PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN (POLI PENYAKIT DALAM) DI RSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2024

The Effect of Waiting Time on Patient Satisfaction in the Outpatient Unit (Internal Medicine Clinic) at RSD Idaman Banjarbaru 2024

  • Muhammad Wildan Wildan Universitas Borneo Lestari
Keywords: Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

Abstract

ABSTRACT
Patient satisfaction is a level of feeling that arises as a result of the performance of health services
obtained after being compared with expectations. The aim of this research is to determine the effect
of waiting time on patient satisfaction in the outpatient unit (internal medicine clinic) at RSD Idaman
Banjarbaru in 2024. The method used is a quantitative method with a cross sectional design. Data
collection was carried out using a questionnaire. The results of this study show that there is no
influence between patient satisfaction and the waiting time for TPPRJ services at RSD Idaman
Banjarbaru in 2023 with p-value = 0,372 > 0,05.
Keywords: Waiting Time, Patient Satisfaction
ABSTRAK
Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan yang muncul sebagai akibat dari kinerja layanan
kesehatan yang diperoleh setelah membandingkan dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di unit rawat jalan (poli penyakit
dalam) di RSD Idaman Banjarbaru tahun 2024. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif
dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kepuasan pasien dengan
Waktu Tunggu Layanan TPPRJ di RSD Idaman Banjarbaru tahun 2023 dengan p-value = 0,372 >
0,05.
Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

