ANALISIS PELUANG PASAR POLIKLINIK OBSTETRI DAN GINEKOLOGI RSIA MARDI WALOEJA RAMPAL
Abstract
Latar belakang: Berdasarkan data selama tahun 2022, jumlah kunjungan pasien di poliklinik rawat jalan obstetri dan ginekologi di RSIA Mawar kian turun. Karena itu, dibutuhkan analisis peluang pasar yang tepat agar rumah sakit bisa menyusun strategi pemasaran maupun pengembangan yang akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan pasien.
Tujuan: Menganalisis peluang pasar yang bisa dimanfaatkan oleh RSIA Mawar untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien di poliklinik obstetri dan ginekologi.
Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diperoleh dari penelusuran dokumen dan observasi. Cara pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Data akan dianalisis menggunakan Porter's 5 Force Analysis dan metode SWOT lalu disimpulkan menggunakan matriks Ansoff.
Hasil: Hasil analisis kompetitor menunjukkan daya saing poliklinik obstetri dan ginekologi RSIA Mawar masih rendah karena kurangnya promosi dan tidak ditonjolkannya keunikan dan keunggulan yang dimiliki. Berdasarkan analisis internal dan eksternal diperoleh hasil skoring dengan matriks IFE adalah 2,75 dan matriks EFE adalah 2,28, sehingga masuk ke dalam kolom V dalam matriks IE dan kuadran I dalam diagram SWOT. Hasil analisis matriks Ansoff menunjukkan bahwa peluang pasar yang dimiliki diraih dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Kesimpulan: Peluang pasar yang bisa didapatkan melalui strategi penetrasi pasar adalah memperbanyak kerjasama dengan perusahaan dan asuransi swasta, membuat program referral, memperbaiki promosi, dan membuat brand image sebagai RSIA paling berpengalaman di kota Malang. Sedangkan peluang pasar yang bisa didapatkan lewat strategi pengembangan produk adalah menambah frekuensi buka klinik sore untuk bagian obstetri dan ginekologi, membuka reproductive health center, membuat paket pemeriksaan holistik untuk ibu hamil, serta membuka poliklinik obstetri dan ginekologi yang menerima pasien BPJS Kesehatan.
References
2. Badan Pusat Statistik Kota Malang 2021. 2022. Kota Malang dalam Angka. Malang: BPS Kota Malang.
3. Pemerintah Kota Malang. Data Rumah Sakit Umum, https://malangkota.go.id/layanan-publik/kesehatan/data-rumah-sakit-umum/, (n.d, accessed 29 January 2023).
4. Dinas Kesehatan Kota Malang (2023). Profil Kesehatna Kota Malang Tahun 2022. Malang: Dinas Kesehatan Kota Malang.
5. Kuada, J. (2016). A Framework for Market Opportunity Analysis. Dalam J. Kuada, Marketing Decision and Strategies - An International Perspective (hal. 69-93). London: Adonis & Abbey Publishers Ltd
6. Dumilah A, Hidayani F. (2008). Analisis Potensi Pasar dan Atribut Pelayanan Rumah Sakit Islam Depok. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 3(1).
7. Ly, D. P., & Cutler, D. M. (2018). Factors of U.S. Hospitals Associated with Improved Profit Margins: An Observational Study. Journal of General Internal Medicine, 33(7), 1020โ1027. https://doi.org/10.1007/s11606-018-4347-4
8. David, Fred R. (2011). Strategic Management Concepts and Cases Global Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc, Publishing.
9. Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
10. Porter, M., Magretta, J. (2014). Strategy and Competition: The Porter Collection (3 Items). United States: Harvard Business Review Press.
11. Forder, J., & Allan, S. (2014). The impact of competition on quality and prices in the English care homes market. Journal of health economics, 34(100), 73โ83. https://doi.org/10.1016/j.jhealeco.2013.11.010
12. Cantarero-Prieto, D., Pascual-Sรกez, M., & Gonzalez-Prieto, N. (2017). Effect of having private health insurance on the use of health care services: the case of Spain. BMC health services research, 17(1), 716. https://doi.org/10.1186/s12913-017-2667-4
13. Maulana, A., & Ayuningtyas, D. (2023). The Influence of Hospital Brand Image On Patient's Decision To Choose Hospital: Literature Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 80-85
14. Elrod, J.K., Fortenberry, J.L. Sales promotion in health and medicine: using incentives to stimulate patient interest and attention. BMC Health Serv Res 20 (Suppl 1), 820 (2020). https://doi.org/10.1186/s12913-020-05601-y
15. Islam, K. T., Islam, A., & Hafiz, N. (2022). Impact of Social-Media Marketing, Price and Perceived Quality on Brand Loyalty Amongst Generation Y (Millennials) Customers, A Developing Country Perspective. Journal of International Business and Management, 1-20.
16. American Marketing Association. Rethinking Healthcare Marketing for Millenials, https://www.ama.org/marketing-news/rethinking-healthcare-marketing-for-millennials/ (June 2019, accessed 24 November 2023).
17. Chandra, S., Ward, P., & Mohammadnezhad, M. (2019). Factors Associated With Patient Satisfaction in Outpatient Department of Suva Sub-divisional Health Center, Fiji, 2018: A Mixed Method Study. Frontiers in public health, 7, 183. https://doi.org/10.3389/fpubh.2019.00183
18. Hebert LE, Freedman L, Stulberg DB. (2020). Choosing a hospital for obstetric, gynecologic, or reproductive healthcare: what matters most to patients?. American Journal of Obstetrics & Gynecology MFM. 2(1). https://doi.org/10.1016/j.ajogmf.2019.100067.
19. Bahadori, M., Teymourzadeh, E., Ravangard, R., Nasiri, A., Raadabadi, M., & Alimohammadzadeh, K. (2016). Factors contributing towards patient's choice of a hospital clinic from the patients' and managers' perspective. Electronic physician, 8(5), 2378โ2387. https://doi.org/10.19082/2378
Copyright (c) 2024 Nina Hertiwi Putri, Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.