EKSPLORASI PENGALAMAN PASIEN DAN KELUARGA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DI RUANG INTENSIVE CARDIOVASCULAR CARE UNIT (ICVCU) RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA

Exploring Patient and Family Experiences Regarding the Quality of Healthcare Services in the Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU) at Dr. Moewardi Hospital, Surakarta

  • Risa Setia Ismandani MMR
  • Adi Utarini FK-KMK
  • Martina Sinta Kristanti FK-KMK
Keywords: pasien ACS, kualitas pelayanan, pengalaman, kualitatif, fenomenologi

Abstract

Latar Belakang:  Dirawat di ruang perawatan intensif bisa menjadi situasi yang sulit bagi pasien maupun keluarganya. Berbagai respon fisik maupun emosional dapat terjadi yang memicu pemberi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pengalaman baru yang lebih positif. Pengalaman pasien merupakan salah satu pilar untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Ruang Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU) RSUD Dr. Moewardi sudah dilakukan survei penilaian mutu pelayanan dengan angket kepuasan yang berisi pertanyaan tertutup namun informasi pengalaman dan persepsi pasien dan keluarga belum dapat diperoleh. Untuk itu pengalaman selama perawatan perlu diidentifikasi secara spesifik, untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan berfokus pada pasien dan keluarga.

Tujuan: Mengeksplorasi pengalaman pasien dan keluarga terhadap kualitas pelayanan tenaga kesehatan selama dirawat di ruang ICVCU RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode: Jenis penelitian kualitatif desain fenomenologi. Subyek penelitian ditentukan dengan purposive sampling dengan jumlah 8 pasang partisipan (pasien dan pengasuh keluarga). Karakteristik partisipan pasien berusia 41-60 tahun, terdiagnosis Acute Coronary Syndrome, dirawat di ICVCU minimal 48 jam, kondisi kesehatan stabil. Karakteristik partisipan keluarga yaitu merupakan pengasuh keluarga yang bertanggungjawab pada pasien, berusia 21-58 tahun. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan metode Interpretative Phenomenology Analysis.

Hasil: Terdapat tiga tema utama yaitu kualitas pelayanan dokter dan perawat yang menggambarkan sikap konstruktif dokter dan perawat serta pelayanan yang memuaskan, tema kebutuhan dan harapan terhadap pelayanan menggambarkan harapan partisipan terhadap terpenuhinya informasi yang jelas mengenai tindakan medis, obat dan perawatan serta kebutuhan akan dukungan sosial, tema pengalaman negatif dimasa perawatan mengambarkan keluhan fisik dan emosional dimasa perawatan.

Kesimpulan: Kualitas pelayanan tenaga kesehatan di ruang ICVCU sangat penting dalam mendukung pengalaman positif bagi pasien dan keluarga, namun masih ada kebutuhan dan harapan yang perlu diperhatikan terkait informasi medis, perpanjangan waktu kunjung serta fasilitas ruang tunggu yang lebih memadai.

 

 

Published
2025-01-08
How to Cite
Risa Setia Ismandani, Adi Utarini, & Martina Sinta Kristanti. (2025). EKSPLORASI PENGALAMAN PASIEN DAN KELUARGA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DI RUANG INTENSIVE CARDIOVASCULAR CARE UNIT (ICVCU) RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 27(3), 86-91. https://doi.org/10.22146/jmpk.v27i3.14528
Section
Articles