Evaluasi Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Kuliah Wajib Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) merupakan salah satu matakuliah wajib yang diharapkan dapat mendukung lahirnya para lulusan, sarjana dan profesional yang berkualitas, smart and good citizen. Karena materi sudah tersedia, maka kunci keberhasilannya terletak pada bagaimana proses pembelajaran dilakukan. Pengembangan metode pembelajaran sudah banyak dilakukan baik oleh institusi mapun dosen secara individual. Pemerintah melalui materi pokok matakuliah yang ditetapkan secara nasional sudah memberikan petunjuk proses pembelajaran yang diharapkan. Pada praktiknya, dosen tetap akan membuat modelnya sendiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan dan menyesuaikan dengan pengalaman dan kemampuannya. Penulis sudah melakukan pengembangan metode pembelajaran dan menemukan model yang relatif baik dengan tetap mendasarkan pada buku acuan, mengelaborasi kemampuan mahasiswa, dan menerapkan secara kolaboratif beberapa metode pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan metode yang dikembangkan, memaparkan hasil evaluasi mahasiswa terhadap unsur-unsur metode yang dikembangkan, menganalisis ketercapaian tujuan pembelajaran, dan merefleksikan diseminasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan direspons baik dan diapresiasi oleh mahasiswa. .Model pembelajaran dianggap sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa. Metode yang diterapkan mampu memberikan pemahaman materi baik pada sisi teori maupun implementasinya, mengembangkan soft skills, memberikan pengalaman-pengalaman baru, dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim. Diperlukan pola diseminasi dari model pembelajaran ini dan kajian yang menjamin bahwa metode ini terus dikembangkan dan dievaluasi menuju capaian lulusan yang diharapkan.