Efektivitas e-Learning pada Pendidikan Tinggi Dengan Menggunakan Learning Management System (Moodle dan Google Classroom)

-

  • Melynda Martha Auliasari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada
  • Affri Dian Pratama Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada
Keywords: efektivitas, pembelajaran jarak jauh, moodle, google classroom

Abstract

Dunia mengalami perubahan yang begitu pesat diakibatkan adanya virus COVID-19. Tidak hanya perubahan dalam dunia kesehatan saja tetapi hal ini berdampak pada dunia pendidikan. Virus COVID-19 yang mengharuskan kebiasaan baru yaitu menjaga jarak atau social distancing. Dimana hal ini mengakibatkan sekolah atau perguruan tinggi melakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan sebuah media yang membantu proses pembelajaran supaya tetap efektif salah satunya adalah moodle dan google classroom. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi faktor keberhasilan pada saat melakukan pembelajaran jarak jauh ketika menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle dan Google Classroom. Penelitian ini bermanfaat untuk membantu para mahasiswa, pendidikan dan juga pendidikan tinggi untuk mendapatkan dan melakukan pembelajaran yang efektif meskipun dilakukan secara jarak jauh. Penelitian ini menerapkan literature review dari beberapa sumber dan penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini membuktikan bahwa Moodle dan Google Classroom memiliki peran penting dalam mensukseskan pembelajaran online (e-learning). Kualitas e-learning dikatakan baik jika ditunjang oleh infrastruktur pembelajaran yang berkualitas. Moodle dan Google Classroom sebagai LMS, dikatakan memberikan kesan positif dalam penggunaanya di perguruan tinggi dengan melihat hasil dari masing-masing kriteria efektivitasnya. Dari kriteria-kriteria yang diberikan, terdapat beberapa persamaan terkait kemudahaan dan kepuasaan penggunaan dimana mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar. Selain itu, karena memiliki fitur tutupnya ruang tugas atau ujian untuk penilaian ketika sudah mencapai waktu yang ditentukan, akan menjadi salah satu standar yang membantu dosen dalam memberikan penilaian.

Published
2024-06-30