4i1.59343

Yuli Wijayanto(1*)

(1) Maksi FEB UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengevaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kantor Bea Cukai Kudustahun 2015 dan 2016. Penelitian ini berupaya untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian, yaitu1) Bagaimana keselarasan komponen SAKIP mulai dari perencanaan strategis sampai dengan pelaporan kinerja di Kantor Bea Cukai Kudus? 2) Bagaimana kategori indikator kinerja dalam implementasi SAKIP di Kantor Bea Cukai Kudus? 3) Faktor-faktor apakah yang berperan dalam implementasi SAKIP di Kantor Bea Cukai Kudus?Data hasil dokumentasi dan data hasil wawancara dikumpulkan untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian tersebut. Data hasil dokumentasi dievaluasi dengan menggunakan model Performance Blueprint (PB) yang dikembangkan oleh Dr. Paul J. Longo (2002), sedangkan data hasil wawancara dievaluasi dengan menggunakan Siklus Analisis dari Hennink dkk (2011).Penelitian ini menemukan adanya ketidakselarasan antara dokumen rencana strategis, perjanjian kinerja, dan pelaporan kinerja. Indikator kinerja di Kantor Bea Cukai Kudus tahun 2015 dan 2016 sebagian besar berorientasi pada penyedia layanan,belum berorientasipada masyarakat. Selanjutnya, penelitian ini menemukan faktor-faktor yang berperan dalam implementasi SAKIP, yaitu faktor teknis organisasi dan faktor motivasi. Selain itu, tekanan isomorfisma koersif dan normatif ada dalam implementasi SAKIP di Kantor Bea Cukai Kudus.

Keywords


Abis, Abisugm, Abismaksi, Maksi, Maksiugm, Feb, Febugm, ugm, akuntabilitas, SAKIP,Empat Kuadran, isomorfisma, bea cukai.

Full Text:

