TARIF BEA MASUK BARANG DIGITAL YANG BERSEDIA DIBAYAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR BEA MASUK BARANG DIGITAL

https://doi.org/10.22146/abis.v6i4.58796

Abi Falah Maharseto(1*), Abdul Halim(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengukur tarif bea masuk atas barang digital yang bersedia dibayar berdasarkan pendekatan willingness to pay (WTP) dan menganalisis pengaruh kesadaran membayar bea masuk, pemahaman peraturan kepabeanan, persepsi sistem kepabeanan yang efektif, dan persepsi kualitas layanan kepabeanan terhadap kesediaan membayar bea masuk barang digital. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Untuk mengukur tarif  bea masuk atas barang digital yang bersedia dibayar digunakan model dichotomous choice question double bounded sedangkan untuk menganalis pengaruh variabel bebas menggunakan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan mean tarif bea masuk barang digital yang bersedia dibayar adalah 6,40%. Kemudian berdasarkan analisis regresi didapatkan hasil bahwa hanya variabel kesadaran membayar bea masuk yang secara signifikan memengaruhi kesediaan membayar bea masuk barang digital. Hal tersebut menunjukkan bahwa responden yakin dalam membayar bea masuk barang digital karena bea masuk merupakan pajak yang ditetapkan oleh undang-undang, bea masuk merupakan bentuk pengabdian kepada negara, bahwa bea masuk digunakan untuk pembangunan negara dan tidak membayar bea masuk dapat merugikan negara.


Keywords


Tarif Bea Masuk, Barang Digital, Kesediaan Membayar Bea Masuk Barang Digital, Kesadaran Membayar Bea Masuk

