Implementasi program anti plagiarisme sebagai upaya meningkatkan kualitas karya ilmiah Mahasiswa di Perpustakaan UGM Kampus Jakarta
Abstract
Penyebab plagiarisme adalah faktor internal (dalam diri) dan faktor eksternal.
Tindakan plagirisme ini merupakan perbuatan yang tidak etis, bisa terjadi karena
pengaruh faktor lingkungan sekitar. Lingkungan sosial memiliki pengaruh yang
besar terhadap perilaku tidak jujur yaitu berupa harapan sosial bahwa seseorang
yang dianggap pandai adalah yang memiliki nilai tinggi, mendapat penghargaan
dan penerimaan di lingkungan social Kejujuran dan orisinalitas karya ilmilah
termasuk etika moral termasuk dalam dalam ranah character building atau
pembentukan karakter. Character building adalah suatu upaya untuk membangun
dan membentuk akhlak budi pekerti seseorang menjadi baikTren kasus
plagiarisme yang terjadi di Indonesia berbeda dengan kasus yang terjadi di luar
negeri. Di Indonesia sudah mencapai level yang lebih tinggi yaitu kalangan
pendidik seperti dosen bahkan pimpinan Universitas. Kegiatan ini diperlukan
sebagai upaya pustakawan mendukung peningkatan kualitas karya ilmiah di
Perguruan tinggi. Peran pustakawan tidak lagi hanya melayani informasi kepada
pemustaka tetapi memiliki tugas memberikan pengetahuan tentang
antiplagiarisme. Perpustakaan UGM Kampus Jakarta sejak tahun 2015 telah
dilakukan kegiatan Literasi informasi untuk mahasiswa. Kegiatan tersebut
menjadi bagian dari peran pustakawan dalam mendukung anti plagiarisme.
Tindakan pencegahan plagiarism menjadi efektif apabila seluruh pihak
berkolaborasi mendukung pelakasanaan.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.