References

Agustina, R. (2020). Hubungan waktu tunggu pendaftaran dengan kepuasan pasien di tempat
pendaftaran pasien rawat jalan di puskesmas perawatan satui (Doctoral dissertation,
Universitas Islam Kalimantan MAB).
Anonim. Definisi, tugas dan fungsi Rumah sakit Menurut WHO. http ://kedai
obat.co.ccWordpress.com. diakses pada tanggal 27 oktober 2023
Apriani, E. W. (2012). Pengaruh Metode Learning Starts Witha Question Terhadap Kemampuan
Menulis Artikel Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri I Kualuh Hulu Tahun Pembelajaran
2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Aspuah, S. (2020). Kumpulan Kuesioner dan Instrumen Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.
Azizah, S. (2024). Analisis Situasi dan Identifikasi Layanan Rawat Jalan RS Islam Jakarta Pondok
Kopi. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 10(1), 102-106.
Azwar, A. (1996). Menuju pelayanan kesehatan yang lebih bermutu. Yayasan Penerbitan Ikatan
Dokter Indonesia.
Azwar, A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: pustaka sinar harapan, 1496.
Bayu, S. N. (2017). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan
Rumah Sakit Santa Clara Madiun Tahun 2017.
Charis Asyifa, A. (2020). Komparasi Keaktifan Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw
Dan Cardshort Pada Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Hasan Muchyi
Kapurejo Pagu Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KEDIRI).
Darwel, R. L. (2020). Manajemen Data Statistik Untuk Penelitian Kesehatan. Deepublish.
Dewi, U. A., Astuti, R., dan Werdani, K. E. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan
Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD
Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dewi, A., Eravianti, E., dan Putri, D. K. (2021, February). Hubungan lama waktu tunggu pasien
dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. In Prosiding Seminar Nasional
Stikes Syedza Saintika (Vol. 1, No. 1).
Dewi, S., Machmud, R., dan Lestari, Y. (2020). Analisis waktu tunggu rawat jalan di rumah sakit
umum daerah dr achmad darwis suliki tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4).
Fatrida, D., dan Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien
Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.
Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Pasien. Media Nusa
Creative (MNC Publishing).
Purwaningsih, E., Monica, A. A. V., Ananda, E. S., Fasya, F., Solichin, M., Agustina, N., dan Ibrahim,
S. M. N. (2024). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Di Puskesmas Segiri Kota
Samarinda Menggunakan Fishbone Diagrams. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Nusantara, 5(1), 776-781.
Ihsan, M., Illahi, R. K., dan Pramestutie, H. R. (2018). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan
Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS Terhadap Pelayanan Resep
(Penelitian Dilakukan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah
Malang). Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(2), 59-64.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik
Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan
Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat,
Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi Darah. Diakses pada 5
November 2023 di http://yankes.kemkes.go.id/
Kesuma, D. S., dan Susilawati, S. S. (2022). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan dalam
Kesuma, D. S., dan Susilawati, S. S. (2022). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan dalam
Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Aek Batu. Syntax Idea, 4(6), 989-999.
Keputusan Menteri Kesehatan. 2008. No. 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis
Laeliyah, N., dan Subekti, H. (2017). Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien
terhadap pelayanan di rawat jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan
Vokasional, 1(2), 102-112.
Latupono, A., Maidin, M. A., dan Zulkifli, A. (2015). Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan
pasien rawat jalan di RSUD Masohi tahun 2014. Jst Kesehatan, 5(1), 74-81.
Lestari, D. D., Parinduri, S. K., dan Fatimah, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayana Rawat
Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam Rsud Kota Bogor
Tahun 2018-2019. Promotor, 3(3), 231-240.
Mathar, I. (2018). Manajemen informasi kesehatan: Pengelolaan dokumen rekam medis. Deepublish.
Maulana, D., Tamrin, R., Alim, A., dan Imran, A. (2019). Analisis hubungan waktu tunggu terhadap
kepuasan pasien pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal kesehatan, 12(2), 99-111.
Meliya, M. S., dan Ida, I. J. F. (2023). Analisis Kepuasaan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap RSU Bina
Sehat. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan, 6(1).
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan menteri kesehatan RI nomor 4 tentang kewajiban
rumah sakit dan kewajiban pasien.
Menteri Kesehatan RI. 2008. NOMOR : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal
rumah sakit
Mu’ah, S. E. (2021). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan.
Zifatama Jawara.
Munawarah, M., Fitriani, A. D., dan Jamaluddin, J. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Poliklinik Rawat
Jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Harapan Medika Ujungbatu Rokan Hulu Riau Tahun
2019. Jurnal Kesehatan Cehadum, 2(2), 19-30.
Notoatmodjo, S (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo,Soekidjo.2018. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta :Rineka Cipta.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.
Parasuratman, et. al. 1985. Pelayanan Pelanngan yang Sempurna. Yogyakarta: Kunci Ilmu
Pengertian”. Jakarta :Kesaint Blanc.
Permenkes, RI. 2016. Penyelenggraan Rumah Sakit. Jakarta : Permenkes RI
Permenkes RI. 2010. Klasifikasi Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI
Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta:
Ar-ruzz media, 43.
Pohan, Imbalo S. 2002. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Rosjidi, C.H., Liawati E. 2013. Panduan Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Untuk
Mahasiswa Kesehatan. Ponorogo.
RSUD Idaman Banjarbaru (2023). Sejarah rumah sakit umum daerah Idaman di Kota Banjarbaru.
Diakses pada 5 November 2023 di https://rsidaman.banjarbarukota.go.id/profil/sejarah/
Salsabila, F. A. C., Febiana, C., dan Wijayanti, A. P. (2021). Perancangan Sistem Informasi
Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Menggunakan Microsoft Visual Studio 2010 Di
Puskesmas Cijagra Lama Kota Bandung. INFOKES (Informasi Kesehatan), 5(2), 20-28.
Soliha, A. R. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Faktor-Faktor Kepuasan Poliklinik
Fisioterapi Di Rsud Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan Tahun 2019 (Doctoral dissertation,
STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya).
Sriningsih, N. N., dan Marlina, E. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient
Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1-13.
Sriningsih, N. N., dan Marlina, E. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient
Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1-13.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan RdanD. Bandung: ALFABETA.
Trihendradi, C. 2009. Step by Step SPSS 18: Analisis Data Statistik. Yogyakarta. Andi Offset.
Triton. 2008. Marketing Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Tugu Publisher
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor.40 Tahun 2009
Wahyuningsih N. 2009. Analisis lost Patient di polikilinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Jaya
Tahun 2008. [Thesis]. Jakarta, Universitas Indonesia.
Wulandari, P., Listiawaty, R., dan Hafiz, A. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan
Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(2), 265-269
Published
2025-01-08
How to Cite
Wildan, M. W. (2025). PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN (POLI PENYAKIT DALAM) DI RSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2024. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 27(3), 98-102. https://doi.org/10.22146/jmpk.v27i3.15192
Section
Articles