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Asdar dan Badrullah. 2016. Method of Successive Interval in Community Research (Ordinal Transformation Data to Interval Data in Mathematic Education Studies). International Journal of Social Science and Humanities Research ISSN 2348-3164. Diakses pada 2 Juli 2018. http://www.researchpublish.com/download.php?file=Method%20of%20Successive%20Interval-3247.pdf&act=book. Australian Taxation Office. 2017. Buying digital goods or services from overseas – for Australian consumers. Diakses pada 17 Februari 2018. https://www.ato.gov.au/Business/International-tax-for-business/In-detail/Buying-digital-goods-or-services-from-overseas---for-Australian-consumers/. Bruce, Donald, W. F. Fox, W. B. Stokely, dan LeAnn Luna. 2009. State and Local Government Sales Tax Revenue Losses from Electronic Commerce. The University of Tennessee. Diakses pada 10 Maret 2018. http://cber.utk.edu/ecomm/ecom0409.pdf. Buckland, S. T., D. C. Macmillan, E. I. Duff dan N. Hanley. 1999. Estimating Mean Willingness To Pay From Dichotomous Choice Contingent Valuation Studies. Journal of the Royal Statistical Society. Series D (The Statistician), Vol. 48, No. 1(1999), pp. 109-124. Diakses pada 21 Desember 2017. www.jstor.org/stable/2680900. Cannistra, Daniel dan M. A. Rodriguez Cuadros. 2010. Digital Convergence and Electronic Commerce: Customs and Trade Implication. Global Trade and Customs Journal, Volume 5, Issue 4. Diakses pada 17 Februari 2018. https://www.crowell.com/files/Digital-Convergence-and-Electronic-Commerce-Customs-and-Trade-Implications.pdf. Cawley, John. 2008. Contingent Valuation Analysis of Willingness To Pay To Reduce Childhood Obesity. Economics and Human Biology 6 (2008) 281-292. Diakses pada tanggal 21 Desember 2017. https://doi.org/10.1016/j.ehb.2008.05.003. Devano, Sony dan S.K. Rahayu. 2006. Perpajakan Konsep, Teori, dan Isu. Edisi Pertama. Prenada Media Group, Jakarta. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang. Gupta, Monika. 2016. Willingness To Pay Carbon Tax: A study of Indian road Passenger Transport. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2015.09.001. Green, Samuel B. 1991. How Many Subjects Does It Take To Do A Regression Analysis. Multivariate Behavioral Research, 26 (3), 499-510. Diakses pada 5 April 2018. https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603_7. Hanneman, W. Michael. 1991. Willingness To Pay and Willingness To Accept: How Much Can They Differ? American Economic Review Vol. 81 No. 3, pp. 635-647. Diakses pada 17 Februari 2018. http://www.jstor.org/stable/2006525. Hardiningsih, Pancawati. 2011. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3, Nopember 2011. Diakses pada 12 Februari 2018. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe1/article/download/472/328. Hayward, Benjamin. 2016. “What's in a Name? Software, Digital Products, and the Sale of Goods”. Sidney Law Review Vol 38:441. Diakses pada tanggal 10 Maret 2018. http://dro.deakin.edu.au/eserv/DU:30090231/hayward-whatsinaname-2016.pdf. Heberlein, A. dan R.C. Bishop. 1986. Assessing the Validity of Contingent Valuation: Three Field Experiments. The Science of Total Environment. Diakses pada 12 April 2018. https://doi.org/10.1016/0048-9697(86)90317-7. Heijman, W.J.M dan J.A.C. van Ophem. 2005. Willingness To Pay Tax: The Kurva Laffer Revisited for 12 OECD Countries. The Journal of Socio-Economics 34 (2005) 714–723. Diakses pada tanggal 20 Desember 2017. https://doi.org/10.1016/j.socec.2005.07.013. Lindholm, L. A., M. E. Rosen, dan M.E. Stenbeck. 1997. Determinants of Willingness To Pay Taxes For A Community-Based Prevention Programme. Scandinavian University Press. Diakses pada 19 Februari 2018. DOI: 10.1177/140349489702500210 Mazerov, Michael. 2012. States Should Embrace 21st Century Economy by Extending Sales Taxes to Digital Goods and Services. Center on Budget and Policy Priorities. Diakses pada 11 Februari 2018. https://www.cbpp.org/sites/default/files/atoms/files/12-13-12sfp.pdf. Mitchell, Robert Cameron dan Richard T. Carson. 1989. Using Survey to Value Public Goods: The Contingent Valuation Method, New York: Resource for The Future. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.010/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.010/2017 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor. Quah, Danny. 2003. Digital Goods and the New Economy. CEPR Discussion Paper No. 3846. Diakses pada 26 Februari 2018. https://www.researchgate.net/publication/4808107_Digital_Goods_and_the_New_Economy. Rantung, Tatiana Vanessa dan Priyo Hari Adi. 2009. Dampak Program Sunset Policy terhadap Faktor–Faktor yang Memengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Makalah Simposium Nasional Perpajakan II. Diakses pada 22 Desember 2017. https://priyohari.files.wordpress.com/2010/02/dampak-sunset-policy.pdf. Sekaran, Uma & Roger Bougie. 2016. Research Methods for Business, 7th edition, John Wiley & Sons Ltd. West Sussex. Setyonugroho, Hariyadi dan Bayu Sardjono. 2013. Factors Affecting Willingness To Pay Taxes On Individual Taxpayers At Pratama Surabaya Tegalsari Tax Office. The Indonesian Accounting Review Volume 3, No. 1. Diakses pada 12 Februari 2018. DOI: 10.14414/tiar.v3i01.214. Stehn, Jurgen. 2003. International Trade in Cyberspace: How to Tax Digital Goods. Journal of Economic Integration, Vol. 18, No. 2, pp. 243-265. Diakses pada 19 Februari 2018. http://www.jstor.org/stable/23000595. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana terakhir telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006. United States – Chile Free Trade Agreement. Chapter Fifteen. Diakses pada 19 Februari 2018. https://ustr.gov/trade-agreements/free-trade-agreements/chile-fta/final-text. United States – Peru Free Trade Agreement. Chapter Fifteen. Diakses pada 19 Februari 2018. https://ustr.gov/trade-agreements/free-trade-agreements/peru-tpa/final-text. World Trade Organization. 2018. Work Programme on Electronic Commerce. Ministeral Decision of 13 December 2017. World Trade Organization. https://docs.wto.org/dol2fe/Pages/SS/directdoc.aspx?filename=q:/WT/MIN17/65.pdf. Yakin, Addinul. 2015. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Akademika Pressindo, Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v6i4.58796

Article Metrics

Abstract views : 883 | views : 3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500