Evaluasi Sistem Pengendalian Internal (SPI) Pengelolaan Kas: Studi pada Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa

https://doi.org/10.22146/abis.v5i3.59280

Prima Laksita Asmarani(1*), R.A. Supriyono(2)

(1) Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian: (1) Mengevaluasi apakah sistem pengendalian internal pengelolaan kas yang diterapkan pada Sheraton Mustika Yogyakarta telah berjalan secara memadai; (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya SPI pengelolaan kas pada Sheraton Mustika Yogyakarta; (3) Memberikan saran dan rekomendasi atas hasil evaluasi.Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan menggunakan Internal Control Questionnaire (ICQ) sebagai acuan, wawancara mendalam, dan observasi atau pengamatan langsung. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dihasilkan simpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian.Temuan: (1) Sistem pengendalian internal pengelolaan kas pada Sheraton Mustika Yogyakarta sudah memadai, namun ada hal-hal yang masih perlu diperbaiki; (2) Hal yang masih perlu diperbaiki adalah sebagai berikut: perusahaan belum memiliki jenjang karir yang jelas untuk karyawannya, struktur organisasi belum diperbarui, perusahaan belum mengklasifikasikan risiko rendah, sedang dan tinggi dan penanganannya, perusahaan belum melakukan antisipasi secara optimal terhadap perubahan model bisnis, perusahaan belum memiliki flowchart secara tertulis terkait prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, perusahaan belum menyediakan jalur khusus untuk pengaduan (whistle blower); (3) Saran yang diberikan adalah sebagai berikut: membuat standar baku untuk jenjang karir karyawan, menetapkan struktur penanganan risiko kas sesuai dengan kriteria klasifikasi risiko dan penanganannya, membentuk flowchart baku, melakukan online marketing di media sosial, membentuk jalur khusus pengaduan (whistle blower).

Keywords


Abis, Abisugm, Abismaksi, Maksi, Maksiugm, Feb, Febugm, ugm,SPI; COSO; kas; penerimaan kas; pengeluaran kas.

Full Text:

PDF


References

Arens, A. A., Elder, R. J., Beasley, M. S., & Hogan, C. E. (2009). Auditing and Assurance Services. New Jersey: Pearson .Champion, D. J. (1990). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Jakarta: PT Refika.COSO. (2013, May). COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission). Internal Control - Integrated Framework, p.6.Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. United States of America: SAGE Publications,Inc.Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. United States of America: SAGE Publications Inc.Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). (2001). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.Romney, M. B., & John Steinbart, P. (2015). Accounting Information System. United States of America: Pearson.Sekaran, Uma, & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. United Kingdom: John Wiley & Sons.Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Wahyono, T. (2010, November). Pengelolaan Kas. Dipetik Oktober 20, 2016, dari Scribd: https://www.scribd.com/doc/44210234/Pengelolaan-Kas



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v5i3.59280

Article Metrics

Abstract views : 1897 | views : 5315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500