PDF


References

Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Presiden Republik Indonesia, (15 Juli 1999).________, 2015. Laporan Kinerja (LAKIN) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Tahun Anggaran 2015. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.________, 2016. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.01/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kementerian Keuangan RI, (5 Desember 2016).________, 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 Tentang22Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Presiden Republik Indonesia, (3 April 2006).________, 2014. Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Presiden Republik Indonesia, (21 April 2014).________, 1999. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Presiden Republik Indonesia, (19 Mei 1999).Adiyarti, A., 2016. Evaluasi dan Strategi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah: Studi pada Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Universitas Gadjah Mada.Ahyaruddin, M. & Akbar, R., 2016. The relationship between the use of a performance measurement system, organizational factors, accountability, and the performance of public sector organizations. Journal of Indonesian Economy and Business, 31(1), pp.1–22. Tersedia di: http://prisma.lppm.ugm.ac.id/publication/27246.Akbar, R., 2011. Performance Measurement and Accountability in Indonesian Local Government, Perth, Australia: disertasi: Curtin University.Akbar, R., Pilcher, R. & Perrin, B., 2012. Performance measurement in Indonesia: The case of local government. Emerald Group Publishing Limited, 24(3), pp.262 – 291. Tersedia di: http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=17063731&show=abstract.Akbar, R., Pilcher, R.A. & Perrin, B., 2015. Implementing performance measurement systems : Indonesian Local Goverment Under Pressure. Emerald Group Publishing Limited, 12(1), pp.3–33.Amstrong, M. & Baron, A., 1998. Performance Management, Londong: Institute of personnel and Development.Aziz, M.I., 2016. Analisis Perbedaaan Penerapan SAKIP pada Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Universitas Gadjah Mada.Basuki, S., 2016. Laporan Hasil evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja DJBC Tahun 2015 Nomor LAP-039/I.J.3/2016 tanggal 27 April 2016,Chiarini, A., 2016. Strategies for improving performance in the Italian local government organizations: Can ISO 9001 really help? Emerald Group Publishing Limited, 33(3), pp.344–360.Creswell, J.W., 2014. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, United States of America: SAGE Publications.DiMaggio, P.J. & Powell, W.W., 1983. The Iron Cage Revisited : Institutional Isomorphism and Collective Rationality in Organizational Fields. American Sociological Review, 48(2), pp.147–160.Dubnick, M.J., 2003. Accountability and ethics: Reconsidering the relationships. International Journal of Organization Theory and Behavior, 6(3), pp.405–441.Friedman, M., 2005. Trying Hard Is Not Good Enough, United States of23America: FPSI Publishing.Gudono, 2016. Teori Organisasi -Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Hennink, M., Hutter, I. & Bailey, A., 2011. Qualitative Research Methods, London: SAGE Publications.Kemenpan&RB, 2015. Rapor Akuntabilitas Kinerja K/L dan Provinsi Meningkat. Humas Menpan&RB. Tersedia di: http://www.menpan.go.id/berita-terkini/4170-rapor-akuntabilitas-kinerja-k-l-dan-provinsi-meningkat# diakses pada tanggal 6 Februari 2017.Knowlton, L.W. & Phillips, C.C., 2013. The Logic Model Guidebook : Better Strategies for Great Result 2nd ed., USA: SAGE Publications.Longo, P.J., 2002. The Performance Blueprint, An Integrated Logic Model Developed to Enhance Performance Measurement Literacy : The Case of Performance-Based Contract Management.Mahsun, M., 2016. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.McLeod, J.R., 2001. Sistem Informasi Manajemen : Jilid 1 7th . diterjemahkan oleh . H. Teguh,, Jakarta: PT Prenhallindo.Mustopadidjaja, 2003. Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara.Primarisanti, H., 2015. Factors Influencing the Success of Performance Measurement : Evidence From Local Government. Journal of Indonesian Economy and Business, 30(1), pp.56–71.Psomas, E.. ., Pantouvakis, A. & Kafetzopoulos, D.., 2013. The impact of ISO 9001 effectiveness on the performance of service companies. Emerald Group Publishing Limited, 23(2), pp.149–164.Romzex, B. & Dubnick, M., 1998. “Accountability” J. M. Shafritz, ed., New York: in International Encyclopedia of Public Policy and Administration, Westview Press.Sari, I.P., 2015. Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah : Studi Pada Pemerintah Kabupaten Sleman. Universitas Gadjah Mada.Schedler, A., Diamond, L.J. & Pllatner, M. f., 1999. The self restraining state: Power and accountability in new democracies, Boulder: CO: Lynne Rienner Publisher.Scott, M.B. & Lyman, S.M., 1968. Accounts. American Sociological Review, 33(1), pp.46–62. Tersedia di: http://www.jstor.org/stable/2092239nhttp://www.jstor.org/stable/2092239?origin=crossref.Setyawan, W., 2009. Prinsip Dasar ISO 9001:2008. Tersedia di: http://www.infometrik.com/2009/08/prinsip-dasar-iso-90012008/. diakses pada tanggal 16 Maret 2017.Sofyani, H. & Akbar, R., 2013. Hubungan Faktor Internal Institusi Dan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Di Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 10(2), pp.184–205.Sofyani, H. & Akbar, R., 2015. Hubungan Karakteristik Pegawai Pemerintah Daerah Dan Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja : JAAI, 19(2), pp.153–173.Syachbrani, W. & AKbar, R., 2013.24Faktor-Faktor Teknis dan Keorganisasian yang Memengaruhi Pengembangan Sistem Pengukuran Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal Revieu Akuntansi dan Keuangan, 3(2), pp.447–464.Utomo, E.W., 2015. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan Pendekatan Model Logika : Studi pada Pemerintah Kota Tarakan. Universitas Gadjah Mada.Walker, R.H. & Johnson, L.W., 2009. Signaling intrinsic service quality and value via accreditation and certification. Managing Service Quality, 19(1), pp.85–105. Tersedia di: http://www.emeraldinsight.com/10.1108/09604520910926827.Wibowo, 2016. Manjemen Kinerja Edisi Kelima, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.Wijaya, A.H.C. & Akbar, R., 2013. the Influence of Information , Organizational Objectives and Targets , and External Pressure Towards the Adoption of Performance Measurement System in Public Sector. Journal of Indonesian Economy and Business, 28(1), pp.62–83.Yin, R.K., 1987. Studi Kasus : Desain dan Metode. diterjemahkan oleh M. D. Mudzakir, , Jakarta: Rajawali Pers.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v4i1.59343

Article Metrics

Abstract views : 1956 | views : 2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500