Repertoire Fikih Ibadah dalam Manuskrip Hikayat Wasiat Nabi: Kajian Respons Estetika Wolfgang Iser

  • Adjie Aditya Sanjaya Universitas Gadjah Mada
  • Sudibyo Universitas Gadjah Mada

Abstract

Hikayat Wasiat Nabi (HWN) adalah manuskrip koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan nomor inventaris CS 123. Manuskrip ini ditulis dalam aksara Jawi dengan menggunakan bahasa Melayu. Dalam studi filologi, hasil dari proses penyuntingan teks difokuskan untuk menghasilkan edisi teks kritis sehingga dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca saat ini. Hasil suntingan tersebut kemudian dianalisis dengan teori respons estetika repertoire Wolfgang Iser. HWN merupakan sebuah karya sastra Melayu yang terhubung dengan banyaknya hal-hal familier yang bisa ditemukan pada kitab-kitab Islam seperti Al-Qur’an dan kumpulan hadis. Maka terciptalah rumusan masalah tentang repertoire apa yang terdapat dalam manuskrip ini dan bagaimana bentuk pemaknaan terhadap pengungkapan makna sosial budaya dan nilai historis yang ada. Dari keterhubungan ini, Islam membawa pengaruh terhadap masyarakat yang disentuhnya terkhusus Masyarakat Melayu dan Betawi yang berupa: 1) Isi manuskrip HWN berupa perwujudan anjuran dan larangan yang ditulis oleh penulis, yang merupakan serapan dari kitab-kitab Islam sebagai karya terdahulu; 2) norma sosial dan budaya Melayu Islam (perkembangan Islam di Melayu, Bahasa dan Aksara Melayu, serta budaya perilaku masyarakat Timur Tengah yang kemudian diserap dan mengalami akulturasi sosial budaya); 3) norma historis (Ajaran Islam yang berkembang di Betawi dan hubungan antara Melayu-Betawi pada masa Islam serta kondisi Masyarakat Betawi selama masuknya pengaruh Islam).

References

Al-Quranul Kariim

Abdullah, W. M. Shagir. (2000). Penyebaran Islam dan Silsilah Ulama Sejagat Dunia Melayu. Kuala Lumpur: Pengkajian Khazanah Klasik Nusantara & Khazanah Fathaniyyah.

Anonim. (1849). Hikayat Wasiat Nabi. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. CS 123.

Baried, Siti B. dkk. (1985). Memahami Hikayat Dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

--------------------------. (1985). Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Chambert-Loir, H. (2005). The Sulalat Al-Salatin As a Political Myth. New York: Cornell University Press; Southeast Asia Program Publication at Cornell University. Hlm. 131-160.

----------------------. (2018). Sastra dan Sejarah Indonesia: Tiga Belas Karangan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Hariyadiningsih, F. (1989). Telaah Hikayat Wasiat Nabi. (Skripsi). Depok: Universitas Indonesia Library.

Hadrawi, Muhlis dan Nuraidar Agus. (2022). Alih Bahasa Hikayat Syekh Maradang. Jakarta: Perpusnas Press.

Hussain, Khalid. (1966). Taj Us-Salatin. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Ibrahim, Norhasnira dan Shah, Faisal. A. (2020). The Islamic Influences in Malay Manuscripts Writing: An Overwiew of Some Selected Manuscripts. Sains Insani. Vol. 5. No. 1. Hlm. 57-66. Negeri Sembilan: Pusat Pengajian Teras Universiti Sains Islam Malaysia.

Iser, W. (1978). The Act of Reading: A Theory of Aesthetic Response. Baltimore and London: The Johns Hopkins University Press.

Mamat, Wan. A. W. (2006). Sejarah dan Pertumbuhan Skrip Jawi. Tulisan Jawi Sehimpunan Kajian. Shah Alam: Pusat Penerbitan Universiti (UPENA) Universiti Teknologi MARA.

Raden, Mutakkin. A. Z. dan Adrijanto, M. S. (2017). Hikayat Purasara: Komunikasi Visual Ilustrasi Wayang pada Manuskrip Sastra Betawi Abad ke-19. Jurnal Manassa: Manuskripta. Vol. 7. No. 1. Depok: Sekretariat Masyarakat Permanuskripan Nusantara (Manassa).

Said, Edward W. (2004). Humanism and Democratic Criticism. New York: Columbia University Press.

Sangidu. 2016. Tugas Filolog: Teori dan Aplikasinya dalam Manuskrip-manuskrip Melayu. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Subroto, E. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudibyo. (2007). Kembali ke Filologi: Filologi Indonesia dan Tradisi Orientalisme. Humaniora. Vol. 19. No. 2. Hlm. 107-118. Yogyakarta.

----------. (2015). Filologi: Sejarah, Metode, dan Paradigma. Yogyakarta: Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada dan Masyarakat Permanuskripan Nusantara (Manassa) Cabang Yogyakarta.

Sunandar. (2015). Melayu Dalam Tantangan Globalisasi: Refleksi Sejarah dan Berubahnya Sistem Referensi Budaya. Jurnal Khatulistiwa: Journal of Islamic Studies. Vol. 5. No. 1. Hlm. 60-73.

Wahyuningsih, D. R. (1997). Teks, Hikayat wasiat nabi Transliterasi Teks Serta Telaah Isi. (Skripsi). Depok: Universitas Indonesia Library.

Yunus, A. (1990). Kajian Analisis Hikayat Budistihara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2023-12-31
How to Cite
Sanjaya, A. A., & Sudibyo. (2023). Repertoire Fikih Ibadah dalam Manuskrip Hikayat Wasiat Nabi: Kajian Respons Estetika Wolfgang Iser. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 2(2), 138-153. https://doi.org/10.22146/mecri.v2i2.10215